Universitas Brawijaya

Rp 500.000 - Rp 21.600.000/Semester
Akreditasi A
4.3

Alamat

Jl. Veteran, Lowokwaru

Malang, Jawa Timur, 65145

Cek Map

Kontak

selma@ub.ac.id
0341-551611

Highlights

Universitas Brawijaya terletak di kota Malang, Jawa Timur, di lokasi yang strategis dapat dengan mudah dicapai dengan transportasi umum. Dengan pepohonan yang tumbuh di semua sudut kampus dan hawa sejuk kota Malang, Universitas Brawijaya memang merupakan kampus yang sangat segar. Sebagai kota pendidikan, Malang telah berkembang pesat. Hal ini tampaknya tidak terlepas dari kejayaan Jawa Timur di masa lalu. Hari ini, Universitas Brawijaya adalah salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 60.000 mahasiswa dalam berbagai gelar mulai dari Program Diploma, Program Sarjana, Program Magister, Program Doktor, dan Program Spesialis Medis, di 12 Fakultas, 2 tingkat fakultas Program, 1 Program Kejuruan, dan 1 Program Pascasarjana.

Mengenal Universitas Brawijaya (UB), PTN Terbaik ke-6 di Malang Versi UniRank 


Universitas Brawijaya atau biasa disebut dengan UB. Universitas merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri Indonesia. Kampus ini didirikan pada tahun 1963 di Kota Malang. Universitas ini ditetapkan Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Dengan Nomor 1 tanggal 5 Januari 1963. Kemudian disahkan oleh Keputusan Presiden nomor 196 tahun 1963. Pada tanggal 5 Januari ini ditetapkan sebagai hari kelahiran dari Universitas Brawijaya ini.

Sebagai PTN di Malang, UB ini menjadi kampus favorit dan diimpikan oleh banyak orang. Bahkan universitas satu ini memiliki mahasiswa lebih dari 55 ribu dari berbagai jenjang. Mahasiswa tersebut menempuh pendidikan Diploma, Program Sarjana, Magister dan juga Doktor. Semuanya tersebar ke dalam 15 fakultas dan 2 program pendidikan yang mana setara dengan fakultas.


UB Masuk 9 Kampus Terbaik di Indonesia Versi THE

Universitas Negeri di Malang satu ini berada di peringkat 401 perguruan tinggi di Asia, posisinya adalah ke-6 terbaik di Indonesia menurut Times Higher Education atau THE.  Posisi UB yang mana dirilis oleh THE tahun ini tidak berubah dan bahkan sama seperti dengan tahun sebelumnya.

Ada lima pilar atau kategori yang berpengaruh terhadap pemeringkatan. Lima pilar tersebut yaitu teaching atau pengajaran, penelitian atau research, sitasi atau citation, industry income dan yang terakhir adalah international outlook.

Tidak hanya itu saja, UB ini juga menempati posisi ke-6 perguruan tinggi negeri atau PTN terbaik di Indonesia berdasarkan dengan versi UniRank atau 4ICU. Selain itu di tingkat Internasional UB ini posisinya ada di nomor 666 perguruan tinggi yang ada di dunia. 4ICU adalah situs pemeringkatan perguruan tinggi skala internasional. Pemeringkatan yang dilakukan ini berdasarkan dengan traffic web atau berbasis web metrics.

Posisi UB sendiri peringkatnya ada di bawah UGM, UI, Universitas Diponegoro, UPI dan juga Universitas Negeri Yogyakarta. UB sendiri lebih unggul jika dibandingkan dengan UNAIR, UNS, IPB dan juga Unila.

Alumni yang Terkenal

Universitas Brawijaya ini memiliki banyak alumni terkenal bahkan berpengaruh bagi Indonesia Alumni yang pertama adalah Jusuf Kalla yang menempuh pendidikan pascasarjana di UB. Dia  merupakan pengusaha dan politisi Indonesia. JK ini menjadi wapres dalam 2 masa jabatan yang tidak berturut-turut.

Dalam masa jabatan pertama 2004-2009 ia juga merangkap sebagai Ketua Umum Partai Golongan Karya dimana JK ini menjadi capres bersama dengan Wiranto Pilpres 2009 diusung oleh Golkar dan juga Hanura.

Alumni terkenal yang kedua adalah Djarot Saiful Hidayat yaitu wakil gubernur DKI Jakarta ke-13 dimana dia menamatkan pendidikannya di UB pada tahun 1986 dan mendapatkan gelar sarjana atau S1. Baru kemudian dia melanjutkan pendidikannya di UGM dengan mengambil Fakultas Ilmu Politik dan mendapatkan gelar Magister atau S2 di tahun 1991.


Demikianlah beberapa informasi tentang UB yang sangat menarik untuk Anda ketahui, pastikan selalu mencari perkembangan informasi kampus incaran Anda agar tidak ketinggalan info-info penting dan menarik.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.