Jurusan Teknik Kimia

Nama lain program studi

Teknik Kimia

Pelajaran SMA terkait

Kimia

Deskripsi

Teknik Kimia merupakan jurusan yang mempelajari rekayasa kimiawi. Tujuannya adalah agar bisa menghasilkan produk dengan nilai ekonomis tinggi. Anda akan belajar mengembangkan teknik produksi, sehingga jurusan ini beda dengan pendidikan Kimia. Anda juga akan banyak mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan kimia sintetis, desain molekular baru yang bisa digunakan untuk bisa mewujudkan masyarakat yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Teknik Kimia

Seperti Apa Prospek Jurusan Teknik Kimia, Bagus atau Tidak?

Mengapa Harus Jurusan Teknik Kimia?

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh jika Anda merupakan jurusan satu ini. Lulusan jurusan ini dibutuhkan oleh banyak industri sehingga kemungkinan Anda terserap dalam pasar tenaga kerja sangat besar, namun Anda tetap harus giat dalam berusaha. Anda bisa masuk ke dalam industri minyak maupun gas, hal itu karena lulusan Teknik Kimia dibutuhkan dalam minyak maupun gas. Tidak hanya dalam bidang keteknikan saja namun jurusan Teknik Kimia ini bisa menguatkan divisi penjualan maupun pemasaran yang ada di perusahaan.

Pengetahuan dan Juga Keahlian

Anda yang mengambil jurusan satu ini akan mendapatkan pengetahuan dan berbagai macam keahlian. Kemampuan tersebut adalah analisis, menyelesaikan masalah, mampu memahami kimia dan juga matematika. Anda juga akan mendapatkan pemahaman fisika. Dari beberapa pengetahuan dan keahlian tersebut bisa disimpulkan bahwa jurusan ini hanya cocok bagi Anda yang menyukai ilmu pasti dan ilmu hitung karena setiap harinya Anda akan berkutat dengan hal tersebut.

Prospek Kerja

Jurusan satu ini memiliki prospek kerja yang bagus. Anda bisa bekerja di industri teknik terbarukan, industri minyak dan juga gas, industri, obat dan pangan, perancangan alat maupun instansi di pemerintahan. Gaji yang ditawarkan pun sangat kompetitif bahkan sangat menjanjikan.

Banyak yang melirik kerja dan berkarir di bidang migas. Anda juga bisa bekerja di bidang engineering, procurement, construction and commissioning atau EPCC. Ada banyak potensi yang bisa Anda kembangkan dimana bisa mencoba bekerja di berbagai sektor mulai dari pendidikan sampai dengan sektor kreatif. 

Anda juga bisa bekerja di bidang bagian operasional dan juga logistik, bagian pengendalian mutu produk dan juga kesehatan. Anda juga bisa menjadi peneliti dan juga teknisi kimia. Anda bisa menjadi dosen, sistem analis dan juga teknisi tambang, Anda juga bisa bekerja sebagai Bagian Perencanaan, Pengembangan dan juga Penelitian Bioteknologi.

Demikianlah beberapa informasi menarik tentang jurusan Teknik Kimia yang menarik untuk Anda ketahui, jika Anda ingin masuk ke jurusan ini persiapkan diri Anda sebaik-baiknya dan update informasi agar Anda tidak ketinggalan informasi penting.