Jurusan Matematika

Nama lain program studi

Matematika

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Banyak yang mengira jika jurusan Matematika ini menyeramkan. Banyak rumus maupun perhitungan yang mana bisa menjadi penyebab angka rapor merah. Padahal jurusan satu ini akan sangat mengasyikkan bagi Anda yang suka hitung menghitung. Jurusan ini memiliki fokus mempelajari berbagai macam teori matematika secara mendalam.

Anda akan belajar tentang geometri, aljabar sampai dengan matematika diskrit. Anda akan mempelajari fitur lain dari angka seperti ruang multidimensi. Ada juga matematika terapan untuk bisa mempelajari aplikasi di bidang yang lainnya.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Matematika

Baguskah Prospek Lulusan Jurusan Matematika? Simak Informasinya Disini!

Mengapa Harus Jurusan Matematika?

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengambil jurusan ini. Jurusan ini sangat aplikatif karena banyak peluang karir yang menanti bagi para lulusan seperti di sektor keuangan, TI dan sebagainya. 

Banyak perusahaan asuransi yang mana menggunakan tenaga aktuaris, hal ini untuk merancang produk asuransi pada tingkat premi. Lulusan satu ini juga akan menentukan status keuangan perusahaan, melakukan proyeksi keuangan dan menjadi peluang besar bagi lulusan jurusan satu ini.

Anda yang suka dengan dunia hitung menghitung dan tertarik dalam dunia bisnis maka Anda bisa berpeluang untuk menjadi big data analisis. Anda juga berkesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pascasarjana yang mana banyak kampus menawarkan jurusan satu ini.

Pengetahuan dan Keahlian

Akan ada banyak pengetahuan dan keahlian yang bisa Anda dapatkan dengan memilih jurusan ini. Anda bisa memiliki kemampuan untuk bisa melakukan analisis, kemampuan untuk berpikir kritis maupun bersikap rasional. Anda juga akan diajari kemampuan berhitung dan juga diajari kemampuan pemecahan masalah.

Prospek Kerja

Ada banyak peluang karir yang menanti jurusan satu ini. Hal itu karena ilmu yang dipelajari selama kuliah ini sangat aplikatif. Tidak mengherankan jika jenis dan jenjang karir yang ditawarkan ini begitu variatif. Anda bisa mengembangkan potensi di dalam bidang keuangan, teknologi informasi dan juga lainnya. Anda perlu bangga jika menguasai ilmu ini karena akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Umumnya gaji lulusan Matematika ini begitu kompetitif. Anda akan bisa mendapatkan gaji mulai dari 4 juta rupiah dengan menjadi staf di sebuah perusahaan. Namun gaji ini tidak bisa Anda jadikan sebagai tolak ukur karena besaran gaji ini sangat tergantung dengan tempat Anda bekerja, kemampuan maupun keahlian Anda. Semakin banyak pengalaman yang Anda dapatkan maka semakin besar gaji yang akan didapatkan.

Pilihan karir yang menanti Anda seperti penilai real estate, market researcher, data scientist, guru SD atau Sekolah Dasar. Anda juga bisa menjadi Dosen, Programmer, Guru SMP atau SMA, insinyur aplikasi atau application engineer. Anda juga akan bisa berkarir sebagai ahli statistik maupun aktuaris.

Mata Kuliah

Anda akan belajar tentang Kalkulus, Aljabar Linear, Teori Himpunan, Program Linear, Teori Optimasi dan juga Analisis Real dan Kompleks. Masih banyak mata kuliah lainnya yang akan Anda pelajari seperti Teori Peluang dan lain sebagainya. Anda bisa melanjutkan pendidikan ke pascasarjana dimana banyak kampus terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Jurusan Matematika sangat mengasyikkan bagi Anda yang menyukai dunia hitung menghitung, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.