Universitas Jember

Rp 500.000 - Rp 20.000.000/Semester
Akreditasi A
4.7

Alamat

Jl. Kalimantan No 37 Kampus Tegalboto, Sumbersari

Jember, Jawa Timur, 68121

Cek Map

Kontak

humas@unej.ac.id
0331-330224

Highlights

Cikal bakal Universitas Jember berasal dari gagasan dr. R. Achmad bersama-sama dengan R. Th. Soengedi dan R. M. Soerachman yang bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut pada tanggal 1 April 1957, ketiganya membentuk panitia yang diberi nama Panitia Triumviraat dengan komposisi Ketua dr. R. Achmad; Penulis R. Th. Soengedi, dan Bendahara R. M. Soerachman. Selanjutnya Panitia Triumviraat ini pada tanggal 5 Oktober 1957 membentuk yayasan dengan nama Yayasan Universitas Tawang Alun (disahkan dengan Akta Notaris tanggal 8 Maret 1958 Nomor 13 di Jember). Yayasan Universitas Tawang Alun inilah yang kemudian mendirikan universitas swasta di Jember dengan nama Universitas Tawang Alun yang kemudian disingkat UNITA. Dalam perjalanannya, ketiga tokoh tersebut mendapatkan dukungan penuh Bupati Jember saat itu, R. Soedjarwo. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 151 Tahun 1964 tanggal 9 Nopember 1964, tentang didirikannya Universitas Negeri di Jember. Usaha tanpa kenal lelah sejak tahun 1957 itu akhirnya berhasil menjadi kenyataan, Universitas Negeri Djember berdiri.

Universitas Jember, PTN Favorit di Jawa Timur yang Bisa Anda pertimbangkan!


Universitas Jember atau UNEJ ini merupakan PTN yang dimiliki oleh Indonesia.  Jember merupakan kota dengan hawa yang tropis dan juga sejuk kemudian letaknya ada di tenggara Provinsi Jawa Timur. Motto dari kampus ini adalah “Karya rinaras ambuka budi, gapura mangesti aruming bawana”.

Kampus ini berdiri berkat gagasan dari Dr. R. Achmad dengan R. Th Soengadi dan juga R. M. Soerachman untuk mendirikan perguruan tinggi yang ada di Jember. Ketiga tokoh itu membentuk yayasan dengan nama Universitas Tawang Alun yang kemudian disingkat menjadi UNITA. Pendirian kampus itu mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Setelah itu UNEJ didirikan pada tahun 1964. Sebelum jadi UNEJ universitas ini dikenal dengan UNED namun karena EYD menjadi UNEJ.


Peringkat Universitas Jember

Webometrics Ranking of Wolf Universities ini merilis hasil dari pemeringkatan perguruan tinggi. Penilaian tersebut didasarkan pada website masing-masing kampus yang ada di dunia. Totalnya ada 32 ribu kampus yang masuk ke dalam daftar pemeringkatan Webometrics termasuk salah satu universitas yang ada di Indonesia.

Webometrics memiliki beberapa metode untuk mendapatkan pemeringkatan dan sudah dilakukan sejak tahun 2004. Pemeringkatan oleh Webometrics, menilai bahwa UNEJ atau Universitas Jember ini berada di peringkat 10 di Indonesia. 

UNEJ ini aspek impactnya berada di peringkat 1427, openness berada di peringkat 1363, excellence peringkat 3688. Khusus peringkat dunia menempati posisi 2053 dunia. Dosen tetap berjumlah 1202, jumlah mahasiswanya adalah 34.463 dan Jember sendiri merupakan salah satu lokasi menarik dan juga banyak tempat wisatanya.

Alumni Terkenal Jember

Ada banyak alumni terkenal lulusan dari UNEJ dimana mereka saat ini menduduki kursi pemerintahan daerah maupun pusat. Alumni terkenal pertama ada Muhammad Sarmuji yang mana memulai perjalanan politik menjadi anggota dari Partai Golongan Karya. Sarmuji ini merupakan alumni UNEJ, dia mengambil jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan lulus pada tahun 2000.

Alumni terkenal selanjutnya ada Lastri Berry Wijaya yang mana merupakan seorang jurnalis dan fotografer profesional asal indonesia. Dia bekerja sebagai jurnalis untuk Majalah Tiras dan juga Majalah Tajuk sampai dengan tahun 1999. Sejak tahun tersebut ia bekerja sebagai fotografer dan juga jurnalis di Agence France-Presse dan mewakili negara Indonesia. 

Selanjutnya ada Charles Meikyansah yang mana merupakan anggota Komisi IV dan anggota Badan Anggaran DPR RI periode 2019 sampai dengan 2024.  Dia merupakan anak kedua dari pasangan tujuh bersaudara dan menetap di Jakarta bersama dengan istrinya. Dia lulus dari UNEJ jurusan Hubungan Internasional.

Alumni yang terakhir ada Gatot Sudjito yaitu politikus Indonesia dari Partai Golkar dan menjabat sebagai DPR RI. Dia mewakili pemilihan Jawa Timur VII dari tahun 2014 sampai dengan 2021. Masih banyak alumni lainnya yang menjadi orang besar di Indonesia seperti Didik Mangkuprojo, Nursuhud, Muhammad Nur Purnamasidi dan sebagainya.


Demikianlah beberapa informasi tentang UNEJ yang menarik untuk Anda simak, semoga informasi ini bermanfaat.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.