Jurusan Teknik Mesin

Nama lain program studi

Teknik Mesin Perkapalan

Teknik Mesin

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Matematika

Deskripsi

Teknik mesin sudah tidak asing lagi di telinga. Teknik satu ini tidak hanya soal mesin motor, mobil maupun kegiatan bengkel yang lainnya. Anda juga akan belajar yang berhubungan konversi energi, konstruksi atau berhubungan dengan perancangan, teknik produksi maupun material. Secara umumnya Anda akan belajar menggunakan dasar fisika maupun matematika. Anda juga akan belajar tentang pergerakan mesin, aliran air untuk mesin, material maupun desain mesin, elemen penting seperti roda gigi, sumber mata air, metode pengolahan, produksi, dan sebagainya.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Teknik Mesin

Mengenal Teknik Mesin, Jurusan dengan Peluang Kerja yang Luas!

Pengetahuan dan Keahlian

Ada beberapa pengetahuan dan keahlian yang bisa Anda dapatkan di Teknik Mesin ini seperti pemahaman fisika, pemahaman dalam matematika, dan juga diajari pemahaman gambar 2D dan 3D. Anda juga akan mendapatkan kemampuan menggambar teknik, mengoperasikan AutoCad, bekerja di dalam tim dan juga mendapatkan kemampuan meneliti. Anda juga akan mempelajari kemampuan dalam melakukan analisis.

Prospek Kerja

Orang yang awam akan banyak menilai jika jurusan teknik satu ini akan banyak bekerja di bengkel otomotif. Faktanya adalah lulus dari teknik ini akan membuat Anda menghabiskan waktu untuk bisa bekerja di balik komputer. Pekerjaan tersebut adalah engineer, designer, maintenance planner dan sebagainya. Anda bahkan bisa bekerja di industri otomotif, kedirgantaraan, manufaktur maupun otomatisasi. 

Anda bisa bekerja di bioteknologi maupun minyak dan juga gas yang membutuhkan skill Anda untuk melakukan perancangan produk tertentu. Peluang karir untuk Teknik Mesin ini sangat besar selain itu jenjang karir yang ditawarkan ini bervariasi selain itu gajinya sangat kompetitif untuk berbagai level. Gaji yang akan Anda dapatkan ini kompetitif.

Ada banyak pilihan karir yang bisa dipilih dimana Anda bisa bekerja di Mekanik Pesawat, Bagian Perencanaan Produk Otomotif, Mekanik Mobil, Perancangan dan Teknisi Mesin. Anda juga bisa bekerja sebagai Teknisi dan Operator Pabrik, Robot Engineer, Dosen, R&D dan juga Sistem Analis.

Mata Kuliah Teknik Mesin

Ada empat bidang yang difokuskan pada Teknik Mesin ini dimana Anda akan mempelajarinya selama 4 tahun. Yang pertama adalah Anda akan difokuskan pada konversi energi dimana membuat mesin untuk mengubah suatu energi menjadi sebuah energi yang lain. Fokus lainnya adalah Anda akan mempelajari perancangan mesin yaitu merancang mesin dan juga simulasi. Anda juga akan berfokus pada material dimana fokusnya pada pengembangan dan juga pembuatan material baru. Dalam fokus ini Anda akan mempelajari tentang struktur atom dari penyusun material itu sendiri. Yang terakhir adalah teknik produksi mesin yang mana fokusnya adalah meneliti dan juga mengembangkan mesin-mesin manufaktur. 

Mata kuliah yang akan diajarkan disini adalah Kinematika, Dinamika, Struktur dan juga Sifat Material, Mekanika Fluida, Termodinamika, Kekuatan Bahan, Elemen Mesin, dan masih banyak lagi lainnya. Selama kuliah sangat disarankan untuk bergabung dengan kelompok mahasiswa agar bisa meningkatkan skill dan kemampuan Anda.

Teknik mesin menjadi jurusan yang prospektif karena peluang kerja yang didapatkan sangat luas, Anda juga mudah untuk mengembangkan potensi Anda, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.