Jurusan Agribisnis

Nama lain program studi

Agribisnis

Ekonomi Pertanian dan Agribisnis

Pelajaran SMA terkait

Biologi

Deskripsi

Jurusan Agribisnis bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai ilmu dalam bidang pertanian. Jurusan ini banyak dikenal sebagai Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Bisnis pada jurusan satu ini memang dikhususkan untuk para lulusan agar mampu memaksimalkan keuntungan dari produk pertanian dengan menggunakan bekal ilmu yang didapatkannya di bangku kuliah.

Para lulusan jurusan satu ini mampu mengkombinasikan ilmu pertanian maupun ekonomi. Selain itu mereka diharapkan mampu melakukan pengkajian upaya manusia dalam mengembangkan Sumber Daya Alam supaya lebih berguna untuk memenuhi hidup kemudian bisa menghasilkan produk yang menguntungkan.

Negara Agraris, Jurusan Agribisnis Memiliki Prospek yang Cerah

Mata Kuliah yang Diajarkan

Anda akan mendapatkan berbagai macam mata kuliah yang menarik. Anda tidak hanya akan belajar tentang ilmu pertanian saja namun juga mengkombinasikan dengan ilmu ekonomi. Mata kuliah yang akan Anda pelajari adalah Kewirausahaan Agribisnis, Sistem dan Usaha Agribisnis,  Risiko Agribisnis, Usahatani, Bisnis Internasional, Teori Makroekonomi dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan mata kuliah yang diajarkan tersebut, mahasiswa diharapkan mampu menyusun rencana bisnis, mengenali sistem yang diterapkan dalam berbagai sudut pandang. Mahasiswa dituntut memiliki kreativitas, kewirausahaan, juga kepemimpinan.

Prospek Kerja

Prospek dari lulusan Agribisnis ini cukup luas. Bidang pekerjaan yang dimasuki ini beragam, lulusan tidak hanya bekerja pada sektor pertanian saja. Lulusan juga bisa bekerja di BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat. Selain itu juga bisa bekerja di bidang instansi pemerintah.  

Selama kuliah Anda akan mempelajari banyak hal tentang mengembangkan bisnis dalam bidang sektor pertanian. Hal ini akan menjadi modal yang besar untuk Anda jika ingin berwirausaha. Ada juga bisa menjadi pengusaha atau manajer profesional di bidang Agribisnis.

Bekal ilmu yang Anda dapatkan di bangku kuliah ini akan membantu para petani agar siap menghadapi era 4.0. Anda bisa menjadi konsultan maupun pendamping di dalam bidang Agribisnis tersebut. Rata-rata gaji yang bisa Anda dapatkan ini begitu variatif dan kompetitif. Gaji yang akan Anda dapatkan ini sangat tergantung dengan kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki. Gaji yang Anda dapatkan ini sangat tergantung dengan jabatan, area tempat bekerja dan lain sebagainya.

Pengetahuan dan Keahlian yang Bisa Anda Dapatkan

Jangan pernah ragu untuk mengambil jurusan ini karena Indonesia sendiri merupakan negara agraris. Tenaga ahli dalam mengelola pertanian di Indonesia ini masih sedikit. Dengan mengambil jurusan ini Anda akan mendapatkan berbagai macam keahlian yang bisa Anda terapkan untuk memajukan sektor pertanian yang ada di Indonesia ini.

Anda akan memiliki kemampuan manajerial, kemampuan meneliti, pemahaman biologi dan kemampuan komunikasi. Anda akan memiliki kemampuan meneliti, kemampuan manajerial, kemampuan untuk membuat analisis dan berbagai macam kemampuan yang lainnya.

Demikianlah beberapa informasi tentang Jurusan Agribisnis yang sangat menarik untuk Anda ketahui, jurusan satu ini memiliki prospek yang cerah mengingat Indonesia sendiri merupakan negara Agraris, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.