Universitas Sebelas Maret

Rp 500.000 - Rp 12.135.000/Semester
Akreditasi A
Belum ada rating

Alamat

Jl. Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres

Surakarta (Solo), Jawa Tengah, 57126

Cek Map

Kontak

spmb@uns.ac.id
0271-634880

Highlights

Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret resmi berdiri pada 11 Maret 1976. Sejak tahun 1977, UNS memiliki kampus induk terpadu di Kentingan, Jebres, Surakarta seluas 60 ha yang diperoleh dari Walikota Surakarta. Dalam perkembangannya, pada tahun 1982 nama dan singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret Surakarta (UNS Sebelas Maret), ditetapkan menjadi Universitas Sebelas Maret yang disingkat UNS.

Mengenal Universitas Sebelas Maret, Almamater Kahiyang Ayu yang Terkenal di Solo!


Universitas Sebelas Maret sering disebut dengan UNS.  Kampus ini memiliki motto Mangesthi Luhur Ambangun Negara. Mungkin banyak yang tidak menyadari jika kampus satu ini sering mendapatkan rekor MURI. Rekor yang berhasil didapatkan adalah kampus ini adalah visualisasi 10 destinasi pariwisata dan buku antologi yang temanya adalah “Resolusi Bakti untuk Negeri” dimana jumlah penulisnya sangat banyak.

Rekor MURI ini juga merupakan hadiah dari mahasiswa baru UNS dalam peringatan HUT RI yang ke-72, tentu hal ini sangat keren dan membanggakan sekali. Jika Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maka UNS ini menjadi pilihan yang tepat.


Peringkat UNS

Persaingan antara perguruan tinggi ini terus terjadi dimana mereka memperebutkan prestasi terbaik. Banyak yang berlomba-lomba untuk menjadi kampus paling baik di Indonesia bahkan di dunia. 

Berdasarkan penilaian QS WUR 2022 UNS ini menduduki peringkat atau posisi ke-15 dimana posisinya di bawah UMS Solo. Untuk peringkat dunia, Universitas Sebelas Maret ini menduduki posisi 1201+.

Berdasarkan penilaian dari 4ICU pada bulan Agustus 2020, kampus satu ini menduduki peringkat ke-8 kampus terbaik di Indonesia. Peringkat itu juga mengalami kenaikan dimana sebelumnya menempati posisi atau peringkat ke-23.

Tidak cukup sampai disitu saja, UNS ini juga meraih prestasi yang sangat membanggakan. UNS berhasil menduduki peringkat ke 201-300 dunia berdasarkan penilaian THE atau Times Higher Education Impact Ranking. THE merilis peringkat tersebut tepatnya pada tanggal 21 April 2021 ini.

Peringkat ini patut disyukuri, hal itu karena UNS berhasil masuk dalam THE Impact Ranking dan langsung bisa menduduki peringkat yang membanggakan. Hasil peringkat itu menjadi bukti jika UNS ini memiliki komitmen yang tinggi bahkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan lainnya adalah mendapatkan apresiasi yang tinggi dalam tingkat dunia.

QS dan THE ini merupakan dua lembaga yang mana diakui oleh Kementerian Pendidikan dan juga Kebudayaan. QS dan THE adalah indikator khusus perguruan tinggi yang sangat berkelas dalam tingkat dunia.

Alumni Terkenal

Ada beberapa alumni terkenal lulusan UNS yang sudah banyak dikenal oleh publik. Yang pertama adalah Dodit Mulyanto yaitu pelawak, aktor dan juga penyanyi. Yang menjadi ciri khas dari Dodit ini adalah kalem dalam membawa biola meski alat musik tersebut tidak dimainkan.

Alumni terkenal yang kedua ada Kahiyang Ayu yaitu putri dari Presiden RI Ke-7 Joko Widodo dan Iriana. Kahiyang adalah mahasiswa UNS yang berhasil wisuda dengan IPK 3,12 pada tanggal 17 Desember 2013. Adik dari Gibran Rakabuming Raka ini lulus SMA, setelah itu kuliah di UNS fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan.

Yang terakhir adalah Tung Desem Waringin. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan sosok satu ini. Dia adalah motivator terkenal dan pelatih sukses nomor 1 di Indonesia. Tung Desem Waringin ini adalah pengusaha sukses di Indonesia, selain itu dia juga ahli dalam bidang marketing.


Demikianlah beberapa informasi tentang UNS yang menarik dan sayang untuk dilewatkan, semoga informasi ini bermanfaat.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.