Universitas Negeri Jakarta

Rp 500.000 - Rp 10.000.000/Semester
Akreditasi B
Belum ada rating

Alamat

Jl. Rawamangun Muka, Pulo Gadung

Banyumas, Dki Jakarta, 13220

Cek Map

Kontak

cs.pendaftaran@unj.ac.id
021-4898486

Highlights

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia merasakan kurangnya tenaga kependidikan di semua jenjang dan jenis lembaga pendidikan. Untuk mengatasi masalah ini pemerintah mendirikan berbagai kursus pendidikan guru. Sekitar tahun 1950-an, pada jenjang di atas pendidikan menengah didirikan B-I, B-II, dan PGSLP yang bertugas menyiapkan guru-guru untuk sekolah lanjutan. Usaha-usaha untuk meningkatkan mutu dan jumlah guru terus dilakukan melalui pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh pemerintah. PTPG ini didirikan di empat kota yakni Batusangkar, Manado, Bandung, dan Malang. Dengan demikian terdapat dua macam lembaga pendidikan yang menghasilkan tenaga guru, yaitu Kursus B-I/B-II/PGSLP dan PTPG. Kedua lembaga ini kemudian diintegrasikan menjadi satu lembaga pendidikan melalui berbagai tahap. Pada tahun 1957, PTPG diintegrasikan ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada universitas terdekat. Pada tahun 1963, oleh Kementerian Pendidikan Dasar didirikan Institut Pendidikan Guru (IPG) untuk menghasilkan guru sekolah menengah; dan pada tanggal 8 Pebruari 1961 Kursus B-I dan B-II diintegrasikan ke dalam FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi yang juga menghasilkan guru sekolah menengah. Dualisme ini dirasakan kurang efektif dan mengganggu manajemen pendidikan guru. Untuk mengatasi ini maka kursus B-I dan B-II di Jakarta diintegrasikan ke dalam FKIP Universitas Indonesia. Melalui Keputusan Presiden RI No. 1 tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963, ditetapkan integrasi sistem kelembagaan pendidikan guru. Salah satu butir pernyataan Keppres tersebut adalah bahwa surat keputusan ini berlaku sejak 16 Mei 1964, yang kemudian dinyatakan sebagai hari lahirnya IKIP Jakarta. IKIP Jakarta sejak tanggal 4 Agustus 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tanggal 4 Agustus 1999. Hari jadi Universitas Negeri Jakarta ditetapkan sama dengan hari jadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang merupakan cikal bakal Universitas Negeri Jakarta yaitu pada tanggal 16 Mei 1964.

Ini Dia Profil Universitas Negeri Jakarta, Kampus Terbaik ke-8 Di Jakarta


Universitas Negeri Jakarta - Jakarta merupakan pusat perekonomian, tidak diragukan lagi jika segala sesuatunya bisa berjalan dan berputar dengan cepat disini. Untuk pendidikannya, Jakarta memiliki banyak perguruan tinggi yang bagus dan berkualitas. Salah satu perguruan tinggi di Jakarta adalah Universitas Negeri Jakarta yang sering disebut dengan UNJ. 

UNJ ini pada awalnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau IKIP Jakarta. Sesuai dengan keputusan Presiden RI Nomor 093 Tahun 1999 IKIP Jakarta ini berubah nama menjadi UNJ.  Kampus satu ini memiliki motto “Building Future Leaders” dengan membuka Program pendidikan maupun yang non pendidikan. Dengan berbagai macam pilihan yang ditawarkan membuat UNJ menjadi kampus yang lebih banyak diincar.


Peringkat UNJ

Hal yang menarik untuk diketahui dari UNJ adalah peringkatnya. Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh 4ICU ini menyebutkan bahwa UNJ menjadi salah satu universitas terbaik ke-74 di Indonesia.  

Banyak sekali prestasi yang ditorehkan oleh civitas akademika UNJ ini mulai dari juara 1 Lomba Pidato Nasional OJK, meraih 3 medali emas di dalam ajang Internasional Engineering and Innovation Exhibition 2013. UNJ juga meraih Gold Medal INTEX young Malaysian 2014 dan masih banyak prestasi lainnya yang diraih oleh UNJ ini.

Tidak hanya itu saja UNJ juga dinobatkan sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Jakarta  menurut Kemenristek atau BRIN. UNJ ini menduduki peringkat ke-8 terbaik di Jakarta.  Sampai dengan saat ini UNJ melahirkan lebih dari 30 ribu alumni yang mana bisa bersaing ke tingkat nasional maupun internasional.

Alumni Terkenal UNJ

Universitas satu ini melahirkan sosok-sosok yang terkenal. Salah satu alumni terkenal adalah Denny Cagur. Saat masih kuliah di UNJ Denny ini juga menjalani profesi sebagai guru les pribadi. Denny meruakan raja gombal dimana ia sukses dengan grup lawaknya Cagur.

Denny mendirikan Cagur bersama dengan dua temannya Narji dan Wendy.  Cagur sendiri berasal dari singkatan Calon Guru mereka merupakan alumni UNJ. Cagur semakin luas berkat muncul dalam acara Goyang Inul yang saat itu ditayangkan di stasiun televisi swasta.

Alumni terkenal selanjutnya ada Wiranto. Tentu sudah banyak yang tahu sosok satu ini. Wiranto merupakan politikus yang ada di Indonesia. Saat ini Wiranto menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden tepatnya sejak Desember 2019. Dia merupakan lulusan UNJ dan menjadi doktor bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (2012).

Selanjutnya ada Sylviana Murni dimana merupakan birokrat yang sudah lama berkarir di Pemerintahan DKI Jakarta. Ia menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan juga Kebudayaan DKI Jakarta di tahun 2015 sampai dengan 2016. Bahkan ia pernah menjadi walikota Jakarta pada tahun 2008 sampai dengan 2010. 


Demikianlah beberapa informasi tentang Universitas Negeri Jakarta yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.