Universitas Pasundan

Rp 9.250.000 - Rp 10.250.000/Semester
Akreditasi A
Belum ada rating

Alamat

Jl. Dr. Setiabudi No 193, Sukasari

Bandung, Jawa Barat, 40154

Cek Map

Kontak

rektorat@unpas.ac.id
022-2021440

Highlights

Universitas Pasundan Bandung (UNPAS) berdiri sejak tanggal 14 November 1960. UNPAS telah tumbuh dan berkembang menjadi sebuah Universitas terkemuka dan menjadi kebanggaan masyarakat, terbukti dari jumlah mahasiswa yang saat ini terbesar dilingkungan Kopertis Wilayah IV. Mahasiswa UNPAS bukan saja berasal dari 33 Provinsi yang ada di Indonesia tetapi juga dari mahasiswa asing negara-negara sahabat, seperti Thailand, Singapura, Somalia, Hunggaria, Polandia, Taiwan, Turki, Korea Selatan, Malaysia, Kanada, Timor Leste, Uzbekistan, Jerman, Jepang, China, Tajikstan, Estonia, Yunani, Spanyol, Lithuania, Australia dan Kirgistan. Sampai saat ini Universitas Pasundan memiliki 7 Fakultas, 25 Program Studi S1, 7 Program Studi Pascasarjana (S2) dan 3 Program Doktor (S3). Jumlah Mahasiswa yang besar merupakan bentuk kepercayaan dari Masyarakat. Hal itu terbukti melalui survei majalah Tempo 2005 maupun Kompas 2006 Universitas Pasundan masuk dalam 3 besar Perguruan Tinggi terfavorit di Kota Bandung. Selanjutnya pada tahun 2007, majalah SWA melakukan survey dan melakukan survey dan menyatakan bahwa Universitas Pasundan masuk dalam 4 Perguruan Tinggi terbaik Akreditasinya se-Jawa serta 25 Perguruan Tinggi terfavorit se-Jawa.

Tertarik Kuliah di Universitas Pasundan? Simak Informasinya yang Menarik Disini!


Universitas Pasundan sering disebut dengan UNPAS. Merupakan kampus swasta yang didirikan sejak tahun 60-an. PTS satu ini mendapatkan akreditasi A sehingga sangat baik dan kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan lagi. Mahasiswa UNPAS berasal dari 33 provinsi di Indonesia. Selain itu juga berasal dari negara sahabat seperti Singapura, Somalia, Hungaria, Polandia, Taiwan, Turki, Korea Selatan, Thailand, Jerman, Jepang, China, Estonia, Yunani, Spanyol, Australia, Kirgistan dan beberapa negara yang lainnya.

UNPAS memiliki slogan Pengkuh Agamana, Luhung Elmuna, Jembar Budayana. Dengan memegang budaya lokal, UNPAS ini tetap membuka diri dengan dunia internasional. Yang mengagumkan adalah UNPAS juga menjalin kerja sama dengan kampus yang ada di Korea Selatan, Jepang dan juga Kroasia.


Peringkat UNPAS

Lembaga Direktori Pendidikan Internasional UniRank ini merilis daftar peringkat universitas di dunia yang mana terdapat 13 ribu lebih universitas dari 200 negara. Semuanya masuk ke dalam basis data UniRank. Selain itu membatasi pemeringkatan hanya pada perguruan tinggi yang sudah memiliki akreditasi oleh lembaga pemerintah setempat.

Tujuan UniRank adalah memberikan perkiraan peringkat global universitas sesuai dengan kehadiran dan popularitas website maupun lalu lintas traffic, kepercayaan atau otoritas dan yang terakhir adalah popularitas tautan yang berkualitas. Pemeringkatan yang dilakukan ini tidak langsung menuju ke kualitas pendidikan atau tingkat layanan akademik dan bukan pemeringkatan akademik.

Di Januari 2020 UniRank melakukan pemeringkatan terhadap 571 PTN maupun PTS di Indonesia. Ada 5 indikator yang digunakan untuk penilaian atau pemeringkatan. Yang pertama adalah peringkat Global Alexa, Global SimilarWeb dan Majestic Referring Domains. Selanjutnya adalah Domain Moz dan yang terakhir adalah Majestic Trust Flow. Menurut UniRank ada 10 PTS terbaik dimana UNPAS ini masuk ke dalam peringkat ke-7. Dibawahnya ada Universitas Mercu Buana, Universitas Gunadarma dan yang terakhir ada UAD.

Webometrics ini juga melakukan pemeringkatan perguruan tinggi dengan empat indikator yaitu presence, impact, openness dan yang terakhir adalah excellence. UNPAS ini berada di peringkat ke-55 dari 2390 PTN maupun PTS di Indonesia dimana yang melakukan pemeringkatan adalah Webometrics.

Alumni Terkenal

Alumni terkenal dari UNPAS ada Rudi Pradisetia Sudirja. Dia bekerja sebagai Jaksa Fungsional di Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi. Dia merupakan peserta terbaik atau peringkat pertama dari 10 yang terbaik. Dalam Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa Gelombang II pada tahun 2016 silam, dia mendapatkan prestasi dengan nilai akademis paling tinggi.

Rudi juga mendapatkan penghargaan Prima Adhyaksa dari Jaksa Agung RI karena sikap maupun nilai yang baik. Yang menyerahkan penghargaan adalah Jaksa Agung dimana penyerahannya dalam upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jaksa. Saat ini dia sebagai jaksa Fungsional di Kejaksaan Negeri Bekasi. 


Tertarik untuk melanjutkan pendidikan di UNPAS? Persiapkan diri Anda sebaik-baiknya dan update informasi agar tidak ketinggalan informasi penting yang tidak boleh Anda lewatkan.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.