Institut Pertanian Bogor

Rp 2.400.000 - Rp 12.000.000/Semester
Akreditasi A
3.8

Alamat

Jl. Raya Darmaga Kampus IPB Darmaga

Bogor, Jawa Barat, 16680

Cek Map

Kontak

admisi@apps.ipb.ac.id
0251-8622642

Highlights

Institut Pertanian Bogor biasa disebut dengan IPB. Sebelum berubah nama menjadi IPB dulunya bernama Fakultas Pertanian Universitas Indonesia. Fakultas itu memisahkan diri pada 1 September 1963 kemudian berubah nama menjadi IPB. IPB menjadi PTN dengan basis riset kelas dunia. Yang menjadi kompetensi utamanya dari IPB ini adalah pertanian tropika dan biosains.

Karakter kewirausahaan dengan koleksi prestasi. Keunggulan dari kampus ini tidak perlu diragukan lagi. Kampus ini merupakan kampus terkenal dan juga favorit yang ada di Indonesia. Contohnya adalah IPB menempati peringkat ke-3 kampus terbaik di Indonesia yang mana menurut Menristekdikti di tahun 2019.

IPB juga menjadi kampus paling inovatif se-Indonesia. Selama 10 tahun. IPB sudah menghadirkan 400 inovasi hingga mendapat Anugerah Widyapadhi. IPB juga menduduki peringkat 1 nasional yang diberikan oleh Menristekdikti.

Institut Pertanian Bogor adalah perguruan tinggi yang menghasilkan inovasi-inovasi yang kualitasnya diakui secara nasional maupun internasional. Selama sepuluh tahun berturut-turut (tahun 2008-2018), Inovasi IPB adalah yang terbanyak diantara perguruan tinggi lain di Indonesia berdasarkan hasil penilaian Business Innovation Center – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dalam Inovasi Indonesia Paling Prospektif (sebanyak 39,71 persen).

Mengenal Institut Pertanian Bogor, Almamater Susilo Bambang Yudhoyono

Prestasi IPB

Dalam pandemi Covid-19 ini THE impact Ranking mengadakan pertemuan virtual yang mana juga dihadiri oleh perwakilan IPB. THE ini dihadiri 1115 perguruan tinggi terbaik dunia yang mana menyampaikan bahwa kinerja tridharma. Pada pemeringkatan yang dilakukan IPB ini berada pada peringkat 101-200 dunia, kinerja IPB ini sangat baik sehingga bisa masuk ke TOP 100 dunia.

Tidak hanya itu saja Kemendikbud juga mengumumkan daftar PTN yang mana masuk ke dalam kluster 1.  Hal ini diikuti oleh 2.136 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. IPB ini menduduki peringkat pertama menurut Kemendikbud pada tahun 2020. Pada urutan kedua ini diikuti oleh UI, UGM, UNAIR dan yang terakhir adalah ITB.  Rektor IPB pun mengatakan bahwa hasil ini merupakan hasil kerja keras semua universitas dan stakeholder yang terkait.

Alumni Terkenal

IPB ini memiliki banyak alumni terkenal yang mana mereka adalah tokoh penting di Indonesia. Alumni yang pertama ada SBY. SBY ini lulus dalam bidang doktor bidang Ekonomi Pertanian 2004. Presiden Indonesia ke-6 ini menjabat dua periode sampai dengan 2014 dimana saat itu wakilnya adalah Jusuf Kalla dan Boediono.

Alumni terkenal selanjutnya adalah Siti Nurbaya Bakar. Dia merupakan sosok yang terkenal karena menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan juga Kehutanan pada tahun 2014 sampai dengan 2019. Di Oktober 2019 dia bertugas sebagai menteri lingkungan hidup dan juga kehutanan 2019 – 2024.

Dalam birokrasi, dia pernah menduduki berbagai macam jabatan. Ia memulai karirnya pada tahun 1981 sebagai Bappeda Lampung. Tidak hanya itu saja dia juga menjabat sebagai Kasubdit Analisis Statistik Kasi Penelitian Fisik, Kasi Pengairan, Kasi Tata Ruang, dan jabatan penting lainnya.

Selain itu masih ada beberapa alumni lainnya yang terkenal yaitu Andi Hakim Nasution, Rokhmin Danuri, Didik J. Rachbini, Bungaran Saragih, Mustafa Abubakar, Anton Apriyantono dan lain sebagainya.


IPB ini merupakan kampus favorit dan kampus terkenal yang melahirkan sosok-sosok besar dan penting, jika Anda berencana untuk mendaftar di kampus satu ini persiapkan diri Anda sebaik-baiknya karena persaingan yang ketat.

Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.