Jurusan Sastra Inggris

Nama lain program studi

Bahasa dan Kebudayaan Inggris

Bahasa dan Sastra Inggris

Bahasa Inggris

Sastra Inggris

Pelajaran SMA terkait

Bahasa Inggris

Deskripsi

Sastra Inggris lebih banyak mempelajari bahasa Inggris, linguistik dan juga sastra. Tidak mengherankan jika Anda akan melakukan banyak kegiatan seperti membahas dan menganalisis novel, puisi, prosa, drama atau film. Selain itu Anda akan membahas banyak kebudayaan negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris ini sebagai bahasa ibu.

Jurusan satu ini memiliki tujuan mengasah kemampuan analisis dengan cara mencermati berbagai macam karya sastra. Tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa menciptakan karya sastra. Pada jurusan ini Anda bisa mempelajari karya Jane Austen, William Shakespeare, Bronte, Oscar Wilde dan lain sebagainya.

Ini Dia Alasan Mengapa Anda Harus Ambil Jurusan Sastra Inggris!

Alasan Memilih Jurusan Sastra Inggris

Sangat banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih jurusan Sastra Inggris ini salah satunya Anda bisa mendapatkan peluang kerja yang luas. Anda bisa kerja di instansi pemerintah, perusahaan swasta sampai dengan lembaga internasional. Anda bisa bekerja di industri media karena saat ini media nasional memiliki konten yang disajikan dalam bahasa Inggris.

Anda bisa merintis karir sejak kuliah sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan finansial. Anda bisa membuka kursus Bahasa Inggris khusus untuk SD, SMP atau SMA. Jika Anda suka bekerja yang berhubungan dengan wisata maka Anda bisa menjadi pemandu wisata atau tour guide. Terlebih lagi jika Anda kuliah di kota wisata sehingga akan banyak turis yang berasal dari mancanegara ini datang dijamin Anda bisa mendapatkan uang tambahan.

Bahasa Inggris ini merupakan bahasa Internasional sehingga Anda tidak akan mengalami kendala ketika bepergian ke luar negeri. Yang terakhir adalah Anda akan memiliki pemahaman yang baik tentang kesusastraan mancanegara, memiliki wawasan yang luas tentang soal budaya, ekonomi, politik dan juga sejarah negara asing.

Dunia Kuliah

Anda akan belajar selama 4 tahun atau 8 semester di jurusan ini. Anda tidak hanya belajar dan berkomunikasi secara lisan atau tertulis saja dengan bahasa Inggris namun juga mengkaji banyak aspek linguistik dan juga sastra. Anda juga bisa membahas berbagai macam kebudayaan negara yang menjadikan bahasa Inggris ini sebagai bahasa Ibu. Tidak cukup sampai disitu saja namun Anda akan belajar tentang politik maupun bisnis skala Internasional.

Ada beberapa mata kuliah yang harus Anda tempuh untuk bisa mendapatkan gelar Sarjana Sastra ini. Mata kuliah itu adalah Fonologi Bahasa Inggris, Morfologi Bahasa Inggris, Sintaksis Bahasa Inggris, Semantik Bahasa Inggris, Mengkaji Prosa Inggris, Budaya Inggris Tematis dan masih banyak lagi lainnya.

Jika Anda ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi maka ada beberapa kampus di luar negeri yang bisa Anda jadikan pilihan dan pilih sesuai dengan minat Anda. Jika Anda bercita-cita untuk menjadi pengajar Anda bisa ikut kursus singkat di luar negeri. Anda bisa mengambil program TESOL yaitu Pengajaran Bahasa Inggris untuk Penutur Lain. Anda juga bisa mengambil program TESL, TEFL, dan lain sebagainya. Rajinlah mencari referensi kampus bergengsi di luar negeri agar menaikkan nilai jual Anda.

Sastra Inggris ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mempelajari teori kebahasaan, sastra dan juga praktik bahasa Inggris lebih mendalam, jika ingin mengambil jurusan ini siapkan diri Anda sebaik-baiknya dan cari referensi atau informasi sebanyak-banyaknya agar tidak ketinggalan informasi penting.