Universitas Padjadjaran

Rp 500.000 - Rp 15.000.000/Semester
Akreditasi A
Belum ada rating

Alamat

Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21, Jatinangor

Sumedang, Jawa Barat, 45363

Cek Map

Kontak

smup@unpad.ac.id
022-84288888

Highlights

Universitas Padjadjaran atau dikenal dengan singkatan Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Unpad berdiri pada 11 September 1957, dengan lokasi kampus di Bandung. Saat ini, Unpad berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. PTN Badan Hukum ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 12 tentang Pendidikan Tinggi. Pada pasal 65 UU tersebut disebutkan, penyelenggaraan otonomi perguruan tinggi dapat diberikan secara selektif berdasarkan kinerja oleh Menteri kepada PTN. Bentuk otonomi yang dimaksud terdiri dari PTN yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) atau PTN Badan Hukum. Unpad telah melaksanakan otonomi PK BLU sejak 15 September 2008, dan kini memperoleh mandat untuk meningkatkan otonomi menjadi PTN Badan Hukum. Kepercayaan pemerintah memberikan mandat kepada Unpad menjadi PTN Badan Hukum merupakan “buah” dari perjuangan panjang para pengelola Unpad menjaga kualitas serta prestasi para mahasiswanya di tingkat nasional dan internasional. Pada 16 Januari 2014, Unpad memperoleh sertifikat akreditasi institusi perguruan tinggi “Terakreditasi dengan Peringkat A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Selanjutnya, Unpad kembali memperoleh peringkat akreditasi “A” dari BAN PT pada 19 Desember 2018.

Mengenal Universitas Padjadjaran, Kampus Terbaik ke-7 di Indonesia Versi QS WUR


Universitas Padjadjaran sering disebut dengan Unpad. Kampus ini menjadi kampus favorit yang ada di Indonesia selama bertahun-tahun. Kampus ini berhasil menarik minat banyak pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan di kampus satu ini. Tentu hal ini akan menjadi kebanggaan bagi pelajar yang lolos masuk ke kampus ini karena tingkat persaingan yang ketat. 

Untuk bisa menjadi mahasiswa di kampus ini Anda harus bersaing dengan puluhan ribu siswa selain itu juga mendapatkan kursi untuk belajar di kampus satu ini. Unpad ini termasuk kampus dengan penyumbang tokoh intelektual yang paling banyak di Indonesia ini.  Banyak sekali alumni yang menjadi tokoh besar dan juga tokoh penting di Indonesia.


Peringkat Universitas Padjajaran

Unpad ini masuk kedalam 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Pemeringkatan itu dirilis oleh QS WUR tepatnya pada bulan Juni lalu. Dalam pemeringkatan tersebut Unpad berada di peringkat ke-7 nasional sedangkan di dunia ini berada di posisi 801 sampai dengan 1.000 dunia. Dibandingkan dengan tahun lalu Unpad ini berhasil naik peringkat dibanding tahun lalu.

Tidak cukup sampai disitu saja namun Unpad juga mendapatkan prestasi dan juga pemeringkatan dari Times Higher Education atau THE Asia University Rankings 2021. Unpad baru pertama kali masuk ke dalam pemeringkatan THE dimana dalam skala nasional berada di posisi ke-8. Untuk peringkat dunia ini Unpad berada di posisi 401+ tingkat Asia.

Ada lima parameter yang dinilai oleh Unpad ini. Dari lima parameter yang dinilai itu Unpad memiliki keunggulan dari parameter pengajaran atau yang disebut dengan teaching. Pada parameter pengajaran ini Unpad posisinya berada ke-4 nasional.

Alumni Terkenal

Unpad ini memiliki banyak alumni yang mana memiliki prestasi di bidangnya. Sebagai lulusan yang unggul maka tidak hanya diukur dari kemampuan akademik saja. Lulusan unggul juga dilihat dari aktivitas kemahasiswaan, kepribadian dan juga visi terhadap lingkungan di sekitar.

Salah satu alumni terkenal adalah Ahmad Fuadi yaitu penulis novel trilogi 5 menara, ranah 3 warna dan rantau 1 muara. Meski tergolong baru, karya Ahmad Fuadi berhasil sukses di pasaran dan novelnya ini mampu masuk di jajaran best seller di tahun 2009.

Banyak pembaca mengakui setelah membaca novel tersebut semakin semangat untuk mengukir prestasi. Tidak mengherankan jika buku itu diadaptasi dan diangkat ke layar lebar di tahun 2012. Ahmad Fuadi ini merupakan alumni lulusan Unpad jurusan HI atau Hubungan Internasional.

Selanjutnya ada Megawati Soekarnoputri. Tentu saja masyarakat Indonesia sudah tahu dengan sosok satu ini. Megawati merupakan presiden Indonesia ke-5 di masa jabatan 23 Juli 2001 sampai dengan 20 Oktober 2004. Megawati pernah menuntut ilmu di Unpad namun tidak sampai lulus mengambil di bidang pertanian.

Selain mereka, ada beberapa alumni lainnya yang terkenal seperti Salman Aristo yaitu penulis skenario film, ada Soleh Solihun yaitu stand-up comedian atau yang biasa disebut dengan comic.  Soleh sudah memulai lawak sejam masih jadi mahasiswa Unpad. 


Unpad menjadi kampus favorit di Indonesia sehingga persiapkan diri Anda sebaik-baiknya agar bisa lolos seleksi masuk di kampus ini, selain itu selalu update informasi agar tidak ketinggalan informasi penting.



Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.