Universitas Mercu Buana

Rp 4.100.000 - Rp 5.500.000/Semester
Akreditasi A
Belum ada rating

Alamat

Jl. Raya Meruya Selatan Kembangan

Jakarta Barat, Dki Jakarta, 11650

Cek Map

Kontak

umb@mercubuana.ac.id
021-5840816

Highlights

Pengusaha H. Probosutedjo (almarhum) yang mempunyai pengalaman sebagai guru di Perguruan Taman Siswa, Pematang Siantar, Sumatera Utara, pada tanggal 10 Nopember 1981 mendirikan Akademi Wiraswasta Dewantara (AWD). Peresmiannya dilakukan oleh almarhum Bapak H. Adam Malik, Wakil Presiden RI saat itu. Dewantara diambil dari nama tokoh Pendidikan Nasional, yaitu Ki Hajar Dewantara. Misi pendidikan akademi ini antara lain adalah mengembangkan model pendidikan untuk melahirkan pengusaha Pancasilais, dan kader-kader pembangunan yang mandiri serta mampu menciptakan kesempatan kerja. Sebelum memiliki kampus sendiri, penyelenggaraan perkuliahan dilaksanakan di Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) Jl. Gatot Soebroto. Tahun 1984, Yayasan Menara Bhakti berhasil membangun kampus yang diberi nama Kampus Menara Bhakti yang berlokasi di Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat. Pada tahun 1985, berbekal kemampuan dan pengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan Akademi Wiraswasta Dewantara, timbul gagasan mendirikan lembaga pendidikan tingkat universitas. Dengan Surat Keputusan KetuaYayasan Menara Bhakti nomor 04/SKEP/KET/VI/1985 tanggal 12 Juni 1985, dibentuk Panitia Pendirian Universitas, dengan Ketua Dr. Sri Edi Swasono dan dibantu oleh H. Abdul Madjid (almarhum), Drs. Iman Santosa Sukardi (almarhum), Drs. M. Enoch Markum, Ir. Suharyadi, M.S.,Soekarno dan Prijo S. Parwoto (almarhum). Setelah melalui persiapan pendirian dan studi kelayakan, dengan surat nomor 010/KET/YMB/VI/85 tanggal 12 Juni 1985, yayasan mengajukan permohonan izin mendirikan Universitas Mercu Buana (UMB) kepada Kopertis Wilayah III. Berdasarkan surat nomor/ 15/ KOP.III/S.VI/85 yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Boesjra Zahir (almarhum), pada tanggal 18 Juni 1985, Kopertis Wilayah III menyetujui dan memberikan izin \Operasional"penyelenggaraan Universitas Mercu Buana."""

Mengenal Universitas Mercu Buana, Kampusnya Lesti Kejora D’Academy


Universitas Mercu Buana disebut juga dengan UMB. UMB ini berhasil meraih predikat sebagai kampus unggulan nasional. Yang memberikan predikat tersebut adalah BAN-PT. Bagi Anda yang masih bingung mencari tempat kuliah maka kampus ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Kampus bisa menawarkan berbagai macam pilihan terbaik bagi Anda untuk melanjutkan studi setelah lulus sekolah nanti salah satunya adalah membuka kelas karyawan atau reguler 2.

UMB sendiri adalah PTS yang menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi. Kampus ini didirikan pada tahun 1985 dan yang mendirikannya adalah Yayasan Menara Bhakti. UMB ini bernaung di Lembaga Layanan pendidikan Tinggi atau LLDIKTI wilayah III KEMRISTEKDIKTI.

 

Prestasi dan Peringkat UMB

UMB menduduki peringkat ke-5 berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Webometrics.  Pemeringkatan ini melakukan pemeringkatan PTS untuk bisa memperbaiki kualitas universitas supaya bisa mendapatkan posisi yang terbaik.  UMB menempati posisi 5 teratas dimana hal ini menunjukkan bahwa UMB semakin baik. 

Kualitas pendidikan yang baik ini bisa menciptakan mahasiswa yang sesuai dengan dunia lapangan kerja maupun usaha saat ini. Dalam bidang akademik ada beberapa prestasi yang didapatkan oleh UMB ini seperti juara  di dalam Gebyar Mahasiswa Wirausaha Nasional di Universitas Padang, juara 1 dan juga juara harapan lomba pasar modal tingkat nasional dengan menggunakan media Stocklab. Juara selanjutnya adalah juara 1 Abang None Buku Tingkat DKI Jakarta.

Alumni Terkenal

Ada banyak alumni terkenal lulusan kampus ini. Mereka dikenal oleh publik atau masyarakat Indonesia. Alumni yang pertama adalah Lesti Kejora. Tentu semua masyarakat Indonesia sudah mengetahui siapa Lesti Kejora. Lesti adalah seorang penyanyi dangdut yang lahir di Bandung, Jawa Barat, 5 Agustus 1999. 

Lesti ini bertunangan dengan Rizky Billar. Acara pertunangan diselenggarakan pada 13 Juni 2021. Lokasinya sendiri ada Gedong Putih, Lembang, Bandung. Acara lamaran yang dilakukan ini menggunakan adat Sunda. Yang mengagumkan adalah acara ini bertengger di posisi ketiga dengan TVR sebesar 5,5 dan juga audience share 37,8 persen.

Lesti ini terkenal sejak usia 14 tahun dimana ia mengikuti audisi D’Academy di Bandung. Dia akhirnya mendapatkan Golden Tiket untuk bisa langsung ikut konser nominasi di studio Indosiar. 

Alumni terkenal yang kedua adalah Aci Resti.  Aci ini merupakan pelawak tunggal dan juga aktris kebangsaan Indonesia. Aci ini berhasil lolos ke babak grand final di dalam ajang Street Comedy TV. Aci dikenal saat ia mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia musim keenam namun dia belum bisa lolos. 

Karena hasil kerja kerasnya dan tidak pantang menyerahkan ia terpilih sebagai finalis dari Stand Up Comedy Academy musim kedua yang diadakan oleh stasiun TV Indosiar.  Aci ini mengambil kelas karyawan jurusan Ilmu Komunikasi Broadcasting di UMB sehingga dirinya tetap bisa bekerja sambil kuliah.


Demikianlah beberapa informasi tentang Universitas Mercu Buana yang menarik dan sayang untuk dilewatkan, semoga informasi ini bermanfaat.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.