Jurusan Gizi

Nama lain program studi

Gizi

Gizi Kesehatan

Ilmu Gizi Masyarakat dan Keluarga

Ilmu Gizi

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Gizi merupakan ilmu yang sangat penting. Ilmu satu ini akan mempelajari nutrisi pada kehidupan manusia yang mana berhubungan dengan asupan makanan dan kesehatan. Anda akan mempelajari berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia beserta dengan takarannya ideal. Selain nutrisi, hal yang akan dipelajari adalah pola makan sehat, gaya hidup sampai dengan cara memproses makanan yang tepat.

Seperti yang Anda ketahui bahwa kekurangan nutrisi ini tidak bisa Anda tuntaskan. Selain itu ada juga masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kelebihan gizi seperti diabetes dan obesitas. Tidak hanya itu saja industri pangan yang pesat ini membuat kebutuhan akan ahli gizi yang profesional semakin meningkat.

Jurusan Ilmu Gizi, Bagaimana Prospek Kerjanya?

Pengetahuan dan Keahlian

Dengan memilih jurusan nutrisi atau gizi ini Anda akan mendapatkan berbagai macam pengetahuan dan keahlian. Anda akan mendapatkan kemampuan dalam komunikasi, kemampuan menganalisis, kemampuan dalam meneliti, berpikir secara rasional dan terstruktur, kemampuan bekerja dalam tim, kemampuan memecahkan masalah dan masih banyak lagi.

Prospek dan Peluang Kerja

Bisa dikatakan bahwa prospek atau peluang kerja lulusan jurusan satu ini cukup besar. Anda akan memiliki peluang kerja sebagai konsultan gizi. Anda bisa bekerja di klinik, rumah sakit maupun puskesmas. Anda juga bisa bekerja dalam berbagai bidang seperti pusat layanan kesehatan, peneliti dalam lembaga penelitian gizi dan kesehatan. Selain itu Anda bisa menjadi akademisi, pengusaha dan lain sebagainya.

Jenjang karir yang ditawarkan ke jurusan satu ini bervariasi. Gaji awal yang ditawarkan juga sangat kompetitif atau bersaing. Gaji yang akan Anda dapatkan ini sangat tergantung dengan kemampuan dan pengalaman Anda, tempat Anda bekerja dan posisi pekerjaan. 

Lulusan jurusan ini bisa mengembangkan potensinya di sektor yang lain. Anda bisa bekerja di instansi pemerintah sebagai Pegawai Negeri Sipil, Ahli Diet, Ahli Gizi, Chef atau Koki Terapi Aroma, Sistem Analis dan masih banyak lagi lainnya.

Dunia Perkuliahan

Anda harus menempuh pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester jika ingin menyandang gelar sarjana. Anda juga bisa belajar tentang berbagai jenis penyakit beserta ilmu anatomi dan patofisiologi tubuh manusia. Anda akan mempelajari tentang interaksi yang berhubungan dengan makanan, organ tubuh, fitokimia maupun obat-obatan. 

Jika pasien merasa tidak sehat, Anda sebagai lulusan harus melakukan analisis asupan makanan tubuhnya lebih dahulu. Setelah diperbaiki asupan makanannya baru diberikan obat-obatan. Selama di bangku kuliah Anda juga akan diajarkan bagaimana menghadapi klien melalui skill lab, Praktek Kerja Lapangan dan tutorial.

Mata kuliah yang akan Anda pelajari adalah Metabolisme Zat Gizi Mikro maupun Makro, Biologi Pangan, Manajemen Pelayanan dalam Makanan, Promosi Gizi, Penyakit Degeneratif, Analisis Pangan, Pengendalian Mutu Makanan dan masih banyak lagi lainnya.

Lulus dari jurusan ini Anda akan menyandang gelar Sarjana Gizi atau S.Gz. Anda juga bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana di kampus bergengsi banyak yang menawarkan jurusan satu ini. 

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang seimbang, dengan mencukupi nutrisi yang tepat kehidupan manusia menjadi lebih sehat dan berkualitas. Jika Anda berminat mempelajari tentang nutrisi ini, Jurusan Gizi satu ini bisa tepat untuk Anda.