Jurusan Hubungan Internasional

Nama lain program studi

Hubungan Internasional

Ilmu Hubungan Internasional

Pelajaran SMA terkait

Sosiologi

Deskripsi

Hubungan Internasional sering disebut dengan HI. Jurusan ini akan mengajarkan kepada Anda tentang suatu upaya menghadapi tantangan internasional. Tantangan itu misalnya tidak adanya keseimbangan dalam perdagangan dunia. Selain itu ada tantangan dari isu keamanan, masalah lingkungan secara global sampai dengan kemiskinan.

Dengan mengambil jurusan HI ini Anda bisa merasakan atmosfer Internasional melalui pertemuan penting yang ada di dunia dimana salah satunya adalah sidang PBB. Jurusan HI ini juga memiliki tugas menjaga hubungan antar negara tetap berjalan dengan baik.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Hubungan Internasional

Kupas Tuntas Jurusan Hubungan Internasional, Anda Wajib Tahu!

Mengapa Jurusan HI?

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil Jurusan Hubungan Internasional. Yang pertama, lulusan jurusan satu ini akan memiliki peluang untuk bisa bergabung dengan lembaga internasional seperti PBB. Jika Anda menguasai bahasa asing seperti bahasa Arab, Perancis, Rusia, Spanyol, Tionghoa maupun Inggris, kemampuan Anda tersebut bisa membuat Anda bisa bergabung dengan lembaga internasional.

Alasan selanjutnya dengan memilih jurusan ini Anda akan dibentuk menjadi orang yang siap untuk go Internasional. Saat ini semakin banyak perusahaan multinasional sehingga lapangan kerja bagi HI ini akan semakin lengkap dan bervariasi. Anda akan memiliki kemampuan dalam melakukan analisis masalah di dunia internasional. Industri dalam bidang media ini juga membutuhkan lulusan jurusan H baik itu di depan maupun di belakang layar.

Prospek Kerja

Ada banyak peluang karir yang mana menanti lulusan Jurusan HI. Jenis dan jenjang karirnya juga sangat bervariasi, selain itu gaji yang ditawarkan untuk entry level ini pun sangat kompetitif. Gaji yang akan Anda dapatkan ini sangat tergantung dengan tempat Anda bekerja.

Rata-rata lulusan Hubungan Internasional ini memiliki cita-cita diplomat. Menjadi bagian dari KEMENLU atau Kementerian Luar Negeri RI sangat menarik karena Anda akan memiliki kesempatan untuk keliling dunia dan menjadi representasi Indonesia.

Selain Diplomat ada pekerjaan di bidang lain yang bisa didapatkan lulusan HI ini. Anda bisa bekerja sebagai politisi, eksportir, jurnalis atau reporter, konsultan di dalam bidang pendidikan, chocolatier, Arsiparis, Sistem Analis, Editor dan masih banyak lagi lainnya.

Dunia Perkuliahan

Kuliah di jurusan HI ini Anda tempuh selama 4 tahun atau 8 semester. Anda akan mempelajari hubungan antar negara. Hal lainnya yang akan Anda pelajari adalah keamanan dan politik, perdamaian dan konflik, pembangunan internasional, ekonomi politik dan masih banyak lagi lainnya. Materi yang akan diajarkan adalah globalisasi, organisasi internasional, sistem politik internasional, keuangan global, hak asasi manusia dan masih banyak lagi lainnya.

Mata kuliah yang akan Anda temui adalah Politik Internasional, Organisasi Internasional, Sejarah Diplomasi, Hukum Internasional, HI di Eropa, HI di Timur Tengah dan Afrika, HI di Asia Timur dan lain-lain. Setelah lulus Anda akan mendapatkan gelar yang beragam tergantung dengan kampus Anda. Ada kampus yang memberikan gelar Sarjana Hubungan Internasional, Sarjana Sosial bahkan Sarjana Ilmu Politik.

Jurusan Hubungan Internasional ini memiliki prospek yang cerah, jika ingin melanjutkan studi Anda bisa memilih program pascasarjana yang ditawarkan oleh kampus bergengsi di dalam maupun di luar negeri.