Universitas Negeri Semarang

Rp 500.000 - Rp 8.250.000/Semester
Akreditasi A
4.6

Alamat

Gedung H (rektorat) Kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati

Semarang, Jawa Tengah, 50229

Cek Map

Kontak

sm@mail.unnes.ac.id
024-8508092

Highlights

Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah universitas berwawasan konservasi. Visi UNNES adalah menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional. Sebagai lembaga pendidikan, UNNES bertekad mengembangkan diri menjadi rumah ilmu pengembang peradaban unggul. Dengan tekad itu, UNNES menjaga jati dirinya sebagai lembaga ilmu pengetahuan yang bertugas mengembangkan potensi sumber daya manusia Indonesia untuk membangun keunggulan bangsa dan manfaat bagi manusia dan kemanusiaan. Secara akademik, kegiatan pengembangan keilmuan dilaksanakan di program studi, laboratorium, dan kegiatan lainnya. Adapun secara nonakademik, ilmu menjadi dasar dalam pengelolaan dan pengambilan kebijakan universitas. Sebagai lembaga pendidikan UNNES menjalankan tugas kebangsaan untuk menyelenggarakan pendidikan mengembangkan peradaban unggul demi kepentingan bangsa, negara, dan masyarakat dunia. Peradaban unggul yang dimaksudkan adalah sumber daya manusia yang unggul, nilai-nilai yang unggul. Untuk meraih itu, UNNES menyelenggarakan program pendidikan vokasi (D3), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan pendidikan profesi. Terdapat 85 program studi yang dikelola dalam delapan fakultas dan program pascasarjana.

Mengenal Universitas Negeri Semarang (UNNES), PTN Favorit ke-4 SNMPTN


Universitas Negeri Semarang biasa disebut dengan UNNES.  Visinya adalah menjadi universitas dengan wawasan konservasi dan bereputasi internasional. Visi ini memiliki cara pandang dan sikap perilaku. Yang masuk kedalam orientasinya konservasi adalah pengawetan, pemeliharaan, dan penjagaan. Setelah itu ada pelestarian dan pengembangan.

Universitas ini menjadi kampus favorit ke-4 SNMPTN tahun 2021. Hal ini terlihat bahwa peminat UNNES ini mengalami kenaikan signifikan pada tahun 2021. Terdapat 40.778 calon mahasiswa yang mendaftarkan dirinya di UNNES ini. Hal itu diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT secara daring. Tahun lalu hanya tercatat 24 ribu saja dan tahun ini pendaftar naik lebih dari 20 ribu orang.


Prestasi dan Peringkat UNNES

Universitas Negeri Semarang atau UNNES ini kembali menorehkan prestasi. UNNES ini juga menduduki peringkat ke-7 perguruan tinggi di dunia. Dimana peringkat tersebut berdasarkan dengan penilaian yang dilakukan oleh pemeringkatan UNS Jawametrik 2021. Dalam pemeringkatan ini UNNES ini bersaing di beberapa perguruan tinggi seperti UNS, UGM, UI, UNESA, UNY, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, UNNES ini juga mendapatkan peringkat dalam kategori TOP 10 Islamic Universities in The World se Indonesia. Peringkat kedua ditempati Universitas Muhammadiyah Malang dimana pemeringkatan ini dilakukan oleh 41CU atau 4 International College and Universities.

Pemeringkatan 4ICU ini tujuannya untuk bisa menyediakan tabel pemeringkatan yang mana sifatnya adalah non akademik. Universitas terbaik di Indonesia akan dinilai berdasarkan pada metrik web dimana metrik ini valid, tidak bisa dipengaruhi dan juga tidak biasa.  

Ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh universitas adalah telah di akreditasi oleh badan akreditasi nasional maupun setempat, menyediakan pendidikan sarjana atau pasca sarjana. Selanjutnya adalah penyelenggaraan pendidikan menggunakan sistem tradisional, tatap muka maupun non jarak jauh.

Alumni Terkenal

Ada beberapa alumni terkenal UNNES yang terkenal dan menjadi orang yang berpengaruh di Indonesia. Salah satu alumninya adalah Kurniasih Mufidayati yaitu akademisi dan politisi dari PKS atau Partai Keadilan Sejahtera. Dia merupakan anggota DPR RI periode 2019-2024 dari  pemilihan DKI Jakarta 2.  Sebelum menjadi anggota DPR RI ini menjabat sebagai DPRD DKI Jakarta di periode 2009-2014.

Kurniasih Mufidayati ini merupakan lulusan IKIP Semarang yang mana saat ini berubah menjadi UNNES. Dia menyelesaikan pendidikan Bahasa Inggris dan mendapatkan gelar sarjana atau S1. Kemudian melanjutkan pendidikan di S2 Ilmu Administrasi dan Kebijakan Pendidikan UI, dan yang terakhir adalah S3 Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

Alumni terkenal selanjutnya adalah Bambang Dwi Hartono. Dia lebih dikenal dengan sebutan Bambang D.H. Dia pernah menjabat wali kota sejak tahun 2002 – 2005 dan 2005 – 2010 selama 2 periode. Bambang D.H. ini merupakan walikota Surabaya kalangan sipil pertama yang mana ada di era reformasi. Ia mundur jadi wakil wali kota karena maju sebagai calon gubernur Jawa Timur dari PDI perjuangan tahun 2013.


Jika Anda tertarik untuk kuliah di UNNES ini pastikan jika Anda mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan mencari informasi terkini tentang kampus ini agar tidak ketinggalan berita penting dan tidak boleh Anda lewatkan, semoga informasi ini bermanfaat.



Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.