Jurusan Kimia

Nama lain program studi

Kimia

Pelajaran SMA terkait

Kimia

Deskripsi

Jurusan Kimia bisa Anda pilih jika menyukai pelajaran satu ini. Anda akan mempelajari tentang struktur, sifat maupun reaktivitas sebuah zat. Ada pula materi fisika kimia yang mana bisa mempelajari sifat zat yang ada di lapangan. Hal ini dilakukan demi bisa memfokuskan diri pada senyawa yang organik. Anda juga akan mempelajari senyawa anorganik, protein dan sebagainya.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Kimia

Seperti Ini Prospek Jurusan Kimia, Anda Wajib Tahu!

Pengetahuan dan Keahlian

Anda akan mendapatkan berbagai macam kemampuan dan juga pengetahuan dimana yang pertama adalah memiliki kemampuan untuk meneliti, kemampuan di dalam melakukan analisis dan Anda juga akan mendapatkan pemahaman kimia. Di jurusan ini Anda juga akan mendapatkan pemahaman matematika, selain itu juga memahami spasial di dalam fisika.

Alasan Memilih Jurusan Kimia

Jika Anda lulusan satu ini bisa bekerja sebagai quality control atau bisa juga bekerja di research dan juga development perusahaan. Anda bisa bekerja di perusahaan farmasi, tekstil, kosmetik maupun bekerja di minyak gas dan juga pertanian. Bagi Anda yang suka melakukan percobaan maka Anda bisa bekerja di lembaga penelitian maupun bekerja di laboratorium kimia.

Lulusan Kimia menjadi ujung tombak dari perusahaan untuk bisa melakukan pengujian terhadap kualitas maupun produk yang dipasarkan di masyarakat. Kebutuhan akan tenaga analisis ini cukup tinggi sehingga tidak hanya Anda yang mencari pekerjaan namun justru pekerjaan ini yang akan mencari dan bahkan melamar Anda.

Untuk pemerintahan BNN ini membutuhkan lulusan jurusan satu ini. Mereka akan ditempatkan sebagai analisis untuk produk narkotika. Bahkan lulusan satu ini juga bisa bekerja di perbankan. Tugas di dunia perbankan adalah melakukan analisis perusahaan yang berhubungan dengan Kimia saat mereka mengajukan pinjaman kredit.

Dunia Kuliah

Untuk bisa meraih gelar Sarjana di bidang ilmu ini Anda akan bisa dibekali berbagai macam pengetahuan. Anda akan belajar tentang sifat dan juga struktur zat yang bisa saling berinteraksi dengan materi yang menjadi penyusun zat. Anda akan bisa melakukan eksplorasi zat maupun reaksi baru. Kuliah di jurusan kimia ini sifatnya adalah analitik. Selain itu dominasi kegiatan uji cobanya ada di laboratorium.

Fokusnya ini akan mengarah ke bagaimana merancang sebuah produk mulai dari memastikan bahan baku. Anda juga bisa melakukan uji coba sampai dengan merumuskan reaksi yang akan terjadi. Yang membedakannya dengan teknik adalah mahasiswa teknik akan menitikberatkan proses kimiawi yang mana dilakukan lebih teknis.

Mata Kuliah

Anda akan mempelajari tentang Chemistry Organic, Analitik, Physical Chemistry, Process Chemistry, Chemical Kinetics dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda ingin belajar atau meneruskan pendidikan ke jenjang pascasarjana Anda akan bisa masuk ke kampus bergengsi di dalam maupun luar negeri yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Jika Anda menyukai dunia sains atau IPA, Kimia maupun Fisika maka jurusan satu ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan, semoga informasi ini bermanfaat.