Universitas Katolik Parahyangan

Rp 5.940.000 - Rp 6.600.000/Semester
Akreditasi A
5

Alamat

Jl. Ciumbuleuit No 94

Bandung, Jawa Barat, 40141

Cek Map

Kontak

admisi@unpar.ac.id
022-2032655

Highlights

Universitas Katolik Parahyangan merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta tertua di Indonesia, didirikan pada tahun 1955. Universitas yang kokoh dengan Spiritualitas dan Nilai-Nilai Dasar: humanum religiosum, caritas in veritate dan bhineka tunggal ika serta didasarkan sesanti Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti. Universitas yang senantiasa dipandu oleh Visi dan Misinya menuju Great University yang menjadi tempat pilihan untuk pengembangan diri dengan pengakuan akan kualitas dan reputasinya baik skala nasional maupun internasional.

Universitas Katolik Parahyangan, Kampusnya Para Publik Figur yang Terkenal


Universitas Katolik Parahyangan sering disebut dengan Unpar. Kampus ini menjadi Universitas Katolik pertama di Indonesia, didirikan sejak tahun 1955. Pendiriannya ditunjukkan untuk bisa memenuhi kebutuhan SDM yang berpendidikan tinggi di Indonesia. Awalnya berupa Akademi Perniagaan yang saat ini menjadi Fakultas Ekonomi. 

Sampai saat ini Unpar ini melahirkan begitu banyak alumni yang hebat. Alumni juga memiliki karakter dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sama seperti dengan perguruan tinggi yang lainnya dimana akan semakin bagus jika memiliki prestasi yang membanggakan. Unpar pun menunjukkan kualitasnya dengan masuk ke dalam kampus terbaik di Indonesia maupun di Asia. 


Peringkat Unpar

Tercatat sebanyak 17 universitas di Indonesia masuk ke dalam 400 peringkat kampus terbaik di Asia. Pemeringkatan dilakukan oleh QS atau Quacquarelli Symonds. Unpar ini masuk ke dalam 400 perguruan tinggi terbaik. PTS satu ini memiliki visi “The Great Unpar” menjadi komunitas akademik humanis yang bisa mengembangkan potensi lokal sampai ke tingkat global agar bisa meningkatkan martabat manusia dan juga keutuhan alam ciptaan.

QS sendiri merupakan perusahaan asal Inggris yang bergerak dalam pemeringkatan bidang pendidikan. Setiap tahunnya ini QS ini melakukan penelitian dan juga menerbitkan data tentang QS WUR. Sistem ini melakukan pemeringkatan terhadap universitas yang ada di dunia disesuaikan dengan subjek, wilayah dan juga usia dari institusi.

Tidak hanya sampai disitu saja, Unpar ini juga masuk ke dalam pemeringkatan perguruan tinggi nasional yang mana dilakukan oleh Kementerian Riset atau Badan Riset dan Inovasi Nasional atau Riset/BRIN dulunya bernama Ristekdikti. 

Pada pemeringkatan tahun 2019 ini Unpar mempertahankan kualitasnya menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Posisi Unpar mampu masuk ke dalam tiga peringkat klaster perguruan tinggi.  Unpar dimasukkan ke dalam perguruan tinggi klaster 2. Peringkatnya adalah 26 dari total 2141 perguruan tinggi dan sudah dievaluasi oleh Ristek atau BRIN.

Alumni Terkenal

Ada banyak alumni terkenal Unpar yang sudah banyak dikenal publik.  Alumni yang pertama ada Tulus. Suaranya yang khas membuat Tulus menjadi cepat terkenal, lagu-lagu galaunya pun sangat enak di dengar sehingga tidak mengherankan jika lagunya cepat terkenal. Banyak yang tidak menyangka jika Tulus ini merupakan alumni Unpar dan mengambil jurusan arsitek tahun 2007.

Unpar melahirkan banyak publik figur yang terkenal. Alumni selanjutnya ada Dewi Lestari. Penyanyi terkenal satu ini lagunya terkenal dan enak di dengar bagi pecinta musik di Indonesia.  Lagu Malaikat Juga Tahu sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena liriknya yang begitu menyentuh. 

Dewi Lestari ini merupakan alumni Unpar jurusan Hubungan Internasional dan seorang yang multitalenta, selain penyanyi dia juga menulis lagu, buku dan juga film. Alumni lainnya adalah Vicky Shu, Rini Sugianto, Bima Arya, Hotman Paris Hutapea, Otto Cornelis Kaligis dan masih banyak lagi lainnya.


Demikianlah beberapa informasi Unpar yang menarik dan sayang untuk dilewatkan, semoga informasi ini bermanfaat.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.