Jurusan Ilmu Keperawatan

Nama lain program studi

Ilmu Keperawatan

Keperawatan

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Jurusan Ilmu Keperawatan selalu memiliki banyak peminat. Jurusan satu ini menjadi bidang studi yang mana akan menyiapkan Anda menjadi seorang perawat. Anda akan mempelajari tentang berbagai macam teori maupun teknologi yang baru. Tujuannya agar bisa mengembalikan maupun merawat kesehatan mental maupun fisik pasien.

Jurusan ini juga memiliki berbagai bidang spesialisasi untuk kelas perawat seperti perawat anak-anak, perawat untuk mental, perawat jalan, manula dan dewasa. Anda yang mengambil jurusan satu ini akan memiliki berbagai macam pengetahuan dan keterampilan. Yang pertama adalah kemampuan komunikasi, berpikir kritis, kemampuan untuk memecahkan masalah, bekerja secara tim, interpersonal dan terakhir teliti, detail dan tekun.

Jurusan Ilmu Keperawatan Masih Banyak Diminati, Seperti Apa Prospek Kerjanya?

Dunia Perkuliahan

Jika Anda tertarik untuk mengambil jurusan satu ini, Anda harus menempuh pendidikan selama 4 tahun atau kurang lebih 8 semester. Jika kuliah Anda lancar, Anda bisa lulus tepat waktu. Anda akan memiliki fokus pada merawat individu agar bisa memulihkan kesehatan, mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Jika kesehatan dan kualitas hidupnya sudah tercapai, perawat ini memiliki tugas untuk mempertahankannya.

Di jurusan ini Anda akan belajar tentang bagaimana cara memenuhi kebutuhan dasar manusia, baik itu dari sosio, spiritual, maupun kultural. Setelah lulus Anda bisa menjadi seorang perawat. Tugas Anda adalah mendampingi dokter dan membantu proses memulihkan kesehatan pasien.

Beberapa mata kuliah yang bisa Anda temukan adalah Keperawatan Dewasa, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Anak, Gawat Darurat, Keperawatan Jiwa dan masih banyak lagi lainnya. Setelah lulus Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Keperawatan. Jika Anda ingin menjadi perawat yang ada di Rumah Sakit Anda harus menempuh studi profesi Ners selama 1 tahun.

Pendidikan profesi ini akan membekali Anda dengan pengalaman profesional. Anda bisa belajar langsung di rumah sakit maupun di klinik kesehatan yang lain. Selama Anda menjalani studi profesi ini, Anda harus bisa menerapkan berbagai macam konsep dan teori yang mana sudah Anda dapatkan di bangku kuliah 

Jurusan Ilmu Keperawatan ini memiliki materi yang cukup kompleks. Anda bisa mempelajari perawatan orang sakit di rumah sakit, selain itu Anda juga bisa mempelajari tentang penyakit. Anda bisa tahu bagaimana penyakit itu bisa terjadi, cara pencegahan dan siapa saja yang memiliki resiko. Anda juga akan melakukan asuhan dan pelayanan keperawatan. Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan, ada banyak kampus bergengsi yang bisa Anda jadikan referensi.

Prospek Kerja

Anda tidak perlu khawatir prospek kerja lulusan jurusan satu ini karena lulusan memiliki prospek masa depan yang cerah. Lapangan pekerjaan yang tersedia ini juga masih luas. Hal itu karena kebutuhan akan pelayanan kesehatan setiap tahunnya meningkat dengan tajam.

Lulusan Ilmu Keperawatan ini tidak hanya bekerja di Rumah Sakit saja namun memiliki tempat kerja yang luas. Anda bisa bekerja di tempat lain seperti Puskesmas, Klinik Kesehatan, Panti Jompo atau menjadi perawat pribadi. Gaji perawat sangat tergantung dengan tempatnya bekerja, level yang dimasuki dan pengalaman yang dimiliki. Pada umumnya gaji perawat ini mulai dari 4 juta rupiah.

Apa Anda tertarik mengambil Jurusan Ilmu Keperawatan? Jika iya siapkan diri Anda sebaik-baiknya dan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar tidak ada penyesalan kedepannya.