Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rp 4.960.000 - Rp 18.880.000/Semester
Akreditasi A
4.7

Alamat

Jl. Ahmad Yani, Tromol Pos1, Pabelan, Kartasura

Surakarta (Solo), Jawa Tengah, 57102

Cek Map

Kontak

pmb@ums.ac.id
0271-717417

Highlights

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan universitas salah satu universitas terbaik diantara 170 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia. Dalam kegiatan belajar mengajar UMS menerapkan “Wacana Keilmuan dan Keislaman” yakni mampu menumbuhkan budaya Islami yang menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dilandasi nilai-nilai keislaman sesuai manhaj Muhammadiyah. Oleh karenanya, penanaman sikap kerja keras, jujur, ikhlas, sabar, berintegritas tinggi, pemikiran positif, rasional objektif, adil dan berhati bersih kepada segenap civitas akademika menjadi landasan moral pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan ilmu-ilmu keislaman menyongsong era globalisasi. Berdiri sejak tahun 1981, UMS selalu menjaga mutu kualiatas pendidikannya agar senantiasa menciptakan lulusan yang kompeten sesuai dengan tuntutan jaman. Dengan berpegang teguh pada cita-cita luhur yakni mencerdaskan bangsa, UMS senantiasa meningkatkan sistem pendidikannya agar mampu bersaing dikancah global.

Universitas Muhammadiyah Surakarta, PTS Terbaik Pertama di Indonesia


Universitas Muhammadiyah Surakarta sering disebut dengan UMS. Kampus ini berdiri sejak tahun 1981 yang mana menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta milik Muhammadiyah dan bisa bersaing secara global. Prestasi dan peringkat kampus ini sangat membanggakan. Hal itu terlihat dari UMS ini menjadi salah satu universitas terbaik di Asia bersama dengan 16 perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Tentu yang berhasil masuk ke UMS ini akan merasa bangga karena kampusnya diakui di dunia.

 

Peringkat UMS Menurut UniRank 

Menurut UniRank UMS ini menjadi universitas swasta paling unggul yang ada di Indonesia. Di skala nasional, UMS ini berada di peringkat ke-11 lebih unggul dibandingkan dengan ITB, USU  sampai dengan tetangganya UNS. Pemeringkatan yang dilakukan UniRank ini menempatkan UGM, UI dan UB berada di dalam 3 besar terbaik di Indonesia. Setelah itu perguruan tinggi ternama seperti IPB berada di posisi 9, ITB ada di posisi 12, yang terakhir adalah ITS menduduki peringkat ke-18. 

Hal ini membanggakan karena UMS ini bisa mengalahkan beberapa universitas swasta terkemuka dan terkenal yang ada di Indonesia. PTS tersebut adalah UMY atau Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kemudian BINUS, Universitas Telkom dan terakhir ditempati UII.

Kualitas akademik UMS sudah terakreditasi A sangat baik dimana akreditasi itu dilakukan oleh BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. UMS memiliki sebanyak 60 program studi dan hampir 60% ini sudah terakreditasi A sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Alumni UMS yang Terkenal

Membicarakan tentang UMS ini ada satu hal yang menarik dimana salah satu alumninya menjadi Duta Perdamaian Dunia. Alumni terkenal tersebut bernama KH Hassan Al-Banna. Dia merupakan lulusan Fakultas Agama Islam atau FAI. Dia berhasil lolos menjadi lima terbaik Duta Perdamaian Dunia.

Saat ini Hassan Al-Banna menjadi pengasuh Ponpes Mambaul Ulum di Cirebon. Untuk bisa menjadi Duta Perdamaian Dunia itu harus melalui proses yang panjang dimana Hassan harus ikut seleksi yang dilakukan berbulan-bulan. 

Seleksi yang dilakukan sangat ketat, Hassan ini harus bersaing dengan ribuan peserta dari berbagai negara. Yang menjadi poin penting dalam kompetisi ini adalah mahir dalam Bahasa Inggris. Selain itu kandidat harus memiliki wawasan keislaman dimana wawasan tersebut sangat penting dan menjadi modal utama yang diujikan.

Hassan kemudian menjadi wakil dari Indonesia. Dia memiliki misi untuk memperkenalkan agama Islam yang penuh kedamaian ini. Selama setahun Hassan juga keliling dunia dan menjadi narasumber di berbagai negara dan menyuarakan perdamaian.

Yang kedua adalah Faradila Ratna Sari yaitu lulusan FKIP Bahasa Inggris yang mana sukses di bidang make up. Meski begitu dia justru sukses berkarier di bidang make up. Karena bakatnya tersebut membuat dia menjadi MUA yang terkenal. Dari pelajar sampai dengan pejabat negara pernah di riasnya. Salah satu pejabat tersebut adalah istri ketua MK. Selain menjadi MUA, Faradila ini juga membuka kursus bahasa Inggris di kampung halamannya sehingga dia tidak keluar jalur dari jurusannya.


Demikianlah informasi tentang UMS yang menarik, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.