Jurusan Sosiologi

Nama lain program studi

Sosiologi

Pelajaran SMA terkait

Sosiologi

Deskripsi

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia secara sosial. Anda juga akan belajar tentang apa itu masyarakat. Anda juga akan mempelajari perilaku yang terjadi di tengah masyarakat, baik itu perilaku antar sosial, antar kelompok atau individu dan kelompok. Yang Anda pelajari selanjutnya adalah struktur dan karakter masyarakat, problematika masyarakat, fenomena sosial dan gerakan masyarakat. Di jurusan ini Anda bisa mempelajari berbagai macam metode survei sosial seperti kuesioner dan metode serta analisis dari hasil survei.

Jurusan Sosiologi: Prospek Kerja, Dunia Perkuliahan, Pengetahuan dan Keahlian

Prospek Kerja

Ilmu sosiologi ini menjadi ilmu yang sangat aplikatif. Anda bisa memiliki prospek kerja yang sangat luas dan cerah. Anda bisa bergabung dengan organisasi nirlaba, selain itu bisa menjadi aktivis yang mana melakukan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Anda juga bisa terjun ke dunia pendidikan bahkan Anda bisa terjun ke dunia media. 

Anda memiliki peluang kerja di perusahaan, hal itu karena beberapa divisi membutuhkan lulusan jurusan satu ini. Soal gaji awal ini sangat variatif tergantung dengan kemampuan Anda, level yang dimasuki, tempat bekerja dan pengalaman yang Anda miliki. Beberapa pilihan karir yang bisa Anda pilih adalah market researcher, pemandu wisata, jurnalis atau reporter, dosen, aktivis, pekerja sosial, sosiolog, peneliti, penulis konten dan masih banyak lagi lainnya.

Dunia Perkuliahan

Saat Anda menjadi mahasiswa Sosiologi Anda akan membedah dan menganalisa berbagai macam masalah yang ada di masyarakat. Selama 4 tahun 8 semester ini Anda akan belajar meneliti, melakukan analisis dan memahami masyarakat dimana dilihat dari berbagai perspektif sosiologi.  Anda juga akan membahas berbagai macam sistem sosial, proses dinamika sosial dan sebagainya.

Kuliah disini Anda akan belajar tentang keluarga, bagaimana strukturnya dan fungsi sosial keluarga itu apa. Anda juga akan belajar tentang relasi dan interaksi sosial yang terjalin antara anggota keluarga. Di kuliah Anda juga akan mengkaji berbagai macam masalah yang terjadi di dalam keluarga. Di lingkup sosial yang lebih luas Anda akan belajar tentang pola yang terbentuk di dalam masyarakat, misalnya gerakan sosial, mobilitas sosial, konflik dan lain sebagainya.

Mata Kuliah

Ada beberapa mata kuliah yang akan Anda pelajari di jurusan satu ini. Anda akan belajar tentang sosiologi keluarga, sosiologi pedesaan, kesejahteraan sosial, perilaku menyimpang, masalah sosial, masalah kemiskinan dan kesenjangan dan sebagainya. 

Selama kuliah Anda akan sibuk dengan penelitian lapangan, Anda juga akan terjun ke tengah masyarakat dan melakukan berbagai observasi. Anda akan  melakukan analisis berbagai macam fenomena yang terjadi secara objektif dan komprehensif. Anda bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi seperti pascasarjana. Ada banyak pilihan kampus bergengsi yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan atau referensi.

Pengetahuan dan Keahlian

Ada beberapa kemampuan yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil jurusan satu ini. Anda akan mendapatkan kemampuan observasi, kemampuan meneliti dan kemampuan analisis. Selain itu Anda juga mampu memahami fenomena sosial dan komunikasi.

Jurusan Sosiologi ini sangat tepat bagi Anda yang suka meneliti dan mempelajari tentang sosial maupun masyarakat, siapkan diri Anda sebaik-baiknya agar Anda  bisa masuk di jurusan yang Anda inginkan.