Jurusan Sastra Indonesia

Nama lain program studi

Bahasa dan Sastra Indonesia

Sastra Indonesia

Pelajaran SMA terkait

Bahasa Indonesia

Deskripsi

Sastra Indonesia menjadi salah satu jurusan yang diminati. Jurusan sastra ini menjadi bidang ilmu yang mempelajari linguistik bahasa indonesia dan mendalami karya sastra seperti puisi, cerita, novel dan yang lainnya. Anda akan melakukan berbagai macam kajian. Tujuannya untuk bisa mengetahui berbagai macam latar belakang dari ide maupun karya seniman. Anda juga akan mempelajari tentang bibliografis yang mana mempelajari tentang penampilan dan formasi buku, selain itu juga mempelajari tentang penyuntingan dan penulisan kreatif. Jurusan satu ini sangat cocok untuk Anda yang senang membaca dan menulis.

Jurusan Sastra Indonesia: Keuntungan, Prospek Kerja dan Dunia Perkuliahan

Mengapa Jurusan Sastra Indonesia?

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan memilih jurusan satu ini. Keuntungan yang pertama Anda bisa bekerja di agensi periklanan yang mana membutuhkan lulusan jurusan sastra ini. Lulusan sastra memiliki wawasan yang luas karena Anda gemar membaca. Anda tidak hanya sekedar membaca saja namun mampu menganalisa apa yang Anda baca.

Kuliah di Jurusan Sastra Indonesia ini bisa menjadi bekal yang berharga. Terutama jika Anda ingin terjun ke industri media maupun penulisan kreatif. Saat ini siapapun boleh mengajukan tulisannya untuk dibukukan. Banyak kantor penerbitan yang mana membutuhkan lulusan satu ini untuk menempati posisi editor bahasa. Yang terakhir Anda bisa menjadi jurnalis karena andal dan sangat peka dengan gramatikal kalimat maupun harmonisasi paragraf.

Prospek Kerja

Sejak kuliah mahasiswa Sastra Indonesia memiliki peluang bekerja demi bisa menambah uang jajan. Dengan ilmu yang Anda dapat, Anda bisa bekerja sebagai penulis freelance. Banyak perusahaan startup yang membutuhkan penulis freelance untuk bekerja di perusahaannya. Jika Anda senang menulis novel Anda bisa mengajukan penulisan Anda ke kantor penerbitan. Jalan karir Anda sudah dimulai sejak Anda duduk di bangku kuliah.

Jenis maupun jenjang karir yang Anda dapatkan setelah lulus ini beragam dan bervariasi. Umumnya gaji rata-rata lulusan jurusan satu ini ada pada kisaran 3,5 juta rupiah. Besaran gaji yang Anda dapatkan ini sangat tergantung dengan kemampuan dan pengalaman Anda. Tidak hanya itu saja gaji yang akan Anda dapatkan ini tergantung dengan tingkatan pekerjaan yang ada di perusahaan dan pengalaman yang Anda miliki.

Jurusan ini sangat cocok bagi yang ingin terjun di industri media dan penulisan kreatif. Anda bisa bekerja di PH atau rumah produksi Anda bisa menjadi asisten sutradara. Kedepannya Anda bisa memiliki rumah produksi sendiri atau menjadi sutradara yang hebat. Anda juga bisa menjadi penulis kreatif, copywriter, penulis konten dan sebagainya.

Dunia Perkuliahan

Masa pendidikan atau kuliah di jurusan satu ini kurang lebih selama 4 tahun atau 8 semester. Anda bisa melakukan kajian dilihat dari aspek linguistik, filologi dan sastra. Anda juga akan belajar tentang tata bahasa, analisis karya sastra mulai dari novel, prosa bisa juga drama.

Mata kuliah yang akan Anda temukan seperti Sintaksis Bahasa Indonesia, Kemahiran Bahasa Indonesia, Kemahiran Membaca Naskah Klasik, Pengkajian Naskah Klasik, Pengkajian Prosa Indonesia, Morfologi Bahasa indonesia.

Jika Anda suka membaca maupun menulis, Jurusan Sastra Indonesia ini bisa menjadi pilihan yang tepat, Anda bisa menyiapkan diri Anda sebaik-baiknya karena tingkat kompetisi yang ketat.