Universitas Negeri Malang

Rp 1.000.000 - Rp 7.500.000/Semester
Akreditasi A
5

Alamat

Jl. Semarang 5, Lowokwaru

Malang, Jawa Timur, 65145

Cek Map

Kontak

humas@um.ac.id
0341-551312

Highlights

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Kota Malang dan Kota Blitar Provinsi Jawa Timur. Sejarah UM berawal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang yang didirikan pada tanggal 1 September 1954 dengan Surat Putusan Menteri Pendidikan Pengadjaran dan Kebudajaan Republik Indonesia Nomor 33756/Kb tanggal 4 Agustus 1954 yang dibuka dan diresmikan pada tanggal 18 Oktober 1954. Terhitung mulai tanggal 20 November 1957 menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Malang pada Universitas Airlangga Surabaja dengan Surat Putusan Menteri Pendidikan Pengadjaran dan Kebudajaan Republik Indonesia Nomor 119533/S tanggal 20 November 1957. Sejak tanggal 1 Mei 1963 menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang dengan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 55 Tahun 1963 tanggal 22 Mei 1963. Dan pada tanggal 4 Agustus 1999 menjadi Universitas Negeri Malang dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999.

Universitas Negeri Malang, Salah Satu Kampus Terbaik Jawa Timur Versi Webometrics


Universitas Negeri Malang ini sering disebut dengan UM.   Kampus ini memiliki motto The Learning University dan pendiriannya tanggal 18 Oktober 1954. UM menjadi PTN yang memiliki akreditasi sangat baik yaitu A. Kampus ini berada di titik tiga lokasi dimana yang satu di Malang dan yang satu ada di Blitar. 

UM memiliki visi menjadi perguruan tinggi yang unggul. Selain itu juga menjadi rujukan di dalam menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi. UM ini tidak hanya berlatar belakang pendidikan saja namun kampus ini juga membuka pilihan program studi di bidang non pendidikan. Yang menonjol adalah UM memiliki lingkungan kampus yang asri dimana lokasinya ini strategis. UM ini juga menjadi tempat belajar yang ideal.


Peringkat Nasional dan Internasional

UM menjadi kampus yang berkualitas. Banyak sekali penghargaan diraihnya baik yang tarafnya nasional maupun yang Internasional. UM menduduki peringkat ke-22 dari 30 Perguruan Tinggi Indonesia. UM ini masuk ke dalam Top 1000 Asia versi QS Asian University Ranking 2020.  Yang mengagumkan lagi adalah kampus satu ini meraih rating 4 bintang versi Asean University Network University Performance Metrics 2020.  

Tidak hanya itu saja, melalui situs resminya Webometrics UM masuk ke dalam 20 daftar Universitas Jawa Timur terbaik. Webometrics memiliki beberapa metodologi untuk bisa melakukan pemeringkatan tersebut. Metodologi yang pertama adalah visibilitas dimana jumlah jaringan subnet yang mana terhubung ke website institusi. 

Metodologi yang kedua adalah metodologi impact dimana dinilai dengan banyaknya backlink yang mana asalnya dari situs luas. Selanjutnya adalah metode excellence dan juga openness. Dari ratusan kampus yang terdapat di Indonesia ini, hanya ada 20 kampus saja di Jawa Timur saja yang masuk ke dalam pemeringkatan Webometrics. Hal ini bisa menjadi pertimbangan terutama bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Alumni Terkenal UM

Ada banyak alumni terkenal UM yang dikenal oleh publik masyarakat Indonesia. Yang pertama adalah Arya Saloka. Pemeran Ikatan Cinta ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia berkat perannya menjadi Aldebaran. AL, panggilannya dikenal sebagai sosok yang dingin dan juga kaku, selain itu menjadi orang yang sulit dalam menyampaikan perasaan.

Dirangkum dalam Portal Jember, Arya Saloka merupakan calon guru TIK. Dia tercatat menempuh pendidikan S1 Pendidikan Teknik Informatika di Universitas Negeri Malang. Arya mulai kuliah di tahun 2010 namun hanya sampai 3 semester saja. Selama itu Arya hanya menempuh sebanyak 22 sks selama kuliah.

Alumni yang terkenal kedua adalah Mario Teguh yang mana adalah motivator terkenal dengan kebangsaan Indonesia. Dia meraih gelar Sarjana Pendidikan di UM yang mana dulunya bernama IKIP Malang. DI tahun 2003 ia mendapatkan penghargaan MURI karena menjadi penyelenggara seminar dengan hadiah mobil dimana hal tersebut baru pertama kali terjadi di Indonesia.


Demikianlah informasi tentang UM yang menarik dan sangat sayang untuk dilewatkan, semoga informasi ini bermanfaat.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.