Jurusan Fisika

Nama lain program studi

Fisika Terapan

Fisika

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Mata pelajaran Fisika dianggap rumit. Meski begitu banyak yang menyukai mata pelajaran dengan rumus yang rumit ini. Fisika menjadi ilmu yang banyak mempelajari gejala alam. Terutama yang tidak hidup atau dalam lingkup ruang maupun waktu. Ilmu ini akan mempelajari tentang dasar hukum alam mikroskopis sampai membentuk materi hingga materi yang berhubungan dengan alam semesta yang mana disebut kosmos. Anda bisa mempelajari ilmu satu ini secara fundamental. Selain itu Anda juga bisa mempelajari ilmu yang lebih modern seperti dinamika, gaya elektromagnetik, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Fisika

Mengenal Jurusan Fisika dan Peluang Kerjanya di Masa Depan

Prospek Kerja

Dengan ilmu yang didapatkan selama di bangku kuliah, lulusan jurusan satu ini tidak hanya terbatas pada aktivitas penelitian saja. Lulusan ini memiliki peluang karir yang sangat menjanjikan.  Saat ini peluang kerja dan jenjang karir yang ditawarkan lulusan jurusan satu ini sangat variatif. 

Anda bisa berkarir di perminyakan dan pertambangan atau bisa menjadi teknisi tambang, material maupun minyak. Pada umumnya gaji awal yang bisa didapatkan oleh lulusan mulai dari 4,5 juta rupiah. Gaji ini sangat tergantung dengan tempat bekerja, pengalaman yang dimiliki, jabatan dan sebagainya.

Peluang kerja yang bisa didapatkan lulusan Jurusan Fisika selanjutnya adalah bekerja di industri teknologi informasi, telekomunikasi dan manufaktur. Tidak hanya itu saja institusi pendidikan juga sangat membutuhkan lulusan satu ini. Anda juga bisa masuk ke bidang perbankan dengan menjadi auditor internal maupun analisis kredit.

Dunia Kuliah

Untuk bisa menjadi gelar sarjana Anda harus menempuh pendidikan selama 4 tahun atau kurang lebih 8 semester. Anda akan mempelajari tentang Mekanika, Elektromagnetik, Sensor, Sistem Instrumen untuk mengasah hard skill.  

Anda yang ingin masuk ke jurusan ini tidak boleh anti dengan Matematika. Jika Anda tidak menyukai Matematika maupun ilmu hitung lainnya perkuliahan Anda akan terhambat. Hal itu karena Matematika ini merupakan bahasa pengantar kuliah di jurusan satu ini

Anda juga akan dibekali dengan berbagai macam mata kuliah yang di desain mengikuti perkembangan zaman. Anda harus memasuki tahap penulisan tugas akhir agar lebih relevan, selain itu Anda juga  bisa memiliki fokus bidang yang Anda sukai.  Misalnya saja Anda menyukai mengkaji fenomena fisika secara teori maupun berbasis komputasi maka Fisika Teoritik dan Komputasional ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan. 

Pada bidang Ekonofisika Anda akan diajak untuk menerapkan konsep fisika yang mana bermanfaat untuk masyarakat seperti Fisika Terapan yang mana output dan risetnya adalah alat. misalnya seperti pendingin ruangan yang mana memanfaatkan gelombang akustik. Ada juga alat yang mana digunakan untuk pencitraan seperti x-ray dan radiografi.

Jika Anda tertarik untuk mengkaji atau mempelajari tentang material baru dan terapannya, Fisika Material Fungsional bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Anda bisa membuat electronic nose untuk bisa membaca aroma.  Gelar Sarjana yang akan Anda dapatkan adalah Sarjana Sains. Untuk memperdalam Anda juga bisa melanjutkan pendidikan Anda ke pascasarjana. Ada banyak pilihan kampus bergengsi yang bisa Anda jadikan sebagai sumber referensi.

Demikianlah beberapa informasi penting tentang Jurusan Fisika yang menarik dan sayang untuk Anda lewatkan, semoga informasi ini bermanfaat.