Jurusan Ilmu Komputer

Nama lain program studi

Ilmu Komputer

Rekayasa Sistem Komputer

Sistem Komputer

Teknik Komputer

Ilmu Komputasi

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Ilmu Komputer adalah jurusan yang mana identik dengan program komputer. Anda akan dibekali dengan keterampilan menyusun algoritma dan program untuk mengembangkan aplikasi atau sistem di perangkat lunak. Pada dasarnya Anda akan belajar bagaimana cara agar komputer ini mau melakukan hal yang sesuai dengan instruksi pengguna. Pada jurusan ini ide kreatif Anda bisa diwujudkan, terlebih lagi di dunia informasi digital yang berkembang sangat pesat seperti saat ini membuat semuanya terasa tak terbatas.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Ilmu Komputer

Ilmu Komputer: Keahlian, Prospek Kerja dan Dunia Perkuliahan

Keahlian yang Didapatkan

Ada banyak keahlian yang bisa Anda dapatkan jika mengambil jurusan satu ini. Kemampuan yang pertama Anda akan memiliki kemampuan programming, Anda bisa memiliki kemampuan berpikir sistematis, Anda bisa berpikir logis. Tidak hanya itu saja Anda juga bisa memiliki keahlian dalam pemecahan masalah. Anda akan memiliki keahlian kemampuan riset, pemahaman Matematika dan terakhir adalah kreatif, detail dan tekun.

Prospek Kerja

Peluang karir yang menanti lulusan Ilmu Komputer ini banyak sekali. Bisa dikatakan hampir semua sektor saat ini membutuhkan lulusan jurusan komputer. Tujuannya agar mereka bisa bertahan dan bisa bersaing di era revolusi Industri 4.0 menggunakan bekal ilmu yang telah Anda pelajari di bangku perkuliahan. 

Lulusan satu ini memiliki nilai jual yang bagus dan membanggakan. Tidak mengherankan jika jenjang karir yang ditawarkan kepada lulusan jurusan satu ini sangat beragam dan bervariasi. Pada umumnya gaji awal lulusan Ilmu Komputer ini mulai dari 5 juta rupiah.  Anda bisa bekerja sebagai staff bidang tertentu pada perusahaan. 

Besaran ini akan sangat tergantung dengan tempat Anda bekerja, posisi saat bekerja dan sesuai dengan pengalaman Anda. Bidang pekerjaan yang bisa digeluti adalah perancangan website, data scientist, programmer, dosen, konsultan IT, dan masih banyak lagi lainnya.

Dunia Perkuliahan

Untuk bisa menyelesaikan jurusan ini Anda harus memerlukan waktu minimal 4 tahun atau 8 semester. Ada akan dibekali dengan kemampuan membuat komputer mampu menjalankan semua fungsi yang diinginkan manusia. Di jurusan ini Anda akan dituntut berpikir secara sistematis, terstruktur setahap demi setahap supaya komputer bisa melakukan berbagai macam sesuai dengan keinginan. 

Tahapan demi tahapan agar komputer ini mau melakukan perintah atau instruksi bisa Anda pelajari dalam algoritma. Anda akan diajari bagaimana menerjemahkan algoritma menjadi kode bahasa pemrograman. Kuliah di Ilmu komputer ini akan membantu Anda dalam mewujudkan ide kreatif yang Anda miliki selama ini.

Beberapa mata kuliah yang bisa Anda dapatkan di jurusan ini adalah Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Digital, Sistem Cerdas dan Jaringan Komputer. Anda juga akan belajar tentang Pemrograman Sistem, Analisis Numerik, Desain dan Analisis Algoritma dan sebagainya. Jurusan ini akan menawarkan beberapa bidang minat seperti Teknologi Perangkat Lunak, Kecerdasan Komputasional, Arsitektur dan Infrastruktur TI dan sebagainya.

Jurusan yang berhubungan dengan teknologi maupun komputer menjadi salah satu jurusan paling favorit di kampus, selain itu banyak kampus yang menawarkan jurusan ini dengan akreditasi A. Jika Anda ingin mengambil jurusan ini di kampus bergengsi pastikan Anda mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya karena tingkat persaingan yang ketat, setelah lulus Anda bisa menyandang gelar Sarjana Ilmu Komputer.