Jurusan Ilmu Administrasi Publik

Nama lain program studi

Kebijakan Pemerintahan

Manajemen Kebijakan Publik

Administrasi Negara

Administrasi Publik

Ilmu Administrasi Negara

Ilmu Administrasi Publik

Manajemen dan Kebijakan Publik

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Sosiologi

Deskripsi

Ilmu Administrasi Publik juga dikenal dengan Ilmu Administrasi Negara. Jurusan ini adalah rumpun ilmu sosial dan ada di banyak kampus. Jurusan ini mengajarkan pengetahuan tentang sistem negara atau pemerintahan, pembuatan kebijakan publik, sistem administrasi atau manajemen pemerintahan, serta pelayanan masyarakat.

Ilmu Administrasi Publik: Pengetahuan dan Keahlian, Prospek Kerja dan Dunia Perkuliahan

Pengetahuan dan Keahlian

Ada banyak keahlian dan kemampuan yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil jurusan Ilmu Administrasi Publik ini. Kemampuan yang pertama adalah kemampuan manajerial, kemampuan analisis, kemampuan komunikasi, kemampuan untuk berpikir strategis, sikap kepemimpinan, pemahaman sistem birokrasi, pemahaman Matematika, kemampuan mengelola organisasi dan masih banyak lagi lainnya. 

Sarjana Administrasi Publik ini diharapkan memiliki kompetensi seperti memiliki daya saing tinggi, mampu melakukan identifikasi, menganalisis dan menangani masalah publik yang mana didasarkan pada landasan metodologis, membuat terobosan yang kreatif dan inovatif dalam memberdayakan masyarakat. 

Diharapkan Anda bisa bekerja secara mandiri dan mampu bekerja sama dalam tim. Diharapkan Anda juga bisa membangun komunikasi yang baik dengan pakar dan berbagai bidang keahlian. Tidak hanya  itu saja Anda juga harus senantiasa mengikuti perkembangan di dalam berbagai bidang keilmuan.

Prospek Kerja

Lulusan Jurusan Administrasi negara ini memiliki prospek yang sangat beragam sehingga Anda tidak perlu bingung saat sudah lulus nanti. Anda hanya perlu menentukan passion Anda selama menjalani proses kuliah. Setelah itu Anda bisa memilih profesi yang mana sesuai dengan bidang yang Anda kuasai.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja di instansi pemerintahan, Anda bisa bekerja di perusahaan swasta atau membangun usaha sendiri. Anda bisa mengimplementasikan ilmu Anda langsung ke dunia politik. Ada beberapa prospek kerja yang bisa Anda dapatkan seperti aktivis, staf khusus, jurnalis, dosen dan konsultan pemerintah. Anda juga bisa menjadi PNS maupun tata usaha.

Dunia Perkuliahan

Jurusan satu ini sebenarnya diberi nama Administrasi Negara. Karena ada beberapa pertimbangan, Menteri Pendidikan mengeluarkan SK yang menyatakan jika jurusan Administrasi Negara pada semua kampus ini harus segera diganti menjadi administrasi publik sehingga Anda tidak perlu bingung lagi dengan penyebutan keduanya.

Jika Anda kuliah di jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai macam hal yang menarik. Untuk bisa menyelesaikan pendidikan Anda membutuhkan waktu 8 semester atau kurang lebih 4 tahun. Di beberapa kampus, jurusan ini menjadi yang paling favorit. Meski berada di rumpun sosial, Anda akan banyak melakukan pengkajian terhadap kebijakan publik, menggunakan pendekatan dengan berbagai macam ilmu pengetahuan.

Mata kuliah yang Anda temui adalah Ilmu Pemerintahan, Ilmu Manajemen, Ilmu Statistik, Ilmu Manajemen dan berbagai macam mata kuliah yang mengkombinasikan ilmu-ilmu tersebut. Anda juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana dengan mengambil program Magister Ilmu Administrasi.

Demikianlah beberapa informasi tentang Jurusan Ilmu Administrasi Publik yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.