Universitas Negeri Yogyakarta

Rp 500.000 - Rp 6.350.000/Semester
Akreditasi A
Belum ada rating

Alamat

Jl. Colombo No1

Sleman, Di Yogyakarta, 55281

Cek Map

Kontak

pmb@uny.ac.id
0274-4605001

Highlights

Setiap tahun, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memperingati tanggal 21 Mei sebagai tanggal kelahirannya. Tanggal ini adalah tanggal berdirinya Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Yogyakarta yang merupakan pendahulu UNY. IKIP Yogyakarta diresmikan oleh Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) pada tanggal 21 Mei 1964. Pada tahun 1999 IKIP Yogyakarta diberi perluasan mandate menjadi Universitas yang diberikan oleh pemerintah. Perubahan IKIP Yogyakarta menjadi UNY diharapkan meningkatkan sistem pendidikan guru karena para dosen di jurusan dapat melakukan fertilisasi silang keilmuan antara mereka yang berlatar belakang kependidikan dan berlatar belakang ilmu dasar. Saat ini UNY terus berupaya meningkatkan diri melalui peningkatan kualitas manajemen institusi pendidikan dan dosen, keunggulan dan kepemimpinan, maupun dukungan fasilitas disemua fakultas dan unit-unit bertaraf internasional. Sejak tahun 2007 UNY telah mengembangkan paradigma pembelajaran online terpadu (E-learning UNY) dan berlangganan jurnal elektronik dari proQuest yang memuat tidak kurang dari 700 jurnal internasional di bidang pendidikan. Akses LAN di area kampus melalui nirkabel juga telah tersedia melalui hotspot wifi di 43 titik strategis dengan coverage area mencapai 80% wilayah kampus. Di samping itu, UNY juga tengah membangun networking dengan berbagai universitas dan pusat riset seluruh dunia.

Bercita-Cita Jadi Guru? Universitas Negeri Yogyakarta Bisa Menjadi Pilihan!


Universitas Negeri Yogyakarta atau biasa disebut UNY ini menjadi kampus incaran pelajar. Terutama bagi mereka yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pendidik yang profesional dan memiliki kredibilitas tinggi. Sebelum berubah menjadi UNY, kampus ini memiliki nama IKIP Yogyakarta. Yang mengagumkan adalah UNY ini pernah menjadi kampus tim nasional atau Timnas U-19 yang mana dikuliahkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga UNY. Hal ini terjadi karena program kerja sama pendidikan.

Yang lebih luar biasa adalah kampus satu ini juga menyumbangkan  banyak sekali atlet sepak bola. Bahkan ada 26 pemain Timnas yang mana kuliahnya di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY ini tentunya hal ini sangat keren dan membanggakan.


Peringkat UNY Menurut QS WUR

UNY merupakan kampus favorit dan semakin menunjukkan eksistensinya. Dalam penilaian QS WUR atau World University Rankings by Subject, peringkat UNY semakin kokoh. Penilaian tersebut dirilis pada tanggal 3 Maret 2021. 

Tidak hanya itu saja UNY ini juga menempati ranking 2 di Indonesia dan peringkat dunia menempati posisi 301-350 pada bidang Education and Training. Pencapaian ini menunjukkan bahwa UNY merupakan perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan lebih unggul dari 1.440 institusi yang lainnya yang ada dalam 85 negara.

4ICU atau 4 international College and Universities lembaga pemeringkat perguruan tinggi yang ada di seluruh dunia, juga telah menyusun peringkat dari 200 perguruan tinggi paling terkemuka yang ada di Asia. Kriterianya adalah terakreditasi dan menawarkan gelar sarjana empat tahun dan juga pascasarjana. Kriteria yang terakhir memberikan pendidikan format tradisional, tatap muka dan juga tidak jarak jauh.

Hasil penilaian atau skor ini tidak dipublikasikan karena hak cipta dan menghindari tindakan manipulasi dari website masing-masing universitas. UNY ini menempati peringkat 70 perguruan tinggi terbaik se Asia.  Saat ini UNY memiliki 7 fakultas dan satu program pasca sarjana.

Alumni Terkenal

Jika membicarakan alumni terkenal UNY ini sangat banyak sekali bahkan sudah banyak yang dikenal oleh publik. Salah satunya adalah Evan Dimas Darmono yang mana bermain untuk klub Liga 1 Bhayangkara.  Evan Dimas sukses membawa Timnas Indonesia U-19 menyabet juara Remaja U-19 AFF 2013. Saat itu Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Vietnam U-19 di partai final.

Alumni terkenal yang kedua ada Hansamu Yama Pranata.  Saat ini dia bermain untuk klub Liga 1 Bhayangkara. Pada tahun 2013 dia bergabung dengan Timnas U-19 untuk ikut dalam kejuaraan remaja U-19 AFF 2013 dimana ia turut andil bergabung dia membawa Timnas untuk menjuarai piala AFF untuk pertama kalinya.

Yang terakhir Hanung Bramantyo sutradara terkenal di Indonesia. Hanung pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Seni Rupa UNY meski tidak sampai tamat, setelahnya ia melanjutkan pendidikan di Sinematografi Institut Kesenian Jakarta.


Demikianlah beberapa informasi tentang UNY, semoga informasi ini bermanfaat.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.