Jurusan Ilmu Ekonomi

Nama lain program studi

Ekonomi Pembangunan

Ekonomi

Ilmu Ekonomi

Studi Pembangunan

Pembangunan Wilayah

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Matematika

Deskripsi

Ilmu Ekonomi merupakan bidang studi yang mempelajari tentang upaya untuk alokasi sumber daya yang terbatas namun dengan untung yang maksimal. Selain itu Anda juga harus melakukan eksplorasi di dalam pemberdayaan ekonomi.

Saat ini tren pembelajaran ekonomi banyak yang mengarah ke behavioral economics. Tidak hanya itu saja berkembangnya crime economics dimana Anda bisa melakukan analisis masalah hukum yang bisa ditinjau dari segi ekonomi tentu hal ini akan sangat menarik.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Ilmu Ekonomi

Mengenal Ilmu Ekonomi, Jurusan yang Memiliki Prospek Cerah

Pengetahuan dan Keahlian

Ada beberapa pengetahuan dan keahlian yang bisa Anda dapatkan dalam ilmu ekonomi ini. Kemampuan yang bisa Anda dapatkan tersebut adalah kemampuan matematika, kemampuan observasi terhadap masalah sosial dan ekonomi. Selanjutnya adalah kemampuan berpikir logis dan juga terstruktur selanjutnya adalah kemampuan berpikir kritis dan juga kemampuan dalam menyelesaikan setiap persoalan.

Dunia Perkuliahan

Untuk dunia perkuliahan ilmu Ekonomi ini akan mengajarkan Anda teknik untuk mengambil keputusan secara rasional, efektif dan juga lebih efisien. Anda juga akan dituntut untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas demi mendapatkan keuntungan yang optimal. Di dalam hal ini tidak hanya terbatas dalam maksimisasi profit maupun minimisasi biaya saja.

Sebelum Anda mengambil jurusan ekonomi ini maka penting sekali untuk mengetahui apa yang akan Anda pelajari di dunia perkuliahan tersebut. Pastikan juga Anda memiliki minat terhadap jurusan satu ini sehingga bisa mengikuti pendidikan sampai selesai. 

Jika Anda tidak menyukai matematika atau hitung-hitungan sebaiknya tidak mengambil jurusan ini meski prospeknya bagus. Hal itu karena ekonomi ini akan sangat dekat dengan Matematika. Ibaratnya adalah Matematika dan juga Ilmu Ekonomi ini merupakan alat analisis dan juga bahasa. Keduanya bisa memudahkan Anda dalam memahami suatu fenomena yang mana sulit dijelaskan dengan cara naratif.

Jika Anda ingin lulus dari jurusan ini akan menyandang Sarjana Ekonomi, Anda juga akan menemui mata kuliah seperti Mikroekonomika, Makroekonomika, Statistika Ekonomi, Matematika Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Publik, Ekonometrika, Ekonomi Pembangunan. 

Anda juga akan mempelajari Ekonomi Moneter, Perdagangan Internasional, Keuangan Internasional, Teori Permainan, Ekonomi Regional. Anda juga akan belajar tentang Ekonomi Tenaga Kerja, Ekonomi SDA dan Lingkungan serta masih banyak lagi lainnya. Jurusan ini cukup besar peminatnya terutama di jenjang pascasarjana. Pilihan kampus juga begitu beragam dimana fokus risetnya juga berbeda.

Prospek Kerja

Peluang karir yang menanti untuk jurusan ilmu Ekonomi ini begitu banyak. Jenis pekerjaan dan juga jenjang karir yang ditawarkan ini variatif. Soal gaji tidak perlu khawatir karena sangat kompetitif. Tentunya rentang gaji ini sangat tergantung dengan level pekerjaan yang Anda masuki, tempat Anda bekerja, kemampuan dan juga pengalaman yang Anda miliki.

Meski pilihan karir di sektor keuangan namun banyak potensi maupun peluang yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa bekerja di sektor media atau maupun industri kreatif. Beberapa pilihan karir yang bisa Anda pilih adalah makelar saham, bagian penjualan atau sales. Anda juga bisa berkarir di Lembaga Keuangan, Pegawai Bank, Akuntan, Pegawai Asuransi dan yang terakhir adalah Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate.

Demikianlah beberapa informasi penting jurusan Ilmu Ekonomi yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.