Jurusan Oseanografi

Nama lain program studi

Hidrografi

Oseanografi

Oseanologi

Teknik Kelautan

Ilmu Dan Teknologi Kelautan

Ilmu Kelautan

Sistem Informasi Kelautan

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Oseanografi yang juga disebut oseanologi atau ilmu kelautan, adalah cabang ilmu Bumi yang mempelajari samudra atau lautan. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang tinggi dengan potensi gaji yang besar. Sebagai negara maritim dan memiliki banyak kepulauan jurusan ini dianggap sangat tepat untuk diambil.

Seluk Beluk Oseanografi, Jurusan yang Memiliki Prospek Tinggi

Materi Kuliah

Jurusan Oseanografi mempelajari tentang fenomena laut dan diaplikasikan ke dalam banyak bidang. Misalnya saja rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan dan mitigasi bencana.  Oseanografi ini lebih ke eksploratif dimana Anda bisa mengamati berbagai macam fenomena kelautan dilihat dari berbagai aspek. Anda bisa mengetahui perubahan kondisi laut, kehidupan biota yang didalamnya bahkan Anda bisa melacak apa saja yang menjadi penyebab bencana kelautan. 

Saat Anda masuk ke jurusan ini Anda tidak hanya belajar tentang teori saja namun Anda lebih banyak belajar di luar kelas. Anda akan semakin memperkaya ilmu Anda serta pengalaman Anda. Anda tidak perlu susah mencari bahan pengamatan karena kondisi alam yang ada di Indonesia ini bisa Anda jadikan sebagai lab nyata untuk Anda agar bisa mengeksplorasi alam lebih jauh. Mata kuliah yang bisa Anda dapatkan disini adalah Komputasi Oseanografi, Pasang Surut, Manajemen Pesisir, Survei Hidro Oseanografi, Oseanografi Kimia, Struktur Bangunan Lepas Pantai, dan masih banyak lagi lainnya.

Dunia Perkuliahan

Saat kuliah Anda akan mempelajari berbagai macam hal. Oseanografi mengajarkan Anda tentang reaksi kimia, selain itu juga belajar tentang distribusi unsur kimia di dasar laut. Berbagai aspek fisika air laut seperti distribusi temperatur air laut, tipe energi dalam laut dan gerakan air laut bisa dipelajari di jurusan ini. Anda juga akan belajar tentang transmisi suara maupun cahaya, kemudian mempelajari interaksi udara dan laut. Di bangku kuliah Anda akan belajar tentang tipe kehidupan laut, distribusinya, keterkaitan dan aspek lingkungan. 

Di jurusan ini Anda juga akan belajar tentang asal usul cekungan laut, konfigurasi cekungan laut, sifat bantuan dan berbagai mineral yang ada di dasar laut. Anda akan belajar tentang fenomena atmosfer yang mana ada di atas samudera dan pengaruh terhadap perairan dangkal maupun dalam.

Prospek Kerja

Lulusan Oseanografi memiliki kesempatan untuk memiliki profesi yang sangat keren. Ada berbagai macam pilihan karir yang bisa Anda dapatkan seperti bekerja di BNPB, LIPI, BMKG dan sebagainya. Anda bisa bekerja di instansi pemerintah seperti bekerja di Kementerian Kelautan, Kementerian ESDM, Kementerian Pekerjaan Umum dan sebagainya sehingga prospek kerjanya sangat luas.

Demikianlah beberapa informasi tentang jurusan Oseanografi yang setiap tahunnya mengalami peningkatan peminat, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.