Jurusan Sistem Informasi

Nama lain program studi

Sistem Informasi

Teknologi Informasi

Sistem Dan Teknologi Informasi

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Sistem Informasi atau SI menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis atau manajemen. Di jurusan SI ini Anda akan belajar melakukan identifikasi kebutuhan beserta proses bisnis perusahaan. Lulusan ini juga akan melakukan analisis terhadap data-data yang dimiliki oleh perusahaan. Setelah itu Anda bisa merancang sistem yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain belajar tentang teknik pemrograman Anda juga akan dituntut untuk belajar tentang bisnis di perusahaan.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Sistem Informasi

Era Digital, Lulusan Sistem Informasi Semakin Banyak Dibutuhkan!

Kenapa Memilih Jurusan Sistem Informasi?

Ada banyak alasan mengapa Anda sebaiknya memilih jurusan SI ini dimana yang pertama adalah prospek karir dari lulusan satu ini begitu menjanjikan. Semakin pesatnya perkembangan teknologi di zaman digital seperti saat ini lulusan SI ini banyak dibutuhkan.

Ahli dari Sistem Informasi ini juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang bisa menjembatani antara programmer dengan user di dalam membangun sebuah sistem. Selain perusahaan lulusan jurusan ini juga banyak dibutuhkan oleh institusi pemerintah. Ilmu yang akan Anda pelajari di bangku kuliah ini sangat aplikatif sehingga bisa membantu Anda untuk adaptasi di lingkungan kerja.

Anda bisa bekerja di front end dimana tugas Anda adalah mendesain website agar tampilannya ini eye catching dan mudah ditemukan oleh mesin pencarian. Dengan ilmu yang Anda dapatkan di bangku kuliah, Anda bisa membuat website yang user friendly sehingga memudahkan pengunjung dalam melakukan navigasi di website tersebut. 

Dunia Perkuliahan

Jurusan SI ini masih satu rumpun dengan Ilmu Komputer, Teknik Informatika maupun Manajemen Informatika. Namun yang membedakannya adalah bagaimana cara menghubungkan bisnis dengan teknologi. Anda akan mempelajari tentang bagaimana cara membuat sistem dengan mengolah data yang besar, banyak dan relatif cepat. Data itu nantinya akan diubah menjadi informasi yang lebih bermanfaat. Informasi yang disajikan akan sangat bermanfaat dalam mengambil keputusan.

Beberapa mata kuliah yang bisa Anda temui di jurusan ini adalah Komunikasi Data, Sistem Interaksi, Manajemen Proyek Data, Manajemen Sistem Informasi, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Arsitektur dan Pemrograman Aplikasi Perusahaan, Proyek Pengembangan. Anda juga akan belajar tentang Administrasi Sistem, Perangkat Keamanan Informasi, Mengelola Data Besar dan lain sebagainya. 

Jika Anda ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau pascasarjana ada banyak referensi kampus bergengsi di dalam atau di luar negeri. Program yang ditawarkan ini beragam mulai dari Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi, E-Business, Sistem Enterprise dan lain sebagainya.

Karir Lulusan SI

Ada banyak peluang kerja dan prospek yang bisa didapatkan oleh lulusan SI ini. Dimana ia bisa bekerja sebagai Insinyur Aplikasi, Konsultan IT, Dosen, Digital Marketing, Desainer Website, Technopreneur, Staf Ahli Informasi Medis atau Rekam Medis, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk fresh graduate gaji yang akan didapatkan cukup besar yaitu mulai dari 5 juta rupiah. Gaji tersebut tergantung dengan kemampuan dan juga pengalaman yang dimiliki, area tempat bekerja, dan sebagainya.

Di era digital ini lulusan Sistem Informasi akan banyak dibutuhkan, oleh sebab itu Anda bisa mengambil jurusan satu ini karena kedepannya masih begitu prospektif.