Universitas Gadjah Mada

Rp 500.000 - Rp 17.500.000/Semester
Akreditasi A
4.6

Alamat

Bulaksumur, Kec. Depok

Sleman, Di Yogyakarta, 55281

Cek Map

Kontak

umugm@ugm.ac.id
0274-551222

Highlights

Universitas Gadjah Mada lahir dari kancah perjuangan revolusi kemerdekaan bangsa Indonesia. Didirikan pada periode awal kemerdekaan, UGM didaulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional. Baru pada tahun 1951 pembangunan fisik kampus bulaksumur dimulai, dan memasuki decade 1960-an UGM sudah memiliki berbagai fasilitas seperti rumah sakit, pemancar radio, serta sarana lain yang mendukung proses pembelajaran bagi mahasiswa juga untuk melayani kepentingan masyarakat. Kini, UGM memiliki 18 Fakultas, satu Sekolah Pascasarjana, serta satu Sekolah Vokasi dengan puluhan program studi.

Universitas Gadjah Mada, Kampus Tertua dan Terbaik di Indonesia!


Universitas Gadjah Mada menjadi kampus terkenal dan favorit di Jogja.  Universitas satu ini juga dinobatkan menjadi salah satu kampus tertua yang ada di Indonesia.  Kampus ini didirikan oleh pemerintah Indonesia 19 Desember 1949, mengawali kiprah di dalam dunia pendidikan tinggi dengan enam fakultas saja. Saat ini kampus sudah memiliki 18 fakultas, satu sekolah vokasi dan juga pascasarjana. Program studinya mencapai 265.

Universitas Gadjah Mada sangat diperhitungkan kualitasnya baik itu skala nasional maupun internasional. Menurut lembaga pemeringkatan Times Higher Education atau THE melalui skema Asia University Ranking 2021, kampus satu ini berada di peringkat ke-3 Indonesia sehingga tidak mengherankan jika menjadi sasaran banyak orang. Urutan kedua ditempati oleh ITB dan peringkat pertama adalah UI.


Peringkat UGM Skala Internasional

Lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds atau QS merilis hasil QS World University Rankings atau WUR tahun 2022. Hasil dirilis pada hari Rabu 9 Juni 2021. Di tahun ini, kampus yang biasa disebut dengan UGM ini mempertahankan posisinya di peringkat 250 besar dunia atau lebih tepatnya posisi 254. Dengan hasil ini, UGM tetap menjadi kampus terbaik di Indonesia menurut versi QS WUR.

Aspek utama yang dinilai oleh QS WUR adalah Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Faculty, Faculty Student Ratio, International Faculty dan International Student. Nilai keseluruhan kampus ini mengalami peningkatan dari 37,4 menjadi 38,3.

Tidak hanya itu saja, Webometrics ini juga merilis daftar universitas terbaik di dunia. Situs pemeringkatan satu ini sudah melakukan pemeringkatan sejak 2004.  Melansir dari situs resminya, Webometrics ini sudah  melakukan raking lebih dari 30 ribu perguruan tinggi dari 200 negara. 

Webometrics menggunakan tiga indikator atau patokan untuk menilai maupun menentukan ranking universitas terbaik di dunia yaitu visibility atau impact, transparency atau openness dan excellence.  Menurut Webometrics, tahun ini Universitas Gadjah Mada menduduki peringkat 810 di peringkat dunia.

Alumni Sukses dan Terkenal

Universitas Gadjah Mada menjadi kampus terbaik dan berpengaruh di Indonesia. Hal itu karena kampus ini berhasil melahirkan tokoh-tokoh nasional atau tokoh paling berpengaruh di Indonesia. 

Lalu siapa saja alumni terkenal dan terbaik dari kampus ini? Yang pertama ada Joko Widodo atau yang biasa dipanggil dengan Jokowi.  Orang pertama Indonesia ini lulus pada tahun 1985 dari Fakultas Kehutanan. Sebelum menjadi presiden, Jokowi juga sempat menjabat sebagai walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.

Alumni terkenal selanjutnya ada Ganjar Pranowo yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama 2 periode. Ganjar ini juga menjadi ketua KAGAMA atau Keluarga Alumni Gadjah Mada. Ganjar lulus dari Fakultas Hukum UGM. Sebelum menjadi gubernur Jawa Tengah ia menjadi anggota DPR RI tahun 2004 sampai dengan tahun 2013.

Anies Baswedan juga menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, yang menjadi lulusan Fakultas Ekonomi UGM. Sebelum menjabat sebagai Gubernur, Anies sempat menjadi Menteri Pendidikan dan sebelumnya menjadi rektor di Universitas Paramadina.


Jika ingin kuliah di Universitas Gadjah Mada, siapkan diri Anda sekarang juga karena tingkat persaingan yang ketat, jangan lupa juga untuk mencari informasi terbaru dari kampus ini agar tidak melewatkan informasi yang penting.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.