Jurusan Teknik Industri

Nama lain program studi

Rekayasa Industri

Teknik Industri

Teknik Manajemen Industri

Teknologi Industri

Pelajaran SMA terkait

Matematika

Deskripsi

Teknik Industri sering mempelajari tentang bagaimana mengoptimalkan kegiatan manusia. Kegiatan ini seperti produksi, pengelolaan dan juga ekonomi. Biasanya lulusan teknik satu ini akan memiliki tanggung jawab atau melakukan optimalisasi praktis di dalam sistem produksi pabrik. Ilmu ini juga akan membuat proposal strategi dan juga desain optimal manajemen perusahaan. Pada jurusan teknik ini Anda akan melakukan penyelesaian masalah dengan secara matematis.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Teknik Industri

Seperti Apa Prospek Lulusan Jurusan Teknik Industri?

Alasan Memilih Jurusan Teknik Industri

Alasan mengapa sebaiknya Anda mengambil jurusan Teknik Industri ini adalah Anda bisa masuk ke industri jasa seperti keuangan, konsultasi, teknologi informasi dan juga melayani masyarakat. Alasan selanjutnya adalah sarjana teknik ini dibutuhkan oleh perusahaan terutama dalam mengolah informasi. 

Perkembangan teknologi saat ini banyak yang menuntut perusahaan agar bisa membuat engagement dengan konsumen. Industri ini biasanya berkutat pada bidang pemeliharaan, logistik maupun berhubungan dengan inventory. Anda juga sekaligus meniti karier pada sektor manufaktur.

Alasan selanjutnya adalah banyak perusahaan yang mana membutuhkan lulusan ini untuk menguatkan divisi bidang keamanan, kesehatan maupun lingkungan. Lulusan teknik ini akan bekerja sama dengan kesehatan masyarakat. 

Meski Anda menyandang gelar Sarjana Teknik, namun lulusan ini bisa bekerja di bidang HRD karena ketika kuliah Anda akan dibekali dengan berbagai macam pengetahuan yang ada hubungannya dengan pengembangan manusia di dalam pengembangan industri.

Dunia Perkuliahan

Jika Anda memilih jurusan di Teknik Industri, Anda bisa belajar bagaimana bisa merancang, mengelola, mengembangkan dan juga menerapkan berbagai macam elemen menjadi sebuah sistem yang mana selalu berhubungan dengan fungsi pabrik. 

Selama kuliah 4 tahun Anda tidak hanya belajar tentang teori saja namun Anda juga bisa mempraktikkan ilmu di kelas secara langsung. Misalnya saja pada mata kuliah Product Design and Development ataupun pada mata kuliah dengan Layout Planning. 

Di semester akhir Anda akan mempelajari tentang manajemen dengan pemrograman komputer. Anda juga akan belajar tentang kecerdasan buatan untuk bisa mengambil keputusan, peramalan yang mana sesuai dengan data historis, simulasi di dalam pelayanan industri jasa. 

Beberapa mata kuliah yang akan diajarkan disini adalah Perencanaan dan juga Pengendalian Produksi, Perancangan E-Business, Perancangan Tata Letak Perusahaan, Analisis dan Perancangan Tata Letak Perusahaan, Rekayasa Keselamatan Kerja, Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Kerja, Supply Chain Management dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek Kerja

Lulusan teknik ini memiliki peluang karir yang sangat banyak bahkan terbuka dengan lebar. Jenjang karir yang ditawarkan ini pun sangat variatif. Anda bisa bekerja di perusahaan atau institusi dengan gaji kompetitif. Anda bisa bekerja di dalam bidang sistem informasi, produksi dan penjaminan mutu. Selain itu bisa di bidang logistik, konsultan manajemen dan juga marketing. 

Pilihan karir yang bisa dipilih adalah bagian operasional dan logistik, product manajer, dan bagian personalia atau HRD. Karir yang bisa Anda pilih adalah Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan, Market Researcher dan yang terakhir adalah data scientist.

Peluang karir dari lulusan jurusan Teknik Industri ini sangat banyak dan luas, sehingga jika Anda ingin mengambil jurusan ini persiapkan diri Anda sebaik-baiknya karena tingkat persaingan sangat ketat.