S1 · Ilmu Dan Teknologi Kelautan · Institut Pertanian Bogor

Bogor
Rp 2.400.000 - Rp 11.000.000/Semester
Akreditasi A
Full Time
Belum ada rating

Highlights

Sejarah pembentukan Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) dimulai dengan pendirian awal Program Studi (PS) Ilmu Kelautan pada tahun akademik 1986/1987. Hal ini sebagai respon dari Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.1023/D/Q/1985 tentang rintisan pembentukan program studi baru ilmu kelautan (new S1 marine science). Kemudian PS Ilmu Kelautan IPB dikukuhkan secara resmi dengan SK Dirjen Dikti No.22/DIKTI/Kep/1988 dengan pokok pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang eksplorasi sumberdaya hayati laut. Melalui Proyek Pendidikan Ilmu Kelautan Dirjen Dikti (ADB loan No.894-INO/895-INO(SF), sarana dan prasarana utama untuk kegiatan akademik dan penelitian telah dibangun, yaitu Gedung Pusat Kelautan di Kampus IPB Darmaga Bogor serta Stasiun Lapang Kelautan di Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat. Berdasarkan SK Rektor No.073/K13.12.1/OT/2000 tanggal 27 Mei 2000 status Program Studi Ilmu Kelautan IPB ditingkatkan menjadi Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan dengan mandat mengembangkan keilmuan dan teknologi kelautan untuk memahami karakter, fenomena dan proses fisika, kimia, biologi dan geologi kelautan dengan memanfaatkan metode dan teknologi penginderaan jauh dan akustik kelautan untuk mengeksplorasi sumberdaya hayati dan lingkungan laut. Saat ini (tahun 2017) Departemen ITK mengampu lima (5) program studi multi-strata, meliputi: Program Studi Ilmu dan Teknologi kelautan (S1), Program Studi Ilmu kelautan (S2 dan S3), serta Program Studi tekonologi kelautan (S2 dan S3). Seluruh Program Studi tersebut sudah terakreditasi A dari BANPT. Secara khusus, untuk PS ITK (S1) mendapat akreditasi internasional dari Institute of Marine Engineering, Science & Technology (IMarEST) the United Kingdom sejak tahun 2012.

Berikut ini adalah kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester jurusan Ilmu Dan Teknologi Kelautan di Institut Pertanian Bogor
NoNama mata kuliahKredit
1Agama3
2Bahasa Indonesia2
3Pengantar Ilmu Pertanian2
4Pengantar Matematika3
5Biologi3
6Fisika Dasar 13
7Ekonomi Umum3

* Dapat berubah sewaktu-waktu, kunjungi website resmi kampus untuk data terkini

Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.