Jurusan Teknik Elektro

Nama lain program studi

Teknik Elektro

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Teknik elektro adalah ilmu yang mana mempelajari tentang listrik. Elektro juga menjadi ilmu aplikasi di dalam kehidupan sehari-hari. Anda akan dibekali dengan berbagai macam ilmu. Selain itu Anda akan mempelajari beberapa macam konsep, perancangan, pengembangan, produksi perangkat listrik dan elektronik. Dibahas pula metode untuk membangkitkan listrik dengan menggunakan sumber energi yang baru selain itu juga akan metode kontrol untuk lebih menghemat energi.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Teknik Elektro

Mengenal Teknik Elektro, Lulusannya Memiliki Prospek Kerja yang Cerah!

Alasan Harus Memilih Jurusan Elektro

Ada beberapa hal yang melandasi mengapa Anda bisa memilih jurusan elektro. Sangat banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih jurusan satu ini. Ahli dalam bidang elektronika ini dibutuhkan hampir semua lini industri. Mereka akan bertugas untuk menangani berbagai macam hal seperti masalah listrik dan juga peralatan elektronik. 

Lulusan dari teknik elektro ini diperlukan oleh berbagai macam perusahaan. Mereka akan memiliki job deskripsi berupa membangun sistem distribusi tenaga listrik. Anda tidak perlu khawatir prospek kerja dari lulusan satu ini karena sangat luas. Pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi ini semakin pesat dan juga memerlukan dukungan SDM yang mumpuni.

Beberapa Perguruan Tinggi menawarkan jurusan Teknik Telekomunikasi namun kebutuhan dari ahli elektro ini masih tinggi. Jika hobi melakukan eksperimen Anda bisa bekerja di laboratorium. Disini Anda bisa melakukan serangkaian tes terhadap desain baru di dalam bidang rekayasa teknik. 

Dunia Kuliah

Dalam jurusan Teknik Elektro ini Anda akan mempelajari aplikasi yang berhubungan dengan kelistrikan, elektronika dan juga elektromagnet. Dalam 4 tahun atau 8 semester Anda harus mempelajari dan mahir dengan mata kuliah yang diajarkan agar menyandang gelar Sarjana Teknik di bidang Teknik Elektro. Ada tiga macam bidang yang mana menjadi fokus jurusan di jurusan satu ini dimana yang pertama adalah arus kuat, elektronika atau arus lemah dan juga telekomunikasi. 

Anda akan belajar tentang transmisi daya listrik di satu tempat ke tempat yang lain. Pada bidang elektronika material Anda akan fokus pada konfigurasi atau struktur dimana keduanya ini digunakan untuk mengatur aliran listrik. Untuk telekomunikasi fokusnya pada mengirimkan informasi dari titik satu ke yang lain. Selain ketiga hal tersebut bisa memilih sistem kendali atau bisa juga memilih teknik instrumentasi.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Ada beberapa mata kuliah yang bisa Anda pelajari di bangku kuliah seperti rangkaian listrik, medan elektromagnetik dan mikroprosesor. Anda akan belajar sistem kontrol atau sistem telekomunikasi dan juga teknik digital. Anda juga akan belajar tentang beban listrik atau konversi energi. 

Jika Anda ingin melanjutkan ke jenjang pascasarjana maka kajian yang akan Anda dalami ini semakin spesifik, khusus dan lebih mendalam. Ada berbagai pilihan kampus yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat Anda baik di dalam maupun di luar negeri dimana semua sama bagusnya.

Demikianlah beberapa informasi tentang Teknik Elektro yang menarik untuk Anda simak, semoga informasi ini bermanfaat.