Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Nama lain program studi

Perencanaan Wilayah dan Kota

Planologi

Perencanaan Wilayah

Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Sosiologi

Geografi

Deskripsi

Perencanaan Wilayah Dan Kota disebut juga dengan PWK. Jurusan ini juga disebut dengan jurusan Teknik Planologi yaitu bidang ilmu yang mempelajari tentang perencanaan kota dan juga wilayah dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti sosial, ekonomi dan juga politik. Anda akan dibekali dengan berbagai macam keterampilan seperti menyusun rencana tata ruang, memiliki kemampuan mengevaluasi berbagai macam kebijakan dan program yang mana ada hubungannya dengan rencana tata ruang maupun tata wilayah.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Seperti Apa Prospek Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota?

Mengapa Memilih Jurusan Ini?

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih jurusan ini. Keuntungan pertama adalah instansi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah membutuhkan lulusan satu ini. Mereka akan diberi tugas untuk melakukan perencanaan di sebuah wilayah. Tidak hanya itu saja lulusan PWK juga dibutuhkan untuk menentukan tata guna lahan, sistem transportasi dan juga mengatur berbagai macam aktivitas lainnya.

Lulusan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ini memiliki peluang karir yang jauh lebih besar. Hal itu karena bidang konstruksi, pemetaan sampai dengan rancang bangun membutuhkan ahli PWK ini. Mereka diharapkan bisa melakukan perencanaan tata ruang maupun wilayah.

Dunia Perkuliahan

Jika Anda mengambil jurusan PWK, Anda akan belajar tentang bagaimana cara menyusun rencana tata ruang wilayah dan kota. Selain itu Anda akan belajar menyusun usulan kebijakan dan juga rencana yang dibuat. Anda juga akan merealisasikan maupun mengevaluasi suatu program pengembangan dan pembangunan. Yang terakhir adalah memperhatikan aspek sosial, ekonomi, lingkungan dan juga tata kelola yang berkelanjutan.

Mata kuliah yang akan Anda pelajari adalah Geologi Lingkungan, Kependudukan, Interpretasi Ruang, Proses Perencanaan, Analisis Lokasi dan Pola Ruang, Morfologi Kota, Perencanaan Tapak. Anda juga akan mempelajari Perencanaan dan Perancangan Kota, Pengembangan Lahan, Perumahan dan Pemukiman, dan masih banyak lagi lainnya.

Saat Tugas Akhir Anda bisa mengambil beberapa fokus seperti Penataan Ruang, Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, Sistem Informasi Perencanaan dan Pembangunan, Manajemen Prasarana Perkotaan. Anda juga bisa melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana. Ada banyak kampus bergengsi baik di dalam maupun di luar negeri yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Prospek Kerja

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ini memiliki prospek yang sangat bagus. Banyak sekali peluang karir atau pekerjaan yang menanti lulusan PWK. Baik itu dari instansi pemerintah maupun dari sektor swasta. Umumnya gaji awal dari lulusan jurusan ini bervariasi dimana rata-rata di kisaran 4 juta rupiah. Gaji yang diberikan akan disesuaikan dengan kemampuan Anda, tempat bekerja. Yang mempengaruhi gaji selanjutnya adalah level yang dimasuki dan juga pengalaman yang Anda miliki.

Jenjang karir bagi jurusan satu ini pun menjanjikan. Dengan bekal ilmu yang dipelajari di bangku kuliah bisa menjadi nilai jual Anda. Ada beberapa peluang karir yang bisa dipilih yaitu PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Anda juga memiliki peluang karir sebagai Pegawai Bank, Penilai Real Estate, Konsultan Properti, Bartender, Surveyor Tanah, dan sebagainya.

Demikianlah beberapa informasi tentang jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.