Jurusan Arsitektur

Nama lain program studi

Arsitektur

Teknik Arsitektur

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Matematika

Seni Rupa

Deskripsi

Arsitektur sudah banyak dikenal masyarakat luas. Profesinya disebut dengan arsitek. Jika membicarakan tentang jurusan ini maka ingatan atau pikiran langsung mengarah ke seni maupun estetika. Di jurusan ini Anda tidak hanya mendesain bangunan sesuai kebutuhan saja namun Anda harus memperhatikan nilai fungsi keindahan dan juga keamanan.

Jurusan Arsitektur ini tidak berhenti sampai menciptakan desain estetis, namun Anda juga harus mampu menciptakan desain teknis seperti penggunaan material dan rancangan fondasi agar bangunan yang didesain mampu berdiri dengan kokoh dan aman. Anda juga akan dibekali dengan kemampuan merencanakan anggaran yang mana bisa berguna di dalam membuat bangunan. Dengan ini, para lulusannya diharapkan menjadi arsitek yang dapat membuat bangunan yang indah, aman dan nyaman.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Arsitektur

Melirik Jurusan Arsitektur? Simak Informasi Penting Disini Dahulu!

Mengapa Harus Arsitektur?

Ada beberapa hal yang melatarbelakangi mengapa sebaiknya Anda memilih jurusan arsitektur ini. Yang pertama adalah banyaknya permintaan akan hunian yang nyaman. Jurusan arsitektur ini dicari untuk bisa melakukan desain rumah idaman.  

Lulusan dari Arsitektur bisa merancang bangunan yang mana bisa disesuaikan dengan permintaan dari klien. Anda bisa membuka kantor konsultan secara mandiri kemudian bisa mengatasi berbagai macam pekerjaan seperti architecture, cost estimator, building controller, construction documentary, dan lain sebagainya.

Banyak instansi pemerintah yang mana butuh lulusan arsitektur untuk bisa menempati berbagai macam posisi dimana salah satunya adalah staff bangunan maupun perumahan. Jika Anda tertarik untuk terjun ke dunia media Anda bisa menjadi jurnalis atau menjadi desain atau rancang bangunan.

Prospek Kerja

Peluang karir untuk lulusan arsitektur sangat banyak. Anda bisa bekerja di pemerintahan, developer sampai dengan kontraktor. Lulusan arsitektur ini bisa juga terjun ke dalam bisnis lanskap atau arsitektur taman. 

Soal gaji Anda tidak perlu khawatir karena gaji dari lulusan architecture ini sangat kompetitif. Jika Anda telah memiliki banyak pengalaman di dalam project arsitek dan memiliki jam kerja tinggi maka Anda akan mendapatkan gaji yang kompetitif. 

Lulusan architecture tidak hanya bekerja di bidang rancangan bangun saja. Anda juga bisa masuk ke sektor pendidikan, perbankan maupun media. Misalnya saja jika Anda di perbankan Anda bisa masuk ke dalam KPR. Jika Anda terjun di media Anda bisa menjadi jurnalis yang membahas tentang desain rumah.

Pilihan karier yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan adalah menjadi drafter, resepsionis atau front office, operator CAD, sales perusahaan konstruksi, architecture, dosen, wirausaha dan yang terakhir adalah bartender.

Mata Kuliah

Pada jurusan arsitektur ini Anda akan diajarkan untuk merancang sebuah bangunan. Anda akan membentuk luar bangunan yang menarik, Anda juga akan diajarkan untuk menganalisis kebutuhan ruang dan juga fungsi dari bangunan itu sendiri secara maksimal. Di jurusan ini Anda akan diajarkan untuk mendesain denah interior dan bagaimana cara membuat tampilan bangunan yang semakin menarik.

Mata kuliah yang akan diajarkan dari jurusan ini adalah Estetika Architecture, Mekanika Teknik, dan juga Architecture Digital. Ada juga akan mempelajari Studio Design Architecture, Metode Transformasi Desain dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa informasi menarik tentang Arsitektur, semoga informasi ini bermanfaat.