Jurusan Biologi

Nama lain program studi

Biologi

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Tentu Anda sudah tidak asing dengan pelajaran Biologi. Pelajaran ini banyak ditemui sejak SMP. Ilmu ini merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam. Jika Anda mengambil jurusan ini maka Anda akan mendalami ilmu yang mana ada hubungannya dengan benda hidup seperti sel, struktur atau fungsi organ, fenomena psikologis yang mana menjangkiti organisme. Anda juga akan belajar tentang interaksi Biologi maupun lingkungan. Yang terakhir mempelajari tentang keragaman spesies dan warisan, pengembangan dan juga evolusi.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Biologi

Apakah Lulusan Jurusan Biologi Memiliki Prospek yang Bagus?

Pengetahuan dan Keahlian yang Diajarkan

Akan banyak pengetahuan maupun keahlian yang akan diajarkan di jurusan satu ini. Anda akan memiliki pengetahuan dan ilmu dalam meneliti, memiliki kemampuan untuk melakukan analisis, kemampuan untuk berpikir rasional, orientasi terhadap detail, memahami Biologi, dan yang terakhir adalah Anda akan memiliki kemampuan dalam observasi.

Prospek Kerja

Peluang karir yang menanti lulusan jurusan Biologi ini sangat banyak. Lulusan jurusan ini akan memahami alur kehidupan makhluk dengan baik sehingga semakin banyak perusahaan yang melirik lulusan ini. Perusahaan akan melirik lulusan untuk pengaplikasian teknologi di dalam ilmu Biologi.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja dalam berbagai bidang mulai dari lingkungan, kehutanan, peternakan, perikanan sampa dengan kedokteran. Jenis maupun jenjang karier ini sangat bervariasi. Gaji awal yang ditawarkan untuk lulusan jurusan ini begitu besar dimana rata-ratanya adalah 4 juta rupiah. Gaji yang diberikan itu akan mempertimbangkan kemampuan dan juga pengalaman yang Anda miliki di area bekerja, tingkat jabatan dan sebagainya.

Pilihan karir yang bisa Anda pilih adalah Pet Salon dan Grooming. Anda juga bisa bekerja sebagai petani atau peneliti dalam bidang pertanian, teknisi konservasi lingkungan, Anda juga bisa berkarir sebagai peneliti bioteknologi. Anda bisa berkarir di bagian perencanaan, pengembangan dan juga peneliti di dalam produk bioteknologi. Anda bisa berkarir dalam bidang wirausaha, dosen, ekonom dan sebagainya.

Alasan Harus Memilih Jurusan Biologi

Ada banyak alasan mengapa Anda bisa memilih jurusan satu ini. Alasan yang pertama adalah prospek kerjanya yang luas karena ilmu maupun pengetahuan yang Anda dapatkan di bangku kuliah ini banyak dan bisa Anda terapkan di dalam beberapa bidang. Anda bisa menerapkannya dalam bidang kedokteran, lingkungan pertanian, perikanan, peternakan dan lain sebagainya. Berkembangnya teknologi yang semakin masif ini membuat ahli dalam bioteknologi ini semakin banyak dicari. 

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai analisis biodiversitas di Taman Nasional. Anda juga bisa bekerja di lembaga non pemerintah dimana berkutat pada bidang lingkungan seperti World Wildlife Fund atau WWF. Anda juga bisa bekerja di bidang Flora Fauna International atau FFI.

Jika Anda suka dalam melakukan eksperimen Anda bisa bekerja sebagai peneliti analis maupun bekerja di bidang teknisi. Jika ingin bekerja dengan membuka bisnis sendiri Anda bisa bekerja di bidang perkebunan, pet shop maupun membuka usaha florist.

Prospek dari lulusan jurusan Biologi ini sangat bagus sehingga bisa Anda jadikan sebagai pilihan saat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang tinggi atau di bangku universitas.