Jurusan Ilmu Komunikasi

Nama lain program studi

Manajemen Komunikasi

Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Pelajaran SMA terkait

Sosiologi

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Deskripsi

Ilmu Komunikasi sangat erat di kalangan masyarakat. Dalam kehidupan tidak akan lepas dari yang namanya komunikasi. Mengobrol bersama dengan teman ini juga termasuk dalam komunikasi. Jenis komunikasi ada dua macam yaitu satu arah dan dua arah.

Untuk jurusan komunikasi ini merupakan bidang studi yang mana mempelajari berbagai macam komunikasi di dalam berbagai tingkatan. Baik itu mulai dari individu, media, iklan dan juga intercultural. Ilmu satu ini juga belajar tentang media sosial sampai dengan seni. Ilmu ini berhubungan erat dengan masalah fundamental bahkan mengatur hubungan antara manusia satu dengan lainnya.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Ilmu Komunikasi

Mengenal Ilmu Komunikasi, Jurusan dengan Prospek Kerja yang Luas!

Pengetahuan dan Keahlian

Ada beberapa pengetahuan dan juga keahlian yang bisa Anda dapatkan dengan memilih jurusan satu ini. Anda akan mendapatkan kemampuan untuk bicara di depan umum. Ada juga akan belajar kemampuan dasar desain dan juga dasar fotografi. Anda bisa mendapatkan kemampuan berpikir secara out of the box dan selanjutnya adalah kemampuan menulis kreatif. Anda juga akan belajar kerjasama team atau teamwork.

Alasan Memilih Jurusan Komunikasi

Ilmu komunikasi ini tidak akan pernah lekang oleh waktu, alasannya adalah dimanapun Anda berada komunikasi ini selalu dibutuhkan. Anda lulus dari jurusan ini akan memiliki banyak kemampuan seperti menulis, berbicara dan juga mendengarkan tentu hal ini bisa menjadi paket komplit untuk Anda.

Lulusan jurusan komunikasi ini memiliki prospek yang luas untuk bekerja di media. Anda bisa bekerja di media televisi, radio, koran sampai dengan digital. Lulusan dari Ilmu Komunikasi ini juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan untuk ditempatkan di bagian PR atau Public Relations. PR di perusahaan ini memiliki peranan yang sangat vital dan menjadi ujung tombak bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan pihak yang lainnya.  

Pada divisi marketing juga membutuhkan lulusan satu ini untuk bisa melakukan promosi dengan maksimal. Anda juga memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana. Ada berbagai macam pilihan bidang minat di berbagai kampus yang bergengsi. Kampus ini ada di skala nasional dan juga internasional.

Prospek Kerja

Peluang karir untuk lulusan jurusan komunikasi ini sangat luas dan juga banyak. Lulusan dari jurusan satu ini bisa masuk ke dunia kerja periklanan, marketing maupun broadcasting. Anda bisa bekerja di berbagai jenis perusahaan, agensi maupun media. Anda juga bisa bekerja di instansi pemerintah. 

Jenjang karir yang ditawarkan untuk jurusan ini pun sangat beragam. Soal gaji awal Anda tidak perlu ragu karena gaji yang ditawarkan sangat kompetitif. Gaji yang akan Anda dapatkan ini sangat tergantung dengan kemampuan, tempat atau perusahaan Anda bekerja, selain itu juga sesuai dengan pengalaman yang Anda miliki.

Beberapa pilihan karir yang bisa Anda geluti adalah product manager, bagian penjualan dan juga pelayanan konsumen, penyiar, dan video editor. Anda juga bisa bekerja sebagai jurnalis atau reporter, penulis konten, editor, content creator, dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah beberapa informasi tentang Ilmu Komunikasi yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.