Universitas Pendidikan Indonesia

Rp 500.000 - Rp 7.650.000/Semester
Akreditasi A
Belum ada rating

Alamat

Jl. Dr Setiabudhi No 229

Bandung, Jawa Barat, 40154

Cek Map

Kontak

pmb@upi.edu
022-2013163

Highlights

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1954. UPI berawal dari sebuah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru yang telah mengalami metamorfosis hingga menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum di Indonesia.

Mengenal Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Almamater Anandito Dwis


Universitas Pendidikan Indonesia sering disebut dengan UPI.  Kampus ini merupakan pilihan bagi Anda yang ingin menjadi pengajar yang profesional. Kampus UPI ini telah banyak menghasilkan lulusan guru yang berkualitas dan memiliki dedikasi tinggi. Anda tidak perlu ragu lagi dengan kualitas pendidikan yang ada disini hal itu karena sudah terakreditasi sangat bagus yaitu A oleh BAN-PT.

Tidak hanya itu saja UPI juga menyabet berbagai macam penghargaan sebagai kampus terbaik yang ada di Indonesia. Menurut Webometrics pada Juli 2020 ini berada pada posisi ke-15 dari 50 perguruan tinggi yang ada di Indonesia baik itu PTN maupun PTS. 

Yang lebih mengagumkan lagi adalah  UPI ini masuk ke dalam TOP 300 Universitas di Bidang Pendidikan. Yang melakukan pemeringkatan adalah QS WUR 2020 sehingga jangan ragu untuk mendaftar di kampus yang terkenal dengan Gedung Isola ini.


Peringkat UPI Menurut 4ICU

Setiap tahun UniRank atau 4ICU melakukan pemeringkatan. Ada lebih dari 13 ribu universitas di ratusan negara dunia yang dinilai oleh UniRank. Kriteria yang digunakan untuk pemeringkatan ini ada tiga untuk seluruh dunia.  Kriteria yang pertama adalah universitas itu harus sudah terakreditasi secara resmi. Akreditasi itu dilakukan oleh badan organisasi pendidikan tinggi pada masing-masing negara. 

Kriteria yang kedua adalah menawarkan pendidikan tinggi tidak hanya gelar sarjana namun juga pascasarjana. Yang ketiga adalah memberikan kursus yang mana format pendidikannya tradisional, tatap muka dan juga non jarak jauh.

Di tahun 2021 ini sedikitnya ada 577 universitas yang sudah di ranking oleh UniRank ini. UPI masuk peringkat ke-4 setelah UGM, UI dan juga Undip. UPI ini mengalahkan kampus lainnya seperti UNY, UB, UNAIR, UNS, IPB, Unila, Unnes, ITB, BINUS, Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Alumni Terkenal UPI

Ada banyak alumni terkenal lulusan dari UPI ini mereka terkena karena bisnis, karena pengetahuannya dan perannya dalam agama Islam, penyanyi religi yang terkenal publik bahkan mereka terkenal karena perannya dalam dunia pendidikan.

Alumni terkenal yang pertama adalah Dewa Eka Prayoga. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan sosok satu ini. Dewa Eka Prayoga merupakan business coach yang mana banyak membantu pengusaha untuk bisa meningkatkan omzet bisnis. 

Pria yang akrab dipanggil dengan Kang Dewa ini juga memiliki perusahaan yang fokusnya di bidang konsultan dan juga edukasi bisnis. Tahun 2008 Kang Dewa memulai kuliah di UPI jurusan kimia kemudian bekerja sampingan sebagai guru kimia di lembaga bimbingan belajar. Meski pernah rugi miliaran rupiah kini ia berhasil meraup omzet ratusan juta rupiah dalam sebulan.

Alumni terkenal kedua ada Anandito Dwis.  Namanya mencuat dan dikenal oleh publik saat dia menikahi Anisa Rahma ex Cherybelle. Dia lulusan S1 program studi Management Resort and Leasure di UPI Jawa Barat. Dia merupakan aktor dan penyanyi religi di Indonesia, dia bergabung dengan ADAM yang anggotanya adalah Natta Reza, Rey Mbayang dan Dodi Hidayatullah.


Demikianlah beberapa informasi penting tentang UPI yang sayang untuk dilewatkan, semoga informasi ini bermanfaat.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.