Jurusan Psikologi

Nama lain program studi

Psikologi

Pelajaran SMA terkait

Sosiologi

Antropologi

Deskripsi

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari mental, pikiran dan juga perilaku manusia. Disiplin ilmu ini akan meneliti tentang alur pemikiran manusia dan juga alasan di balik perilaku manusia tersebut. Ilmu satu ini akan dimanfaatkan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah dan juga mencari solusi yang tepat dari serangkaian aktivitas manusia yang lebih kompleks.

Sesuai dengan namanya, ilmu ini akan mempelajari manusia berdasarkan dengan individu karena tidak ada manusia yang sama. Manusia adalah makhluk yang unik bahkan ketika diberikan stimulus respons akan berbeda sesuai dengan pengetahuan, pengalaman, perasaan, harapan dan juga faktor penentu yang lainnya. Jika Anda tertarik dan ingin tahu cara berpikir maupun perilaku maka Anda cocok untuk mengambil jurusan ini.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Psikologi

Tertarik Mengambil Psikologi? Ini Dia Informasi yang Wajib Anda Tahu!

Alasan Memilih Jurusan Psikologi

Peluang kerja dari jurusan satu ini sangat banyak. Anda bisa bekerja di instansi pemerintah, BUMN maupun Anda bisa bekerja di perusahaan swasta. Mereka membutuhkan jurusan ini untuk ditempatkan di bagian personalia untuk bisa membantu mengelola SDM. Perusahaan tidak ingin salah mengambil SDM karena akan berpengaruh terhadap operasional perusahaan.

Lulusan jurusan satu ini akan memiliki asesmen kuat sehingga akan mampu memetakan personil. Hal itu didasarkan pada potensi dan juga karakter. Anda bisa bergabung dengan consulting firm atau mendirikan perusahaan jasa konsultasi psikologi. Anda bisa menjadi HR consultant Anda bisa menawarkan jasa konsultasi pada perusahaan yang memiliki masalah dengan SDM mereka.

Lulusan jurusan satu ini bisa berkecimpung menjadi HR konsultan. Mereka akan ditempatkan untuk mengisi berbagai pelatihan karir, pelatihan pengembangan kepribadian dan juga pelatihan untuk pengembangan keterampilan karyawan yang ada di perusahaan. Anda juga bisa menjadi abdi negara dimana bisa bergabung dengan Kementerian Pemberdayaan dan juga Perlindungan Anak. Anda juga bisa bergabung dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial dan juga banyak di lembaga yang lain.

Prospek Kerja

Bisa dikatakan bahwa jurusan satu ini memiliki prospek kerja yang luas. Rata-rata calon mahasiswa mendambakan karir di bidang konseling. Faktanya adalah prospek kerja lulusan psikologi ini tidak hanya di bidang konseling saja. Anda banyak peluang kerja yang menanti, jenjang karirnya pun sangat variatif. Selain itu gaji yang akan Anda dapatkan ini sangat kompetitif. Gaji untuk lulusan jurusan satu ini ada di kisaran 4 juta rupiah. Hal itu tergantung dengan kemampuan, tempat bekerja, jenis maupun pengalaman yang Anda miliki.

Jika Anda ingin terjun di dalam dunia klinis, maka lulus dari jenjang sarjana tidak cukup. Seorang sarjana hanya bisa mengambil asisten psikologi saja. Hal itu karena jika Anda ingin menjadi psikolog Anda harus melanjutkan ke Magister Psikologi Profesi. Setelah lulus Anda bisa membuka praktik konseling. 

Ada banyak pilihan karir yang bisa Anda pilih seperti psikolog, psikologi klinis, sistem analis, arsiparis. Anda juga akan bisa menjadi penulis, perawat kesehatan mental dan juga dosen. Anda bisa menjadi konsultan karir dan juga menjadi bagian HRD.

Jika Anda ingin mengambil jurusan psikologi maka persiapkan diri Anda sebaik-baiknya karena persaingan yang ketat, selalu update informasi agar Anda tidak ketinggalan informasi yang penting.