Jurusan Farmasi

Nama lain program studi

Farmasi

Sains dan Teknologi Farmasi

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Kimia

Deskripsi

Jurusan Farmasi adalah salah satu jurusan favorit. Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin masuk ke dunia medis namun tidak ingin menjadi dokter atau perawat. Farmasi akan menggabungkan ilmu kesehatan dengan kimia dimana keduanya sangat diperlukan dalam dunia medis.

Saat Anda kuliah di jurusan satu ini Anda akan berkutat dengan senyawa kimia yang banyak digunakan untuk bahan obat. Bahkan di suatu saat nanti Anda bisa menjadi penemu obat dari suatu penyakit. Anda akan diajarkan tentang bagaimana menggunakan obat yang efektif di dalam ilmu kesehatan, selain itu Anda bisa tahu tentang pengobatan yang higienis.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Farmasi

Peluang Kerja Jurusan Farmasi Luas dan Beragam, Tidak Hanya Obat-Obatan!

Mengapa Jurusan Farmasi?

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menjadi lulusan Jurusan Farmasi. Sebagai lulusan jurusan satu ini Anda akan banyak dibutuhkan di berbagai lembaga pelayanan kesehatan baik itu Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, Laboratorium, maupun tempat lainnya yang membutuhkan ahli farmasi untuk meracik sampai menyediakan obat.

Anda tidak hanya bisa bekerja di bidang kesehatan saja namun Anda juga bisa bekerja di industri kosmetik, makanan dan minuman. Jika Anda sudah lulus pendidikan maupun ujian profesi apoteker, Anda bisa menjadi Apoteker sekaligus menggeluti usaha dengan cara membuka Apotek. 

Anda bisa bekerja di dalam bidang perdagangan atau distributor dengan syarat harus memiliki badan hukum lebih dahulu. Jika Anda ingin bekerja di instansi pemerintah, Anda bisa bekerja di BPOM. Tugasnya menjamin makanan dan minuman yang beredar di masyarakat aman dan terhindar dari kandungan yang berbahaya.

Prospek Kerja

Bisa dikatakan bahwa lulusan jurusan satu ini akan memiliki prospek kerja yang begitu cerah, luas dan beragam. Ada banyak peluang karir yang menanti lulusan jurusan ini. Anda bisa bekerja di bidang makanan dan minuman yang mana membutuhkan Sarjana Farmasi untuk bisa menguatkan tim research and development. Selain itu Anda bisa bekerja di bidang kesehatan, industri kosmetik dan di bidang perdagangan.

Prospek kerja yang tidak kalah menarik adalah di bidang manajemen. Sebagai lulusan tidak hanya berhubungan dengan obat-obatan dan bahan kimia saja. Di bagian manajemen ini Anda akan tertantang untuk menciptakan hubungan yang baik dengan stakeholder yang memiliki latar belakang berbeda, bahkan Anda dituntut untuk membangun hubungan yang baik dengan pasien.

Mata Kuliah yang Diajarkan

Saat kuliah Anda akan mempelajari tentang bagaimana cara menentukan obat yang tepat untuk penyakit dan mengetahui cara kerja obat tersebut. Saat lulus Anda akan menyandang gelar Sarjana Farmasi.  Mata kuliah yang akan Anda temui selama 4 tahun atau selama 8 semester adalah Kimia Sintesis, Teknologi dan Formulasi Sediaan Likuida dan Semisolida, Fitokimia, Bioteknologi Farmasi, Kimia Analitik, Interaksi Obat dan masih banyak lagi lainnya.

Kuliah di jurusan satu ini membuat Anda sedikit banyak mempelajari tentang ilmu kedokteran.  Anda tidak hanya belajar teori di dalam kelas, Anda juga akan melakukan praktikum. Jika Anda ingin jadi Apoteker harus mengikuti Pendidikan Profesi Apoteker selama satu tahun. Selain itu pastikan Anda lulus saat ujian kompetensi.

Demikianlah beberapa informasi tentang Jurusan Farmasi yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.