Universitas Diponegoro

Rp 500.000 - Rp 9.500.000/Semester
Akreditasi A
4.2

Alamat

Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang, Semarang Kotak Pos 1269

Semarang, Jawa Tengah, 50275

Cek Map

Kontak

um@live.undip.ac.id
024-7460041

Highlights

Tahun 1957 ditetapkan sebagai tahun berdirinya Undip, dengan memperhatikan realitas sejarah bahwa Universitas Semarang sebagai universitas swasta – yang berdiri tahun 1957 merupakan embrio Universitas Diponegoro. Penetapan Dies Natalis Undip tanggal 15 Oktober 1957 telah dinyatakan dalam laporan Rektor pada Dies Natalis Undip yang ke 13. Perjalanan panjang Undip, telah menghantarkan universitas ini menjadi salah satu perguruan tinggi nasional yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa melalui alumni yang dihasilkannya dan karya-karya intelektual lain dalam bidang riset dan pemikiran.

Universitas Diponegoro, Kampus Terbaik ke- 3 di Indonesia Versi 4ICU


Universitas Diponegoro sering disingkat menjadi Undip. Merupakan salah satu PTN di Indonesia yang mana lokasinya ada di Semarang Jawa Tengah. Undip memiliki 11 fakultas dan 2 sekolah. Untuk kampus utamanya ada Tembalang dan yang lainnya ada di Pleburan. Kampus ini didirikan pada tanggal 9 Januari 1960. 

Kampus mengambil nama pahlawan nasional yaitu Pangeran Diponegoro. Pahlawan satu ini merupakan pengobar semangat kemerdekaan dari penjajahan Belanda di awal abad ke-18. Akibat semangatnya yang tidak pantang menyerah ini menginspirasi pendirian Undip.

Sebagai salah satu PTN yang ada di Indonesia, Undip ini memiliki berbagai macam prestasi dan juga ranking baik itu skala nasional maupun internasional sehingga Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maka Undip ini bisa menjadi pilihan.


Peringkat Undip Nasional dan Internasional

Undip ini masuk ke dalam perguruan tinggi paling baik di Indonesia. Peringkatnya membaik dengan masuk ke dalam 3 besar di tahun 2021. Sebelumnya di tahun 2020 ini posisinya berada di urutan ke-4 nasional.  Pemeringkatan ini didasarkan pada 4ICU UniRank. Undip ini berada di jajaran tiga besar bersama dengan UGM yang mana ada di urutan pertama dan posisi kedua ada di Universitas Indonesia atau UI yang mana masuk peringkat kedua.

Di tahun 2021 ada 577 yang masuk ke dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia dan 4ICU memiliki persyaratan penilaian yang sama.  Tidak cukup sampai disitu saja namun Undip ini juga memasuki peringkat ke-8 dimana pemeringkatan ini dilakukan oleh SIR atau Scimago Institution Rankings atau SIR 2021.

Prestasi itu semakin memantapkan bahwa Undip ini menjadi kampus dengan riset unggul.  Ditjen Dikti ini pun melakukan rilis dari SIR yang mana memuat deretan kampus terbaik dalam Research Innovation and Societal Impact. Dari 20 kampus terbaik di Indonesia ini, Undip masuk ke posisi ke-8.

Melalui pemeringkatan THE atau Times Higher Education Undip ini posisinya ke-6 Indonesia dan posisinya di Asia ini 401+. Berbeda dengan 4ICU, THE ini memiliki 13 indikator dalam penilaian kinerja. Selain Undip, dari negara Indonesia ini hanya ada 8 perguruan tinggi yang bisa masuk seperti UI, ITB,ITS, UGM, IPB, UB, Universitas Telkom dan terakhir ada Unpad.

Alumni Terkenal

Universitas satu ini juga memiliki beberapa alumni terkenal yang sudah dikenal oleh publik atau masyarakat Indonesia dimana yang pertama ada Bondan Winarno. Pakar kuliner yang sangat identik dengan jargon Maknyus ini pernah mengenyam jurusan arsitektur di Undip. 

Alumni terkenal yang kedua ada Michael Hartono yang mana merupakan pemilik PT Djarum dan menjadi pemegang saham terbesar di Bank Central Asia atau BCA. Tidak mengherankan jika dia dinobatkan sebagai orang terkaya nomor dua di Indonesia menurut majalah Forbes 2011.

Orang terkaya satu ini merupakan jebolan dari Undip, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tidak hanya menggeluti bidang banking dan juga tembakau, namun Michael Hartono ini juga memiliki perkebunan sawit dan juga real estate yang ada di Jakarta.


Bagaimana tertarik untuk masuk Undip? Persiapkan diri Anda dengan belajar sebaik-baiknya karena tingkat persaingan yang ketat, semoga informasi ini bermanfaat.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.