Jurusan Ekonomi Islam

Nama lain program studi

Ekonomi Islam

Ekonomi Syariah

Hukum Ekonomi Syariah

Ilmu Ekonomi Syariah

Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam

Hukum Eknomi Syariah

Muamalah

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Matematika

Deskripsi

Ekonomi Islam disebut juga dengan ekonomi syariah. Umumnya di jurusan ini Anda akan mempelajari berbagai macam subjek yang sama dengan jurusan Ekonomi pada umumnya. Anda akan mempelajari tentang sumber daya, kajian, prinsip ekonomi baik itu makro atau mikro. Anda juga akan mempelajari perdagangan Internasional dan lain sebagainya.

Yang membedakan antara jurusan Ekonomi maupun Ekonomi Syariah adalah Anda akan mengkaji berbagai macam prinsip ekonomi yang mana sesuai dengan prinsip syariah Islam. Ekonomi ini akan berlandaskan kepada Al-Quran dan hadist. Anda akan mempelajari kaidah-kaidah fiqh maupun turunan. Anda tetap mendapatkan materi kuliah yang hubungannya dengan Ekonomi Konvensional.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Ekonomi Islam

Mengenal Jurusan Ekonomi Islam atau Syariah yang Sedang Banyak Diminati!

Pengetahuan dan Keahlian

Ada beberapa pengetahuan dan juga keahlian yang bisa Anda dapatkan dimana yang pertama adalah kemampuan analisis. Anda juga mendapatkan kemampuan komunikasi, kemampuan logika dan juga matematika dasar. Anda akan mendapatkan kemampuan deskripsi, meneliti dan juga kemampuan untuk berpikir logis dan lebih terstruktur.

Dunia Kuliah

Ekonomi Syariah terbagi kedalam beberapa konsentrasi seperti Ilmu Ekonomi Islam, Manajemen Keuangan Islam dan Akuntansi dengan Basis Syariah. Anda juga akan belajar tentang Perbankan Syariah Kebijakan Makro islam dan juga Kewirausahaan Islam. Setiap konsentrasi tersebut memiliki keseruan dan tantangan sendiri dimana Anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan dan juga cita-cita Anda kedepannya.

Tentang tugas dan mata kuliah yang akan Anda hadapi sama dengan jurusan yang lainnya. Anda akan menghadapi makalah, presentasi dan juga observasi di lapangan. Yang harus Anda ketahui adalah tidak ada syarat yang menyatakan bahwa Anda adalah muslim untuk masuk ke jurusan satu ini. Anda seorang non muslim pun bisa masuk ke jurusan ini.

Mata kuliah yang akan Anda pelajari disini pun lebih spesifik dimana Anda akan belajar tentang Metode Statistika, Filosofi Ekonomi Syariah, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Fiqh Muamalah, Ushul Fiqh dan Ekonomi Moneter Islam. Anda juga akan mempelajari mata kuliah lainnya yang berhubungan dengan ekonomi Islam seperti Ekonomi Pembangunan Islam dan lain sebagainya.

Prospek Kerja

Anda bisa meniti karier secara profesional. Anda tidak perlu bingung lagi karena banyak sekali pilihan karier yang bisa didapatkan. Anda bisa bekerja di lembaga keuangan, layanan kemasyarakatan sampai dengan sistem bisnis yang mana nuansa syariah dimana bisnis ini sudah banyak menjamur di Indonesia.

Beberapa pilihan pekerjaan yang bisa Anda geluti adalah peneliti, pegawai asuransi, wirausaha, bekerja di finance, dosen, ekonom dan Anda bisa bekerja di sales di sebuah perusahaan maupun lembaga keuangan. Gajinya pun kompetitif namun besaran gaji ini sangat tergantung dengan perusahaan tempat bekerja, pengalaman dan juga profesionalitas Anda.

Tren ekonomi berbasis syariah ini akan terus meningkat dan berkemban sehingga Anda bisa mengambil jurusan Ekonomi Islam karena prospek kerjanya begitu luas dan cerah, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.