Universitas Indonesia

Rp 500.000 - Rp 7.500.000/Semester
Akreditasi A
4.6

Alamat

Kampus Baru UI Depok

Depok, Jawa Barat, 16424

Cek Map

Kontak

penerimaan@ui.ac.id
021-7864126

Highlights

Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan. Sementara itu, UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktifitas penelitian melalui sejumlah disiplin ilmu yang ada dilingkupnya. Cikal bakal UI bermula pada tahun 1849 dan UI merupakan representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua di Asia. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni, UI secara kontinyu melanjutkan peran pentingnya di level nasional dan dunia. Bagaimanapun UI tidak bisa melepaskan diri dari misi terkininya menjadi institusi pendidikan berkualitas tinggi, riset standar dunia dan menjaga standar gengsi di sejumlah jurnal internasional.

Ingin Kuliah di Universitas Indonesia(UI)? Simak Informasi Penting Disini Dulu!


Bingung memilih kuliah untuk melanjutkan pendidikan? Universitas Indonesia bisa menjadi pilihan. Universitas ini menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu saja, kampus ini juga masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Lembaga pemeringkatan universitas ini telah merilis universitas terbaik di dunia maupun di setiap negara. 

Salah satu lembaga tersebut adalah Times Higher Education atau biasa disebut dengan THE. Melalui Universitas Indonesia skema Asia University Rankings 2021 ini Anda akan tahu mana saja universitas terbaik di Asia dan juga Indonesia. THE ini menggunakan lima indikator atau patokan yang dijadikan sebagai dasar penilaian. Indikator itu adalah research, citations, international outlook, industry come and teaching.


Peringkat Universitas Indonesia

Universitas Indonesia ini sering disebut dengan UI.  Berdasarkan penilaian versi THE Asia University Rankings, kampus ini menjadi universitas terbaik di Indonesia. Kampus ini menduduki peringkat pertama, sedangkan di dunia menduduki peringkat 194. Perolehan nilai yang didapatkan kampus ini adalah 32,9.  

Menurut versi QS-WUR atau Quacquarelli Symonds 2019-2020 kampus dengan almamater kuning ini dinobatkan sebagai kampus terbaik dunia urutan 296. Hal ini menjadi kemunduran karena sebelumnya di peringkat 292 dunia. 

QS-WUR merilis 1.000 universitas terbaik di dunia dan sembilan kampus di Indonesia berhasil masuk ke dalam daftar tersebut. Sebelumnya QS ini menyeleksi 1.620 universitas kemudian dikerucutkan menjadi 1.001 kampus terbaik.

Jumlah Fakultas

Saat ini Universitas Indonesia memiliki 14 fakultas dan juga ada 291 program studi yang bisa Anda pilih.  Karena menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia tidak mengherankan jika peminatnya sangat banyak sekali. Universitas ini menjadi tujuan favorit untuk melanjutkan pendidikan yang jauh lebih tinggi.  

Tingkat persaingan disini sangat ketat bahkan setiap tahun. rata-rata persentase pendaftar diterima untuk program S1 reguler ini hanya 3% saja sehingga Anda yang bermimpi untuk kuliah disini harus belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa diterima.

Alumni Universitas Indonesia Sukses dan Terkenal

Kampus menjadi favorit ini telah melahirkan sosok-sosok yang cerdas dan terkenal. Banyak alumni yang juga memiliki peran besar bagi negeri Indonesia tercinta ini.  Lalu siapa saja alumni paling terkenal lulusan Universitas Indonesia?  Alumni terkenal dan berpengaruh pertama ada Sri Mulyani. Ia menjadi alumni yang saat ini memiliki peran yang besar karena menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia. Ia juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Asia Terbaik tahun 2006. 

Majalah Globe Asia bulan Oktober 2007 juga memilihnya sebagai wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia. Sri Mulyani mendapat gelar sarjana dari Universitas Indonesia pada tahun 1986 kemudian melanjutkan pendidikan ke Universitas Illinois at Urbana-Champaign pada 1992. 

Masih banyak alumni dari kampus ini yang terkenal seperti Tasya Kamila, Najwa Shihab, Puan Maharani, Tere Liye, Maia Estianty, Dian Sastrowardoyo, Rossa, Raditya Dika, Annisa Pohan, Chairul Tandjung, Nicholas Saputra, Ganjar Pranowo dan masih banyak lagi lainnya.


Tertarik untuk kuliah di Universitas Indonesia? So, persiapkan diri Anda sekarang juga dengan belajar lebih giat dan rajin karena persaingannya sangat ketat, jangan lupa selalu mencari update informasi tentang kampus satu ini agar tidak ketinggalan berbagai macam info penting dan menarik, semoga informasi ini bermanfaat ya.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.