Jurusan Akuntansi

Nama lain program studi

Akuntansi

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Matematika

Deskripsi

Akuntansi adalah salah satu jurusan yang menjanjikan dan bisa Anda pilih. Tentu sudah banyak yang tidak asing dengan jurusan satu ini. Bidang studi satu ini mempelajari materi yang ada hubungannya dengan mencatat dan juga menyusun laporan keuangan. Keduanya ini membantu pemangku kepentingan di dalam proses pengambilan keputusan.

Akuntansi memang dikenal dengan angka. Seiring dengan perkembangannya akuntansi ini juga mempengaruhi tingkah laku manusia. Banyak lulusan akuntansi yang juga menjadi pasangan yang idaman. Hal itu karena kegigihan lulusan akuntansi ini tidak perlu diragukan lagi, jika hilang nol satu saja harus dicari sampai ketemu. Lulusan akuntansi juga terkenal lebih cermat dan juga teliti.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Akuntansi

Akuntansi, Salah Satu Jurusan Paling Prospektif yang Bisa Anda Pilih!

Alasan Harus Memilih Jurusan Akuntansi

Jika Anda sedang bingung mencari jurusan maka jurusan ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih jurusan akuntansi ini dimana yang pertama adalah setiap kantor maupun sektor memiliki staf dalam bidang accounting sehingga prospek dan peluang kerjanya lebih luas. Lulusan accounting akan mudah bekerja di dalam sektor apapun.

Anda yang ingin menggeluti bisnis maka jurusan accounting ini sangat penting untuk Anda. Ilmu accounting yang Anda miliki mudah bagi Anda untuk mengetahui keuangan bisnis Anda apakah rugi atau mendapatkan keuntungan. Meski nantinya Anda menyerahkan pekerjaan accounting ini ke staf tetap saja Anda harus bisa memahami apa yang tercatat di dalam buku atau jurnal.

Jika tidak ingin bekerja ke orang lain maka Anda bisa mendirikan kantor sendiri yaitu Kantor Akuntan Publik. Anda bisa membuat diri Anda lebih unggul dengan mengambil sertifikasi profesional di dalam bidang accounting. Anda bisa menjadi pengacara namun dalam bidang pajak. Luasnya bidang pekerjaan akuntansi ini membuat lulusan bisa mudah bekerja sehingga tanpa takut menganggur selain itu jenjang karirnya sangat bagus.

Pengetahuan dan Keahlian

Ada pengetahuan dan keahlian yang akan diajarkan kepada Anda yang mengambil jurusan ini dimana yang pertama adalah kemampuan dalam mengelola dan mengevaluasi anggaran. Anda juga akan diajarkan kemampuan dalam menyajikan laporan keuangan. Kemampuan lainnya adalah menilai laporan keuangan dan kemampuan menginterpretasikan angka. Selanjutnya adalah kemampuan dalam menganalisis, membuat rekomendasi dan juga teliti dalam menghitung.

Dunia Kuliah Jurusan Akuntansi

Jika kuliah di jurusan accounting Anda akan banyak belajar tentang laporan keuangan. Jika Anda hobi dengan ilmu hitung maka accounting ini akan menjadi jurusan yang menyenangkan untuk Anda. Selama 4 tahun Anda harus menyelesaikan pendidikan Anda harus meraih gelar Sarjana Akuntansi atau Sarjana Ekonomi.

Anda akan belajar tentang laporan keuangan mulai dari membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan. Dalam dunia perkuliahan ini Anda juga akan diajarkan menilai kelayakan usaha untuk melalui laporan keuangan dan menilai proyek kedepannya. Anda juga akan belajar audit yang sederhana untuk mengetahui apakah laporan keuangan itu layak atau tidak.

Demikianlah beberapa informasi tentang jurusan akuntansi yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.