Universitas Telkom

Rp 8.000.000 - Rp 13.000.000/Semester
Akreditasi A
4.3

Alamat

Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu

Bandung, Jawa Barat, 40257

Cek Map

Kontak

info@smbbtelkom.ac.id
022-7566456

Highlights

Universitas Telkom adalah Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, merupakan penggabungan dari empat Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Mengenal Universitas Telkom, PTS Terbaik Menurut Menristekdikti


Universitas Telkom disebut juga dengan TEL-U. Universitas satu ini adalah PTS terbesar dan paling modern yang ada di Indonesia. Kampus ini memiliki sistem pendidikan yang mana fokusnya pada pendidikan dan penelitian. Basisnya adalah ICT yaitu Information and Communication Technology. Fokus TEL-U ada pada bidang teknik, bisnis dan juga industri kreatif.

Sebelum menjadi TEL-U, kampus ini namanya adalah STT Telkom. Baru kemudian berubah menjadi Universitas Telkom di tahun 2014. Di tahun 2016 ini TEL-U mendapatkan akreditasi yang sangat baik yaitu A dari BAN-PT. Kampus swasta ini juga mendapatkan berbagai macam penghargaan dan juga peringkat yang menunjukkan bahwa kampus satu ini bergengsi dan memiliki reputasi yang bagus.


Prestasi TEL-U

Bagi yang menyukai dunia komputer, teknologi dan sistem informasi tentu sudah tidak asing lagi dengan TEL-U ini. Kabar baiknya adalah TEL-U mendapatkan predikat yang membanggakan. Kampus satu ini mendapatkan predikat sebagai perguruan tinggi swasta nomor 1 di Indonesia. Yang memberikan predikat tersebut adalah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau Menristekdikti yang mana diberikan pada Agustus 2019.

Pemberian predikat tersebut didasarkan pada output-outcome base yang mana sudah dilakukan TEL-U selama ini. Artinya adalah Kinerja Masukan memiliki bobot sebanyak 40% untuk input dan proses. Untuk selanjutnya ada kinerja luaran dimana bobotnya 60%, untuk output 25% dan juga outcome 35%.

Dengan adanya predikat PTS nomor 1 di Indonesia yang diberikan oleh Menristekdikti ini bisa membuat prestasi TEL-U semakin bertambah. Predikat merupakan hasil kerja seluruh civitas akademik baik itu mahasiswa, dosen dan semua pihak.

Alumni Terkenal TEL-U

Ada banyak alumni terkenal TEL-U ini yang banyak dikenal publik. Salah satu alumni yang terkenal adalah Gina Sonia yang mana merupakan ibu dari Ify Alyssa. Sebelum bergabung dengan Blink, ia menjadi kontestan Idola Cilik 2008 dimana usianya 12 tahun. Gina Sonia merupakan penyiar berita TVRI, parasnya yang mempesona menunjukkan bahwa ibu tiga anak ini masih fresh, awet muda dan juga populer.

Alumni terkenal yang kedua adalah Herdy Rosadi Harman yang mana menjadi Direktur Human Capital Management Telkomsel. Ia sekaligus menjadi Direktur PT Telkom Indonesia tahun 2014 sampai dengan sekarang. 

Alumni yang terakhir adalah Muhammad Pradana Budiarto. Saat mendengar nama lengkapnya banyak yang bertanya siapa dia? Tapi jika mengetahui nama panggungnya tentu hampir semua anak muda mengenalnya. Muhammad Pradana Budiarto ini dikenal dengan nama Ditto Percussion. Dia adalah musisi, pembawa acara dan juga penulis. Yang menjadikan Ditto semakin terkenal adalah menikah dengan Ayudia Bing Slamet yaitu pelawak senior Bing Slamet. Ditto dan Ayudia dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Dia Sekala Bumi.


TEL-U bisa menjadi kampus pilihan bagi yang suka dunia komputer terlebih lagi mendapatkan predikat terbaik dan Menristekdikti, siapkan diri Anda sebaik-baiknya dan jangan lupa untuk selalu update informasi agar tidak ketinggalan informasi penting.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.