Jurusan Teknik Informatika

Nama lain program studi

Ilmu Informatika

Informatika

Teknik Informatika

Manajemen Informatika

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Teknik Informatika atau TI menjadi jurusan yang saat ini banyak diminati. Di era digital saat ini jurusan TI dianggap prospektif dan banyak dibutuhkan. TI ini merupakan ilmu yang mana mempelajari tentang bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal untuk menangani masalah transformasi atau mengolah data. Selain itu juga bisa juga berhubungan dengan proses logika. Selama kuliah ini Anda akan banyak mengkaji pemrograman dan juga komputasi. Anda juga akan dibekali dengan keterampilan merancang perangkat lunak sehingga jurusan TI ini sangat keren.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Teknik Informatika

Bagaimana Prospek Jurusan Teknik Informatika? Simak Informasinya Disini!

Pengetahuan dan Keahlian

Ada berbagai macam pengetahuan dan keahlian yang akan diajarkan kepada mahasiswa TI. Pengetahuan dan keahlian yang pertama adalah kemampuan dalam melakukan analisis. Selanjutnya adalah kemampuan untuk berpikir logis dan kemampuan berpikir secara sistematis.

Anda juga akan mendapatkan kemampuan problem solving terutama jika program error dan tidak berjalan sesuai dengan harapan. Anda juga akan mendapatkan kemampuan bekerja secara mandiri atau tim. Selanjutnya adalah kemampuan memahami bahasa pemrograman, keterampilan rekayasa informatika, dan Anda akan diajarkan kreatif, tekun, teliti dan juga detail.

Prospek Kerja

Lulusan Teknik Informatika ini bisa mendapatkan nilai jual yang patut untuk dibanggakan. Lulusan TI sangat dibutuhkan untuk bisa merancang dan juga membangun perangkat lunak. Anda juga akan mengembangkan cara baru yang efektif dan juga efisien untuk bisa menangani berbagai macam masalah komputasi. Ada banyak sekali pilihan karir yang bisa dipilih oleh fresh graduate, selain itu jenis dan juga jenjang karirnya cukup variatif.

Gaji awal untuk junior lulusan TI kurang lebih 5 juta rupiah dimana pekerjaannya sebagai staf pada bidang teknologi dan juga informasi di suatu perusahaan. Besaran gaji ini tergantung dengan kemampuan, area tempat bekerja, jenis pekerjaan dan juga pengalaman yang dimiliki. 

Dunia Perkuliahan

Masih banyak yang bingung dengan dunia perkuliahan jurusan Teknik Informatika ini. Jurusan ini tidak hanya sekedar menginstal perangkat lunak yang ada di komputer saja namun mahasiswa TI inilah yang akan merancang perangkat lunak tersebut. Selama 4 tahun ini Anda akan dibekali dengan ilmu pemrograman, pengembangan perangkat lunak bahkan basis data. Selain bahasa pemrograman Anda akan diajari tentang kecerdasan buatan dan juga multimedia.

Anda juga akan belajar cara memecahkan berbagai macam masalah komputasi, mencari informasi dan juga miliaran dokumen web. Tidak hanya itu saja Anda juga akan belajar memproses jutaan permintaan secara bersamaan. Anda juga akan belajar tentang menciptakan sistem keamanan dan masih banyak lagi lainnya.

Mata kuliah yang diajarkan dan ditemukan di jurusan Teknik Informatika adalah Sistem Digital, Struktur Data, PBO atau Pemrograman Berorientasi Objek, Komputasi Numerik, Sistem Basis Data, Organisasi Komputer, Manajemen Basis Data, Kecerdasan Buatan dan masih banyak lagi lainnya.

Jurusan Teknik Informatika ini sangat menjanjikan karena teknologi akan terus berkembang dengan pesat dan saat ini masyarakat sudah banyak berteman dan dimudahkan dengan teknologi sehingga jurusan satu kedepannya akan sangat menjanjikan.