Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Rp 500.000 - Rp 7.500.000/Semester
Akreditasi A
4

Alamat

Kampus ITS Sukolilo

Surabaya, Jawa Timur, 60111

Cek Map

Kontak

admisi@its.ac.id
031-5994251

Highlights

Institut Teknologi Sepuluh Nopember sering disebut dengan ITS. Kampus ini menjadi unggulan terutama di bidang sains dan juga teknologi yang ada di Indonesia. Pada tahun 2019 ini ITS masuk ke dalam peringkat ke-4 perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan ITS ini merupakan kampus negeri berbadan hukum terbaik nomor 1 dalam pelaksanaan program, kegiatan maupun anggaran.

Tidak cukup sampai disitu saja namun ITS ini juga mendapatkan peringkat ke-3 terbaik perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut THE pada tahun 2019 dan juga 2020. Pada level Asia ITS ini menduduki peringkat 201+.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Almamater Tri Rismaharini yang Favorit

Peringkat ITS

Ada banyak sekali prestasi yang didapatkan oleh kampus satu ini. Pada tahun 2019 ini menjadi tahun kebahagiaan bagi ITS karena berhasil raih sejumlah prestasi yang membanggakan. Prestasi yang telah diraih oleh ITS tersebut dalam kancah nasional atau internasional.

Prestasi yang diraih ITS adalah berhasil meluluskan wisudawan yang merupakan dokter muda pada usia 24 tahun 4 bulan. Pemuda yang disapa Rendra ini menjadi dokter muda yang ada di Indonesia. Rendra mengikuti program beasiswa dengan nama PMDSU atau pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul. Dalam waktu 3,5 tahun ini berhasil melakukan publikasi penelitian atau di tiga jurnal ilmiah internasional dan bereputasi.

Prestasi yang diraih oleh ITS selanjutnya adalah Juara Umum KRI 2019.  ITS ini membuktikan jika kepiawaian dalam bidang robotika ini terbukti mampu memborong juara pada tiga kategori. ITS ini juga berhasil mempertahankan gelar juara umum di KRI atau Kontes Robot Indonesia pada tahun 2019. 

KRI ini yang menyelenggarakannya Kemenristekdikti atau Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Kontes robot ini diikuti oleh 64 perguruan tinggi negeri dan juga swasta yang ada di Indonesia.

Alumni ITS Terkenal

Membicarakan ITS ini ada banyak sekali alumni ITS yang terkenal dan menjadi tokoh yang berpengaruh.  Alumni terkenal pertama ada Tri Rismaharini atau yang biasa dipanggil Risma. 

Saat ini dia menjabat sebagai Menteri Sosial Republik Indonesia di Kabinet Maju. Dia mulai menjabat sejak tanggal 23 Desember 2020 silam dimana sebelumnya ia menjabat sebagai Walikota Surabaya. Risma menjadi walikota wanita pertama yang terpilih sepanjang sejarah.  Di ITS ini Risma mengambil jurusan Arsitektur dan lulus pada tahun 2002.

Alumni terkenal kedua adalah Susilo Bambang Yudhoyono yang mana sering dipanggil SBY.  Dia merupakan presiden Indonesia ke-6 dan menjabat sejak 20 Oktober 2004 sampai dengan 20 Oktober 2014.  Dia adalah presiden yang dipilih melalui jalur pemilu.  SBY ini memutuskan untuk melanjutkan untuk kuliah di jurusan Teknik Mesin ITS, meski SBY ini merupakan Drop Out-an dari ITS.

Tidak hanya mereka berdua saja namun masih banyak alumni  terkenal dari ITS yang menjadi orang besar di pemerintahan Indonesia seperti Mohammad Nuh, Agus Rahardjo, Eri Cahyadi, Gombloh dan masih banyak lagi lainnya.


Tertarik untuk kuliah di ITS? Siapkan diri Anda sekarang juga karena persaingan yang ketat, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.