Jurusan Hukum

Nama lain program studi

Hukum

Ilmu Hukum

Pelajaran SMA terkait

Sosiologi

Bahasa Indonesia

Deskripsi

Ilmu Hukum menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati. Sesuai dengan namanya, ilmu satu ini mempelajari sistem hukum yang mana ada kaitannya dengan kehidupan masyarakat. Dalam jurusan satu ini Anda akan mempelajari tentang perundang-undangan. Di akhir masa kuliah, Anda sebagai mahasiswa harus melakukan magang. Selain itu Anda harus mampu mengaplikasikan berbagai macam ilmu yang diperoleh selama kuliah. Tempat magang tersebut bisa di firma hukum, lembaga pengadilan dan kantor kejaksaan. Anda yang ingin menuntaskan pendidikan harus menguasai dengan baik hukum maupun sistem hukum yang ada di Indonesia.

Ingin Kuliah Jurusan Hukum? Ketahui Dulu Prospek dan Mata Kuliahnya Disini!

Keterampilan yang Didapatkan

Anda akan memiliki keterampilan analisa dan pengetahuan hukum untuk bisa peka dengan keadilan masyarakat, mampu mengenal bahkan melakukan analisis masalah hukum yang ada di Indonesia. Anda harus menerapkan hukum dan peraturan perundang-undangan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah hukum yang ada.

Mengapa Memilih Jurusan Ilmu Hukum?

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menjadi lulusan jurusan satu ini. Anda sebagai lulusan akan menjadi pribadi yang kritis dan lugas. Selain itu Anda akan memiliki kemampuan analisis yang jauh lebih mendalam. Menjadi Sarjana Hukum ini akan membuat Anda ikut mengkaji peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia.

Anda bisa menjadi atasan dengan membuka kantor pribadi seperti firma hukum, notaris bahkan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Anda mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi jumlah pengangguran. Keuntungan selanjutnya adalah prospek kerja dari jurusan satu ini cukup besar dan terbuka dengan lebar. Hal itu karena semua instansi pemerintah maupun perusahaan ini membutuhkan ahli hukum yang terbaik dan profesional.

Dunia Perkuliahan

Jurusan Ilmu Hukum ini menjadi yang paling favorit di rumpun Humaniora. Bahkan hampir semua Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia ini menawarkan jurusan satu ini. Saat lulus Anda akan menyandang gelar Sarjana Hukum atau S.H. Anda akan mempelajari ilmu ini selama 4 tahun atau kurang lebih 8 semester. Anda akan melakukan banyak kajian terhadap berbagai macam kasus baik yuridis maupun normatif. Jurusan ini pun akan membentuk Anda menjadi orang yang penuh keberanian, tangguh dan tidak jarang pembawaan Anda berubah menjadi lebih tegas.

Mata kuliah yang ditawarkan pun beragam. Untuk sukses menjalani perkuliahan Anda harus senang dengan hukum terlebih dahulu, Anda juga harus memiliki kemampuan menghafal yang bagus. Jika tidak, Anda akan kesulitan dalam menjalani perkuliahan. Mata kuliah yang akan Anda temui adalah Hukum Waris, Hukum Lingkungan, Hukum HAM, Hukum Pidana, Perdata, Administrasi, Hukum Agraria dan sebagainya.

Prospek Kerja

Lulusan jurusan ini akan memiliki prospek yang cerah. Ada berbagai pilihan karir yang bisa dipilih. Sayangnya ada beberapa pilihan karir yang membuat Anda harus menempuh kuliah lanjutan setelah lulus S1. Karir yang bisa digeluti adalah dosen, notaris, pengacara, jaksa, tata usaha perdagangan luar negeri, aktivis dan lain sebagainya.

Jurusan Hukum sampai saat ini memiliki banyak peminat, jika jurusan ini sesuai dengan minat dan keinginan Anda persiapkan diri Anda sebaik-baiknya karena tingkat kompetisi di jurusan satu ini cukup ketat.