Universitas Islam Indonesia

Rp 11.850.000 - Rp 20.950.000/Semester
Akreditasi A
4.8

Alamat

Jl. Kaliurang km 14.5, Ngemplak

Sleman, Di Yogyakarta, 55584

Cek Map

Kontak

admisi@uii.ac.id
0274-898444

Highlights

Universitas Islam Indonesia (UII) adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia. Terinspirasi oleh semangat nasionalisme dan berpedoman pada nilai-nilai perennial, UII didirikan satu bulan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Saat ini, UII telah tumbuh berkembang menjadi tempat pembelajaran yang terpilih. Berlokasi di utara Yogyakarta, jantung kebudayaan Jawa, kampus utama UII tepat menghadap ke keindahan Gunung Merapi yang menakjubkan, yang menjadikan UII sebagai tempat yang tepat untuk belajar. Dengan 3 program Doktor, 9 program Magister, 4 program Profesi, 25 program studi Sarjana, dan 4 program Diploma yang mencakup spektrum ilmu pengetahuan yang luas, UII memungkinkan mahasiswanya untuk menemukan dan meningkatkan potensi dirinya untuk meraih masa depan yang cemerlang.

Mengenal Universitas Islam Indonesia, Kampusnya Orang Besar di Indonesia


Universitas Islam Indonesia sering disebut dengan UII.  UII merupakan universitas Islam tertua yang ada di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa UII ini merupakan pionir pendidikan tinggi yang ada di Indonesia. UII memiliki akar yang kuat di dalam tradisi kebebasan akademik dimana keberagaman pemikiran ini mendapatkan ruang apresiasi yang tinggi. 

UII adalah universitas swasta tertua yang ada di Indonesia. Kampus ini didirikan sebulan sebelum kemerdekaan RI.  Bahkan kampus ini mendapatkan akreditasi A yang artinya adalah sangat bagus dimana yang memberikan akreditasi adalah BAN PT sejak tahun 2013. UII ini memiliki segudang prestasi di level nasional maupun internasional. UII mendapatkan akreditasi internasional yaitu Japan Accreditation Board of Engineering Education atau JABEE. Akreditasi itu diberikan kepada Prodi Teknik Sipil UII.


Peringkat Nasional dan Internasional

UII juga masuk ke dalam universitas Islam Terbaik yang ada di Indonesia di tahun 2021 ini.  Pemeringkatan ini dilakukan oleh Webometrics yaitu merupakan penilaian yang menggunakan versi dari lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di dunia. Penilaian tersebut menggunakan empat indikator utama yang mana meliputi presence, impact, openness dan excellence. Yang menarik adalah tiga dari tujuh kampus Islam terbaik ini ada di Yogyakarta.

UII ini memiliki peringkat ke-34 nasional, UII ini juga menjadi kampus Islam terbaik nomor tiga terbaik yang ada di Indonesia.  Pada peringkat nomor dua diduduki oleh UAD dan  pada posisi pertama ini diduduki oleh UMY.  Pada posisi keempat diisi oleh Universitas Islam Negeri di Bandung, peringkat kelima ada di Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS, posisi ke-6 ada UIN Jakarta dan posisi yang ke-7 ini ada UMM.

Alumni Terkenal

Banyak alumni terkenal UII yang saat ini menjabat posisi penting dan strategis di Indonesia. Alumni pertama adalah Mahfud MD. Mahfud MD ini merupakan seorang politisi, akademisi dan juga hakim yang berkebangsaan Indonesia. 

Saat ini dia menjabat sebagai Menteri Koordinator dalam Bidang Politik. Ia juga menjabat sebagai Keamanan RI di Kabinet Indonesia Maju tahun 2019 sampai dengan 2024. Mahfud MD ini mengambil Sarjana Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Mahfud juga menjadi Profesor Hukum Tata Negara, UII, Yogyakarta.

Alumni terkenal kedua adalah almarhum Artidjo Alkostar. Dia merupakan seorang pengacara kondang dan juga akademisi hukum Indonesia. Dia juga menjabat sebagai Hakim Agung dan juga menjadi Ketua Kamar Pidana MA yang mana terkenal dengan vonisnya bisa memperberat hukuman pidana korupsi.  

Di akhir hayatnya dia menjabat sebagai Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi pada tahun 2019 sampai dengan 2023. Artidjo ini meraih pendidikan di Fakultas Hukum universitas Islam Indonesia pada tahun 12976.

Alumni terkenal lainnya ada Muhammad Syarifudin, Jawahir Thontowi, M. Busyro Muqoddas, Marwan Jafar, Darmono, Artika Sari Devi, Lafran Pane, Pramoedya Ananta Toer, Herry Zudianto, Fajar Nugros dan masih banyak lagi lainnya.


UII memang banyak menghasilkan tokoh-tokoh besar di Indonesia, jika Anda ingin kuliah disini persiapkan diri Anda sebaik-baiknya dimana disini Anda bisa belajar lebih seimbang karena menyelaraskan akademik dengan pendidikan agama Islam.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.